Buku merupakan teman sejati bagi para pecinta buku. Buku seperti segalanya untuk pecinta buku. Bagi kamu para peminjam buku sejati, jika kamu ingin aman dan bisa terus meminjam buku dengan tenang, jangan pernah melakukan hal-hal berikut ini kepada mereka para pencinta buku. 

1. Melipat buku

Jangan dilipat via https://twitter.com

Para pencinta buku paling benci melihat halaman buku yang dilipat, (apa gunanya pembatas dong?) jangan coba-coba meminjam buku mereka dan melakukan hal tersebut, bisa-bisa kamu akan kena marah dan si pemilik buku bersumpah tidak akan mau untuk meminjamkan buku kesayangan mereka lagi.

2. Menghilangkan pembatas buku

pembatas buku via https://www.brilio.net

Pembatas buku merupakan satu kesatuan dari buku, seperti dua sejoli yang tidak dapat dipisahkan. Meskipun bagi kamu yang meminjam, menghilangkan pembatas buku bukanlah merupakan suatu masalah, tapi tidak bagi para pencinta buku. Kehilangan pembatas buku sama saja seperti kehilangan separuh nyawa dari buku itu. Coba saja kamu menghilangkan pembatas bukunya, kamu akan disuruh mencarinya sampai dapat.

3. Membuat lekukan/menggulung buku

Advertisement

Kamu terbiasa membaca buku dengan menggulung buku? Lebih baik jangan lakukan hal itu ketika kamu meminjam buku kepada mereka pencinta buku. Ketika kamu meminjam buku dari para pencinta buku, jangan pernah menggulung buku. Perlakukan buku itu dengan baik dan lembut seperti seorang ibu yang menyanyangi anaknya. 

4. Meninggalkan bekas noda

kopi kini tumpah via https://wordpress.com

Sebelum kamu membaca buku, pastikan tanganmu terbebas dari noda-noda yang dapat menempel pada buku yang akan kamu baca. Lebih baik kamu mencuci tanganmu terlebih dahulu dan jauhkan dari makanan ataupun minuman yang dapat mengancam keselamatan dari si buku itu.

5. Meminjamkan ke orang lain

meminjamkan buku via https://tumbler.com

Jangan pernah meminjamkan buku ke orang lain kalau buku itu bukan milikmu, setidaknya kamu harus izin dulu kepada pemilik buku. Jika kamu melakukan hal itu tanpa sepengetahuan si pemilik buku, maka bersiap-siaplah jika ia tidak lagi akan mempercayai dirimu dan meminjamkan buku kepadamu. Karena kamu yang meminjam, maka kamu juga yang harus mengembalikan kepada si pemiliki buku tersebut dengan selamat.

6. Merobek halaman

merobek buku via https://blogspot.com

Pencinta buku akan menganggap buku mereka seperti anaknya. Jika kamu sedikit saja membuat kesalahan dengan merobek halaman buku (sekecil apapun itu), maka jangan heran jika mereka akan marah kepadamu. Jadi, jangan pernah melukai buku mereka sedikit pun. 

7. Menghilangkan buku

Jika kamu menghilangkan buku mereka… maka berhati-hatilah! Karena mereka akan berubah menjadi serigala yang mencari mangsanya. Dari pada kamu kena marah, lebih baik kamu segera mencarinya sampai dapat dan jangan pernah menunjukkan mukamu sampai buku itu ketemu. Kamu akan melihat betapa horornya mereka, jika kamu melakukan hal ini.