Jomblo? Jomblo? Jomblo? Sudah tidak asing lagi untuk kaum muda sekarang mendengar istilah jomblo. Banyak yang bilang jomblo itu nasib hidup kita. Ada juga yang bilang jomblo itu pilihan hidup. Jadi, sebenarnya jomblo itu nasib atau pilihan? Tidak ada yang salah guys dengan maksud jomblo itu nasib atau jomblo itu pilihan, karena mereka bisa berkata seperti itu merupakan pendapatnya masing-masing mengenai jomblo.

Pengertian atau definisi dari kata "JOMBLO" itu bermacam-macam, semua orang bebas berpendapat. Kesimpulan yang dapat diambil dari kata jomblo adalah keadaan di mana seseorang yang sedang tidak mempunyai pasangan. Jomblo bukan berarti nggak laku lho yaa... Bisa jadi, banyak di luar sana yang ingin dengannya, tapi dia mempunyai alasan-alasan tertentu hingga memilih untuk sendiri terlebih dahulu.

Secara umum, manusia memang diciptakan dan direncanakan untuk berpasang-pasangan. Walaupun sekarang nyatanya kita masih sendiri, itu berarti waktunya mungkin belum tepat. Akan ada waktu yang tepat untuk para jomblo mempunyai pasangan, yang penting sekali bagi kita adalah melibatkan Tuhan dalam proses pencarian itu dan jangan tergesa-gesa dalam prosesnya.

Ingat, jomblo bukanlah akhir dari segalanya! Bagi yang belum mendapatkan pasangan, Tuhan menegaskan untuk kita jangan khawatir, semua akan indah pada waktunya. Jomblo walau sendiri masih bisa tetap bahagia lho. Jadi, udah nggak ada alasan jomblo harus galau karena cinta atau tidak memiliki pasangan!

1. Ingat bahwa jomblo bukanlah akhir dari segalanya!

Pacar bukan segalanya via http://google.com

Hidup berakhir tidak ditentukan oleh seseorang sedang berstatus jomblo atau tidaknya, melainkan hidup seseorang sudah diatur oleh yang Mahakuasa. Jangan berpikiran yang mempunyai pacar, akan jauh lebih bahagia daripada seorang jomblo. Pacar seharusnya tidak dijadikan sebagai patokan hidup untuk mencari kebahagiaan di saat kesepian sedang melanda. Jomblo walau sendiri masih bisa bahagia meskipun tanpa pasangan, dia masih mempunyai orang tua, sahabat, teman yang selalu ada untuk kita dan akan tetap mendukung apa yang akan kita lakukan untuk ke depannya.

Bila pada saat ini Tuhan masih tetap mengijinkan kita untuk sendiri, jangan berkecil hati terlebih dahulu. Hal ini bukan berarti bahwa kita tidak akan memiliki pasangan hidup. Melainkan Tuhan sudah menyediakan bagi kita, pasangan hidup sesuai dengan rancangan-Nya.

Tidak perlu merasa minder kalau pada saat ini sedang jomblo. Lebih baik menikmati masa sendiri tanpa pasangan terlebih dahulu.. Daripada terburu-buru menjalani hubungan berdua, tapi rasanya seperti tak sedang bersama.

2. Jomblo bisa lebih fokus terhadap perkuliahan atau pekerjaannya tanpa pikiran dan waktunya harus terbagi dengan percintaan

Business image via https://pexels.com

Advertisement

Semua orang pasti memiliki cita-cita dalam hidupnya, meskipun berbeda-beda cita-citanya dan cara untuk mewujudkannya. Seseorang yang sedang jomblo atau yang sedang tidak memiliki pasangan, mempunyai peluang besar untuk dapat mewujudkan cita-cita dalam hidupnya sebelum nantinya akan mendapatkan pasangan. Impian, harapan serta cita-cita merupakan prioritas utama dalam setiap hidup semua orang. Walau tanpa hadirnya seorang pacar sebagai penyemangat hidup, seorang jomblo masih bisa mencapai cita-citanya.

Jomblo adalah anak muda yang smart yang tegas berfokus pada studi dan karir

Karena pada kenyataannya, perkuliahan ataupun pekerjaan dapat menyita waktu yang tidak sedikit. Dibutuhkanlah sikap yang benar-benar bisa membagi waktu antara perkuliahan atau pekerjaannya dengan soal percintaannya. Jika masih belum siap dengan hal itu, maka alasan seseorang untuk tetap memilih status jomblo menjadi pilihan yang tepat. Mempunyai gelar sarjana dan penghasilan di usia muda merupakan kebanggaan tersendiri untuk seorang jomblo dan sekelilingnya. Apalagi, seorang jomblo lebih memilih untuk membahagiakan kedua orang tuanya terlebih dahulu sebelum membahagiakan pasangannya nanti. Itu jomblo keren hehe…

3. Nggak perlu galau deh kalau kamu berpikir jomblo nggak akan ada kesibukan. Jomblo dapat mengembangkan bakat, minat serta hobi

Bakat dan minat via http://google.com

Karena pernah kehilangan seseorang yang disayang dapat menyebabkan seorang jomblo berpikir "kehilangan banget pasti nggak akan ada kesibukan yang mengisi waktu luang lagi". Merasa kehilangan pasti akan terasa guys, tapi jangan lama-lama terlarut dalam kesedihan yang mendalam. Segera mungkin untuk cepat bangkit, berpikir positif!

Waktu luang sebentar apapun, meski tanpa pasangan dapat kita gunakan sebaik mungkin untuk mengembangkan bakat, minat serta hobi kita lho. Memiliki bakat merupakan anugerah terbesar dari Tuhan untuk kita, sehingga kita harus mengembangkan dan menggali potensi besar yang kita miliki ini. Mencoba menekuni hobi ataupun minat juga tidak ada salahnya guys daripada terus meratapi, memikirkan hal yang tidak jelas.

Melepaskan apa yang pahit dan terus maju demi masa depan yang lebih baik

4. Jomblo bebas berteman dengan siapa saja apalagi dapat berkumpul dengan komunitas kapanpun

Bergabunglah dengan suatu komunitas via http://google.com

Jika merasa sedang bosan, jangan pernah merasa sendirian dan kesepian. Ingat, pasti akan ada teman atau sahabat yang masih bisa diajak untuk hangout bareng, berbagi tawa, bercerita apapun. Karena jomblo bebas berteman dengan siapa saja. Bahkan pergaulan pertemanannya pun sangat luas.

Hubungan pertemanan pun tidak akan rusak karena masalah sepele jika sudah mempunyai pacar, karena jomblo pasti sudah mempunyai waktu luang untuk teman-temannya. Seorang jomblo dapat bergabung dengan komunitas yang disukai yang sesuai dengan bakat, minat, hobi dalam waktu kapanpun.

Jangan takut untuk sendiri! Karena masih ada Tuhan yang selalu menemani kita dalam suka maupun duka serta masih ada orang tua, sahabat yang akan selalu menjadi penyemangat hidup

5. Hal yang terpenting bagi para jomblo adalah harus bisa memotivasi diri sendiri untuk bisa ikhlas, bersabar, bersyukur, berdoa, tersenyum, optimis dan tetap semangat!

Tersenyum bahagia via http://tianxinqi.com

Walaupun kita sedang diterpa masalah sebesar apapun, seorang jomblo harus bisa memotivasi dirinya sendiri. Harus bisa ikhlas, bersabar menjalani ini semua. Jangan lupa untuk selalu bersyukur serta berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena dengan bersyukur serta berdoa, diri kita semakin dekat dengan Sang Pencipta dan kebahagiaan akan lebih terasa walaupun sedang diterpa badai besar sekalipun.

Berikan senyuman terbaik yang bisa kita lakukan untuk menghibur diri sendiri atau sekadar menyenangkan keluarga, sahabat atau orang lain. Dengan hal kecil seperti ini bisa membuat kita untuk tetap bisa merasakan kebahagiaan. Tanamkanlah rasa optimis dan tetap semangat terhadap hal apapun yang akan dijalani, maka kebahagiaan akan semakin terasa. Jomblo? Be happy guys

"Ikhlas, sabar, bersyukur, berdoa, tersenyum,optimis dan tetap semangat! Percayalah bahwa Tuhan mendengar apa yang sedang kita harapkan, serta ikut merasakan apa yang sedang kita rasakan dan pada saatnya nanti Dia akan memberikan rencana-rencana indah untuk kita yang selalu setia kepada-Nya".