Travelling, melancong, dan jalan-jalan kurang lengkap tanpa adanya wisata kuliner. Kendari merupakan salah satu dari ribuan pulau di Indonesia yang mempunyai makanan khas yang beraneka ragam, dan berikut adalah beberapa makanan khas SULTRA-Kendari yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Sulawesi Tenggara ini:

 

1. Sinonggi (Kapurung)

sinonggi makanan khas SULTRA

sinonggi makanan khas SULTRA via http://www.griyawisata.com

Sinonggi adalah makanan khas Kendari yang berbahan dasarkan sagu. Cara pembuatannya pun tidak terlalu sulit, hanya bermodalkan sagu dan air panas. Sagu yang sudah dibersihkan ditaruh di dalam sebuah wadah lalu dituangkan air panas, di oyak beberapa menit dan jadilah Sinonggi. Masyarakat Kendari biasanya menyantap Sinonggi bersama ikan masak dan juga sayur bening. It's so delicious!

2. Kasoami

kasoami saat dihidangkan

kasoami saat dihidangkan via http://www.cikalnews.com

Kasoami adalah salah satu makanan khas masyarakat SULTRA yang berbahan dasar singkong (ubi). Cara pembuatannya pun cukup sulit, pertama-tama singkong (ubi) diparut hingga halus, lalu dimasukkan kedalam cetakan berbentuk prisma terbalik. setelah cetakannya penuh Kasoami pun siap direbus dengan panci tradasional. Kasoami biasanya disantap bersama ikan bakar dan juga sambal khas masyarakat kendari. Enak kan !!, tunggu apalagi visit Sultra.

3. Kambose

Kambose adalah makanan khas yang berbahan dasar jagung. Jagung yang telah diolah dengan bumbu khas Sulawesi Tenggara tersebut dimasak dan disajikan pada pesta-pesta besar. Kambose biasanya santap dengan ikan rebus dan juga sambal. Yummi bingits dah pokoknya. tertarik dong pastinya!

4. Lapa-lapa

hidangan lapa-lapa saat ada pesta

hidangan lapa-lapa saat ada pesta via http://www.bcgolfcourse.com

Mungkin mendengar namanya agak sedikit aneh ditelinga. Lapa-lapa adalah makanan khas yang berbahan dasar beras ketan. Lapa-lapa berbentuk seperti lontong tapi rasanya sudah pasti berbeda donk. Biasanya disantap bersama ikan bakar dan juga sambal. Nikmat bingits dah!

5. Es Pisang Ijo (Palabutung)

es pisang ijo, santapan lezat masyarakat SULTRA

es pisang ijo, santapan lezat masyarakat SULTRA via http://www.resepumi.com

Mungkin dari semua makanan, hanya ini yang bergenre minuman. Seperti namanya, Es Pisang Ijo terbuat dari pisang yang dilapisi dengan adonan terigu berwarna hijau. Penyajiannya pun dengan sirup Pisang Ambon yang hanya ditemukan di daerah SULTRA-Kendari itu sendiri. Apabila disajikan dengan sirup selain sirup Pisang Ambon, rasanya pun akan lain. Tertarik dan nggak usah ampe keluar liurnya. Langsung aja cek ke TKP.