Apa yang akan aku lakukan ketika menjadi mahasiswa? Pikiran itu pasti akan banyak terlintasi dipikiran mahasiswa baru. Tentu akan banyak sekali yang akan kalian pikirkan karena kalian baru memasuki dunia baru. Salah satu diantara banyak hal yang kalian pikirkan, tersemat kata-kata IPK atau nilai dalam benak kalian, bukan?

Lantas apakah kalian hanya mengejar IPK yang tinggi supaya nanti mendapat predikat cumlaude? Jika iya, sebaiknya kalian baca tulisan berikut deh. Kuliah bukan melulu tentang nilai, masih banyak hal yang bisa kalian lakukan saat menjadi mahasiswa.

1. Berorganisasi

Student Activity via http://kiwiimmigration.org

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Kata-kata tersebut sering kalian dengar. Pengalaman yang bisa kalian dapatkan pada masa kuliah akan sangat banyak. Contoh pengalaman yang akan banyak kalian dapat adalah pengalaman berorganisasi. Dalam organisasi kalian dapat melatih keberanian, kemandirian, kepemimpinan dan berpikir kritis. Selain itu juga dalam berorganisasi kalian juga dituntut untuk dapat melakukan banyak hal dalam satu waktu, sehingga harapannya hal tersebut mampu melatih kalian untuk melakukan manajemen waktu, manajemen konflik dan komunikasi.

Sangat rugi jika mahasiswa tidak pernah merasakan pengalaman berorganisasi. Organisasi di lingkungan kampus akan sangat banyak dan dengan berbagai macam bidang. Jika kalian baru dalam dunia organisasi, mulailah dengan organisasi kecil dan kalian akan menemukan bagaimana hidup dalam sebuah kelompok.

Organisasi untuk seorang mahasiswa diibaratkan seperti batang dalam sebuah pohon, ia akan menentukan kemana cabang akan tumbuh. Menentukan arah bagaimana pertumbuhan daun untuk menjadikan pohon tersebut kokoh.

2. Cari Teman Sebanyak Mungkin

Advertisement

Jangan jadi mahasiswa cupu. Carilah teman sebanyak-banyaknya. Untuk kalian yang tinggal jauh dari orang tua, teman akan menjadi tempat kalian berbagi. Dengan memiliki banyak teman, kalian juga akan belajar kehidupan berkelompok. Suatu kelompok akan memiliki banyak karakter manusia, dengan begitu kalian bisa belajar bagaimana menghadapi teman-teman kalian dengan berbagai karakter yang kalian miliki.

Kalian juga bisa mengembangkan kemampuan sosialisasi kalian dengan berteman. Sosialisasi sangat penting karena pasti suatu saat nanti kita akan membutuhkan bantuan atau memberi bantuan kepada mereka. Memperluas jaringan pertemanan kalian akan berdampak positif loh. Jadi jangan menutup diri, dan banyaklah bergaul.

3. Eksplor Kemampuan Diri

Memasuki masa kuliah adalah masa pencarian jati diri seseorang. Pada masa ini, gunakan untuk melakukan eksplorasi kemampuan kalian. Peluang sangat banyak tersedia, mulai dari aktivitas, kompetisi (lomba) yang mengasah kemampuan dan kesempatan untuk mengaktualisasikan diri lainnya. Sangat sayang jika kalian melewatkan kesempatan ini.

Ingat, masa seperti ini tidak datang dua kali. Setelah kuliah, tentunya kalian akan melanjutkan untuk memasuki dunia kerja. Jika kalian tidak mampu mengetahui kemampuan apa yang saya unggulkan dan saya sukai, maka kalian menyesal. Mengapa menyesal? Karena artinya kalian belum mengetahui tujuan hidup kalian.

Temukanlah "hal" yang dapat kalian unggulkan dalam diri kalian, eksplor kemampuan sebanyak-banyaknya selagi masih dalam masa kuliah ini.

4. Kumpulkan Ilmu Sebanyak-Banyaknya

Kuliah tentunya tujuan utamanya adalah mencari ilmu. Ingat! Mencari ilmu, bukan hanya mencari selembar kertas berisi nilai IPK. Mencari ilmu artinya kalian perbanyak wawasan kalian mengenai bidang yang kalian pelajari.

Sayang jika kalian kuliah dengan biaya yang mahal, namun kalian tidak mendapat ilmu yang menjadi tujuan kalian untuk berkuliah, bukan? Ilmu yang kalian peroleh selama periode perkuliahan tidak hanya ilmu yang diajarkan dosen kalian di dalam kelas. Ilmu dapat berasal dari mana saja, misalkan dari praktik lapangan, kuliah kerja nyata, organisasi, hingga dari lingkungan sosial disekiar kalian.

Barangsiapa berangkat menimba ilmu sedangkan yang dia inginkan hanyalah semata-mata ilmu, ilmunya tidak akan bermanfaat baginya. Dan barangsiapa berangkat menimba ilmu untuk mengamalkan ilmu, niscaya ilmu yang sedikitpun akan bermanfaat baginya. – Abu Abdillah

5. Cari Pengalaman, Ini Penting !

Experience via http://google.com

Pengalaman bisa datang darimana saja. Bekali diri dengan banyak pengalaman, tak akan rugi jika kalian menyimpan banyak pengalaman dalam diri kalian. Tentu saja pengalaman akan muncul dari percobaan, istilah kerennya trial and error. Jika kalian memiliki pengalaman mulai dari hal kecil hingga hal besar bisa kalian selesaikan dengan menggunakan pengalaman yang telah kalian miliki.

Pengalaman juga tak harus kalian alami untuk diri kalian sendiri. Kalian bisa mendapatkan pengalaman dari orang-orang di sekitar kalian dan cerita orang-orang terkenal / sukses yang pernah kalian baca. Dengan mendengar pengalaman dari orang lain, kalian juga akan mampu menambah ilmu dan tentu saja mendapat pengalaman walaupun tidak mengalaminya secara langsung.

Intinya, pengalaman bisa datang dari mana saja asalkan kita mau untuk berusaha mencarinya. Ilmu tidak datang dengan sendirinya. Carilah dan alami sendiri maka niscaya kalian akan berkembang menjadi mahasiswa yang berhasil.

6. Anggaplah Nilai Bagus adalah Bonus untuk Usaha Kalian

Graduation via http://usnews.com

Nilai bukan berarti hal yang bisa dikesampingkan dalam berkuliah. Nilai itu penting, namun ada baiknya jika kita tidak terlalu berfokus pada nilai yang akan kita peroleh. Jika nilai kita bagus, namun itu adalah hasil dari perbuatan kurang terpuji maka apalah arti sebuah nilai. Ia hanya akan menjadi sebuah angka yang akan kita banggakan sesaat saja.

Nilai yang kita peroleh adalah bonus yang kita dapatkan setelah menyenyam studi kita selama beberapa tahun. Menentukan batas bawah mengenai nilai yang ingin kita dapatkan adalah hal yang perlu dilakukan, karena nilai juga jadi dasar kita untuk mendapat pekerjaan. Nilai bisa jadi cerminan ilmu yang kita serap dalam bangku perkuliahan (secara materi).

Nilai itu penting, namun jangan terlalu fokus untuk mendapatkan nilai terbaik. Lihatlah berapa banyak ilmu yang terdapat disekeliling kalian. Betapa menyesalnya kalian jika kalian tak dapat melihat ilmu-ilmu tersebut.