Kita terkadang harus pergi dan tinggal di tempat lain untuk beberapa alasan, seperti pekerjaan atau studi. Terlebih lagi ketika kita harus pindah ke luar negeri, akan ada banyak hal yang dirindukan dari rumah dan, tentu saja, Indonesia. Nah, kalau kamu berencana untuk pindah ke luar negeri untuk urusan pekerjaan atau studi, siap-siap untuk kangen dengan beberapa hal ini. Walaupun mungkin di Indonesia hal-hal ini terdengar sepele, begitu kamu pindah ke luar negeri jangan kaget ya kalau kamu bisa nangis karena kangen hal-hal ini!

 

1. Indomie

Indomie Nyemek jadi salah satu varian sajian yang irresistible!

Indomie Nyemek jadi salah satu varian sajian yang irresistible! via http://makankeliling.com

Meskipun terdengar sepele, jangan salah kalau sajian yang satu ini bisa bikin kamu kangen sama Indonesia. Ya, Indomie rasanya sudah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Produk mi instan yang satu ini punya dua jenis utama, mi kuah dan mi goreng. Selain itu, ada beragam rasa yang ditawarkan, dari mulai the classic ayam bawang, kari ayam, sampai mi goreng rica-rica. Yang jelas, pilihan rasa yang ditawarkan itu Indonesia banget deh! Mungkin beberapa dari kalian suka makan Indomie sambil kerja, sambil nonton TV, atau di cuaca hujan, sambil memperhatikan rinai hujan yang jatuh dan ngegalau (loh?). Apa pun kenangan yang kamu punya dengan Indomie, siap-siap aja kalau kamu mau pindah ke luar negeri karena Indomie nggak bisa semudah itu kamu beli di supermarket (kecuali kalau kamu berkunjung ke supermarket besar yang menjual produk-produk impor Asia). 

Indomie~ seleraku~ 

2. Lomba 17 Agustusan

Panjat Pinang, walaupun kotor, tapi senang kalau pulang bawa hadiah.

Panjat Pinang, walaupun kotor, tapi senang kalau pulang bawa hadiah. via http://www.innnayah.com

Hal lain yang kemungkinan bakalan kamu kangenin dari Indonesia adalah perlombaan 17 Agustusan. Ya, seperti yang bisa kita lihat, menjelang tanggal 17 Agustus, biasanya setiap RT mempersiapkan berbagai hal untuk perlombaan. Dari kejauhan, kita bisa lihat tiang-tiang pinang yang mulai berdiri, dengan beragam hadiah yang menggantung di atasnya, dari mulai dispenser, penanak nasi, radio, sampai (yang pernah gue lihat dan yang termahal) sepeda motor! Kebayang nggak tuh gimana bawa turunnya? 

Kalau kalian kangen dengan suasana lomba 17 Agustusan, kedutaan besar Indonesia di beberapa negara biasanya mengadakan perlombaan buat warga Indonesia yang menetap di luar negeri. Nah, coba datangi kantor kedutaan deh, siapa tahu mereka ngadain lomba 17 Agustusan. Lumayan 'kan buat memuaskan rasa rindu kamu sama lomba-lomba klasik ini. 

3. Jajanan Pinggir Jalan

Walaupun murah meriah, rasanya tetap menggiurkan!

Walaupun murah meriah, rasanya tetap menggiurkan! via https://www.goodindonesianfood.com

Kalau kamu doyan jajanan pinggir jalan di Indonesia, siap-siap bakalan kangen sama jajanan tersebut ketika kamu pindah ke luar negeri. Ya, kamu harus siap mental buat nggak lihat tukang batagor, gorengan, cilok, seblak, lumpia basah, bandros, bakso, cuanki, dan lain-lain. Siap-siap juga nih karena kamu bakalan susah buat nemu gado-gado, rujak Shanghai, lontong kari, bubur ayam khas mang-mang, dan semacamnya. Di beberapa negara, jajanan seperti itu biasanya dijual di area khusus, jadi nggak bisa dengan mudah kita temukan di pinggir jalan. Berdasarkan pengalaman pribadi ketika di Seoul, buat beli jajanan pinggir jalan, gue harus jalan kaki sekitar 20 menit dari flat. Beda banget dengan di Indonesia, di mana tukang jualan kadang bisa masuk kompleks dan kita bisa melakukan transaksi dari balik pagar rumah. 

Meskipun street food khas negara lain juga enak-enak, tetap aja gurihnya cireng dan kombinasi manis, asin, pedasnya batagor nggak tergantikan. 

Jadi lapar nih karena habis absen jajanan-jajanan itu.

4. Angkot, Ojek, dan Kawan-Kawan

Desak-desakan dan panas-panasan jadi hal yang lumrah ketika naik angkot.

Desak-desakan dan panas-panasan jadi hal yang lumrah ketika naik angkot. via http://angkotstory.blogspot.co.id

Nah, ini mungkin jadi hal yang nggak kamu temukan di luar negeri. Meskipun moda transportasi seperti ini bisa ditemukan di beberapa negara, kamu mungkin bakalan kangen dengan suasana naik angkot. Memang sih, angkot ngetem, desak-desakan di dalamnya, dan kepanasan adalah hal yang menyebalkan. Belum lagi ketika supirnya memutar lagu dengan volume super keras. Tapi, jangan salah loh karena mungkin kamu bakalan rindu suasana naik angkot. Mungkin kamu rindu suasana naik angkot bersama teman-temanmu, sambil ngobrol di perjalanan, lihat-lihat pemandangan di luar, atau sambil cari target kecengan di angkot. Who knows! 

Selain angkot, kamu juga mungkin akan rindu dengan ojek, becak, atau bajaj yang berseliweran di jalanan. Ya, terlepas dari kekurangan dan ketidaknyamanannya, sadar atau tidak sadar, moda transportasi seperti itu sudah jadi bagian dari kehidupan kita di Indonesia. 

5. Suasana Bulan Puasa

Takjil buka puasa emang seger-seger!

Takjil buka puasa emang seger-seger! via http://tulisan-ringan.com

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk Muslim terbesar di dunia, momen bulan Ramadhan merupakan momen yang khas. Bahkan, vibe-nya kadang mulai terasa dari satu bulan sebelum Ramadhan datang. Biasanya, kalau nonton TV dan iklan sirup sudah mulai merajalela di stasiun-stasiun TV, kita semacam bisa menebak bahwa bulan puasa sebentar lagi datang. 

Nah, hal yang mungkin kamu kangenin dari Indonesia ketika tinggal di luar negeri adalah vibe bulan puasanya. Siap-siap deh kamu bakalan kangen dengan warung-warung jualan takjil di sore hari menjelang jam buka puasa. Kamu juga bakalan kangen dengan hidangan takjil seperti sup buah dan kolak yang dingin, atau rujak kerupuk mi. Mungkin kamu juga bakalan kangen dengan momen ngagbuburit sama teman-teman. 

6. Ragam Objek Wisata Indonesia

Destinasi wisata Indonesia memang nggak ada duanya!

Destinasi wisata Indonesia memang nggak ada duanya! via http://www.yogya-backpacker.com

Destinasi wisata di Indonesia sangat beragam, dan keragaman ini mungkin susah kamu temukan di negara lain. Pada kenyataannya, banyak destinasi wisata Indonesia yang nggak ada lagi di belahan dunia mana pun. Mungkin kamu bakalan kangen dengan megahnya candi Borobodur dan Prambanan, indahnya pantai-pantai di Indonesia, dan uniknya budaya-budaya kita. Destinasi wisata di negara lain memang berbeda dengan apa yang kita punya di Indonesia, tetapi tetap saja destinasi wisata kita nggak tergantikan. Kalau dulu kamu bisa backpacking dengan mudah keliling kota-kota di Indonesia, mungkin setelah pindah ke luar negeri, bakalan lebih susah buatmu untuk ngatur rencana backpacking

7. Masakan Indonesia

Kalau yang satu ini, dijamin bikin kamu kangen sama Indonesia.

Kalau yang satu ini, dijamin bikin kamu kangen sama Indonesia. via https://id.wikipedia.org

Nah, yang satu ini bakalan bikin kamu kangen banget sama Indonesia! Yap, masakan Indonesia memang ngangenin! Ketika pindah ke luar negeri, siap-siap bahwa kamu mungkin nggak bisa menemukan restoran Indonesia dengan mudah. Kuatkan mental kamu kalau kamu penggila rendang. Kalau kamu nggak memasak sendiri, kamu juga kemungkinan akan kesulitan untuk menikmati hidangan-hidangan seperti gulai, opor ayam, sambal goreng kentang, sayur asem, nasi uduk, ikan bakar, urak-arik tempe, dan lain-lain. Ragam hidangan masakan Indonesia memang nggak tergantikan. 

Jangan lupa kerupuk dan sambal ya! Pokoknya, nasi dengan tempe goreng, kerupuk, dan sambal terasi itu the best!

Nah, selain hal-hal yang disebutkan di atas, apa lagi nih yang bakalan kamu kangenin dari Indonesia kalau kamu harus pindah ke luar negeri? Share jawabanmu ya!