Mungkin anda pernah mendengarkan lagu milik afgan "jodoh pasti bertemu". Lagu itu cocok bagi seseorang yang mendambakan seseorang kekasih hati yang ingin dinikahinya. namun ada saja kendala yang dihadapi.

Selalu banyak batu terjal yang menghambat sepasang kekasih untuk bersatu. Lagu itu juga cocok bagi seseorang yang belum menemukan pasangan dan masih sendiri.

Jangan khawatir buat anda yang bimbang tentang siapa jodoh anda, ada beberapa hal-hal yang anda bisa lakukan....

 

1. Istikhoro

Istikhoro bukan selalu soal mimpi

Istikhoro bukan selalu soal mimpi via http://www.instagramkusu.com

Sholat istikhoro dapat menenangkan hati. Tuhan sendiri yang akan menuntun kita untuk mengetahui baik buruknya pilihan jalan yang akan kita lalui. Termasuk perihal memantapkan hati untuk memilih seseorang sebagai pasangan hidup.

Sholat istikhoro tak melulu soal mimpi. Bisa jadi setelah sholat istikhoro kita akan dibukakan hati, didamaikan pikiran, dibersihkan jiwa, sehingga mantap memilih pasangan, yang Tuhan sendiri memilihkannya buat kita.

2. Tuhan maha pembolak-balik hati manusia

Allah, Sang pengendali hati...

Allah, Sang pengendali hati... via https://www.igsta.com

Tuhan akan membuat hati kita terbolak-balik. Misal kita mengharapkan pasangan A untuk menjadi pasangan kita kedepannya, namun selalu ada kendala dan masalah. Jika kita mendekatkan diri sama Tuhan, Tuhan akan cepat memberi jawaban. Bisa jadi Tuhan menjawab doa-doa kita, dengan menghadirkan seseorang yang baru. Yaitu orang B.

3. Doa Ibu

Ridho Allah sama dengan Ridho Ibu

Ridho Allah sama dengan Ridho Ibu via http://blog.masluhjamil.com

Agar mendapat pasangan yang baik. Salah satu cara yaitu meminta Ibu untuk mendoakan kita untuk mendapat jodoh yang terbaik. Selain itu, Kita berusaha lebih berbakti dan patuh sama Ibu. Karena apa?, Karena doa-doa Ibu di padu dengan doa-doa kita, insyaallah doa-doa itu akan melangit, semesta mendukung, dan akan terkabul. Karena ridho Ibu adalah sama dengan ridho Tuhan. 

4. 4. Bersabarlah

Semua indah pada waktunya...

Semua indah pada waktunya... via http://www.wallpaperislami.com

Tugas manusia hanyalah ikhtiar. Kalau Jodoh tak kunjung datang, padal sudah ikhtiar maksimal. Salah satu jalan adalah bersabar. Iya, Dengan bersabar, Tuhan akan membantu memberikan jalan baiknya. Dengan bersabar, hal-hal yang baik akan datang dengan izin Tuhan. Dengan bersabar, momen yang indah akan datang. Jadi bersabarlah...

5. Memantaskan diri

Percayalah janji Tuhan...

Percayalah janji Tuhan... via http://adhibaihaqi.blogspot.com

”Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)- Qs. An-Nur ayat 26. 

Penggalan ayat suci tersebut menyadarkan kita, bahwa tugas kita hanyalah memantaskan diri. Tugas kita hanyalah mendekatkan diri sama Tuhan pemilik hati dan kehidupan. Jika kita berusaha memperbaiki dan mendekatkan diri sama Allah, dunia dan seisinya mengikuti. Termasuk urusan jodoh, kalau kita berusaha menjadi insan yang baik, insyaallah akan mendapat jodoh yang baik.

6. Berserah diri

Berserah diri kepada Sang pemilik hidup

Berserah diri kepada Sang pemilik hidup via https://sadeanku.wordpress.com

Kalau kita sudah berikhtiar habis-habisan, Kalau kita sudah berdoa tiap waktu, kalau kita berusaha bersabar sepanjang waktu, kalau kita sudah berusaha memantaskan diri. Hal selanjutnya yang kita lakukan yaitu berserah diri kepada pemilik hidup kita.

Berserah diri adalah jalan terakhir, semoga harapan-harapan kita, mimpi-mimpi kita, doa-doa kita dapat dipeluk oleh Tuhan. Dan Tuhan akan memberikan sesuatu terbaik buat diri kita. Tuhan akan memberikan pasangan hidup terbaik buat kita.