1. Mental yang siap

Oke, mental itu jadi nomor satu yang perlu kamu persiapkan. Situasi dan kondisi di masa kuliah jauh sangat berbeda dengan di masa SMA. Apalagi jika kamu seorang perantauan yang tinggal nan jauh disana untuk menuntut ilmu, persoalan culture shock siap-siap ada di depan mata.

*Culture shock adalah kondisi dimana seorang mengalami kejutan dengan budaya di tempat tinggal yang baru. Perbedaan budaya menjadi penyebabnya, misalnya orang yang berasal dari budaya Sunda kemudian tinggal di lingkungan budaya Jawa.pasti akan menemukan hal yang belum pernah kamu ketahui.

2. Atur waktu dengan membuat jadwal

Kamu harus mengatur waktu kamu di semester awal dengan membuat jadwal khusus. Sebagai contoh, kamu bisa menempatkan seluruh kegiatan di luar jadwal kuliah di setiap hari Senin dan Selasa, sehingga selain dua hari tersebut kamu bisa fokus dengan kuliah kamu.

3. Beli perlengkapan kuliah

Advertisement

alat tulis via http://www.google.com

Kamu harus mempersiapkan perlengkapan untuk kuliah kamu, ini agar kamu bisa memulai semester baru kamu dengan penuh semangat baru.

4. Kemampuan untuk bekerja secara mandiri

Menjadi anak kuliahan berarti harus bisa memotivasi diri sendiri. Dosen nggak seperti guru, lho. Mereka nggak bakal peduli kamu masuk kelas atau nggak. Itu kenapa anak kuliah seringkali diingatkan bahwa mereka nggak bakal “disuapin” lagi. Kamu harus berusaha untuk mengatur jadwal dan mengurus nilai-nilai kuliah sendiri.

5. Pasang target IPK

Biasanya di awal semester yang lain kamu tidak pernah memasang target untuk mendapatkan IPK berapa, tapi berbeda dengan awal semester ini. Awal semester ini, saya harapkan kamu berani untuk memasang target, mau berapa IPK kah yang akan kamu dapatkan di akhir semester ini.

Target itu bukan finish yang membuat kita merasa puas setelah berhasil mencapai sesuatu. Teruslah membuat target.

Semua persiapan ini bisa membantu kamu untuk membuktikan ke orang-orang di sekitar kamu kalau kamu akan menjadi yang terbaik di semester ini dan mendapatkan semua yang ingin kamu inginkan termasuk IPK yang tinggi.

Tidak ada rencana yang gagal kalau disiapkan dengan serius dan matang.