Mereka yang suka mengeluh selalu mengeluhkan semua hal. Melelahkan sekali berada bersama orang-orang seperti ini. Kita semua pasti ingin menjauh.

Tapi tahukah kamu kalau mereka yang suka mengeluh adalah orang-orang yang sering mengalami kepahitan semasa hidupnya? Mereka jarang mendapatkan hal yang mereka inginkan dan sering dikalahkan oleh orang lain.

Inilah sebabnya mereka selalu merasa buruk dan sulit berpikir positif apalagi mensyukuri hidup. Berikut ini adalah 7 hal yang mendasari mereka mengeluh :

 

1. Aku Ingin Lebih Dari Ini

Berikan aku lebih banyak

Berikan aku lebih banyak via http://lonerworlf.com

Karena dia jarang mendapat kesenangan. Ketika ada kesempatan, dia akan menginginkan semua hal dalam porsi 'Besar'.  

2. Seharusnya Aku Berhak Mendapatkan Yang Lebih Baik

kenapa mereka tidak menghargaiku?

kenapa mereka tidak menghargaiku? via http://lonerwolf.com

Kamu bisa memberikannya semua yang terbaik, Gaji besar, mobil mewah, rumah bagus, bonus liburan... tapi dia akan tetap mengeluh! Hal ini dikarenakan dia selalu berpikir 'Berhak' mendapatkan yang lebih baik dari ini. Sulit memuaskannya.

3. Ini Bukan Salahku

berhentilah menyalahkanku

berhentilah menyalahkanku via http://lonerwolf.com

Bagi dia yang suka mengeluh, disalahkan adalah hal yang paling dia benci. Dia akan ngotot melawan dan menganggap hal yang dilakukan sudah benar. Meskipun jelas-jelas perbuatannya salah di mata orang lain. Dia sulit mengalah dan selalu mencari alasan untuk melempar kesalahan.

Kenapa? Karena dia sering dikalahkan. Coba kau bayangkan perasaanmu bila kamu sering kalah, pasti kamu tidak mau terlihat jelek agar bisa mendapat kesempatan menang.

4. Keputusanku Adalah Yang Terbaik

ini yang terbaik

ini yang terbaik via http://lonerwolf.com

Tidak ada ruang bagi nasehat kamu dalam pikirannya. Dia hanya mempercayai pikirannya sendiri.

5. Jika Aku Tidak Bahagia Tidak Seorangpun Boleh

Ikut bersedihlah bersamaku

Ikut bersedihlah bersamaku via http://lonerwolf.com

Banyaknya hal-hal menyedihkan yang terjadi dalam hidupnya membuat dia selalu melampiaskannya dengan menceritakannya pada orang lain. Dia ingin agar orang yang mendengarnya mengetahui kemalangannya dan ikut merasakan penderitaannya.

6. Jangan Mengaturku

aku hanya mencari kebebasan

aku hanya mencari kebebasan via http://lonerwolf.com

Penderitaan membuat dia ingin menjalani hidup seperti yang diinginkannya. Bebas dari semua kekangan, tuntutan, dan omongan. Bukannya dia tidak mau mengikuti aturan, hanya saja aturan yang kau buat mungkin saja tidak sesuai dengan jalan hidupnya. 

Pemikiran di atas sangat tidak sehat bagi fisik dan mental bila dilakukan terus menerus. Selain itu, mengeluh sama sekali tidak menyelesaikan masalah. Malah menambah parah. Dia yang suka mengeluh sering dijauhi dan akhirnya menjadi antisosial karena tak ada yang tahan berdekatan dengannya.

Padahal mereka sulit memotivasi diri sendiri. Gimana bisa berubah kalau semua orang pergi?

Kalian yang suka mengeluh, tolong cobalah berubah dari sekarang. Tak pernah ada kata terlambat untuk memulai. Selalu ada kesempatan meskipun kamu sudah berusia lanjut sekalipun. Banyak-banyaklah membaca buku motivasi dan sering-seringlah mendengarkan musik yang bisa meningkatkan semangat.

Dan bagi kalian yang sering berhubungan dengan mereka. Tolong jangan menjaga jarak. Pahamilah keadaan mereka dan berikan bantuan. Sekecil apapun itu, sangat besar artinya.

Nobody can change you except yourself 

                                                    (writer)