Menambah wawasan mengenai penyakit kelamin akan berguna jika suatu saat seseorang terinfeksi ataupun perlu melakukan penanganan pertama sebagai tindakan pengobatan yang tepat. Hal ini wajib diperhatikan sebab sebagian besar bakteri penyebab penyakit menular seksual kebal terhadap obat, lho! Serem, 'kan?

Maka dari itu, pentingnya menambah wawasan mengenai hal tersebut sebagai salah satu upaya pencegahan infeksi menular seksual; terutama pada penyakit raja singa atau yang biasa disebut juga sipilis atau gonore.

 

1. Kalian harus tahu dulu nih, apa sih penyakit raja singa itu?

Penyakit Kelamin Sipilis

Penyakit Kelamin Sipilis via http://obatinfeksi.com

Perlu di ketahui bahwa penyakit sipilis bisa terjadi akibat aktvfitas seksual yang tidak sehat; seperti melakukan hubungan seksual anal maupun oral. Selain itu, aktivitas seksual yang berlebihan juga berpotensi menimbulkan sipilis; meskipun jarang terjadi.

Penyakit sipilis atau biasa juga disebut dengan penyakit raja singa disebabkan oleh bakteri Spiroset Treponema Pallidum yang bersifat motil dan dapat bertahan hidup sangat lama di dalam tubuh manusia jika tanpa penanganan dengan tepat.

Di kutip dari Obatinfeksi.com, penyakit sipilis di Indonesia paling banyak menular melalui hubungan seksual. Beberapa pun ada yang terinfeksi disebabkan penggunaan jarum suntik yang sama dengan penderita penyakit sipilis. Akan tetapi, hal tersebut sangat jarang terjadi untuk di Indonesia.

2. Sudah sering dengar istilah 'raja singa' tapi banyak yang belum tahu gejalanya, nih

Gejala penyakit sipilis

Gejala penyakit sipilis via http://www.ppssatuhati.com

Jangan kira penyakit ini hanya menyerang kaum laki-laki, ya!

Tidak semua penderita mengalami gejala yang sama ketika terinfeksi penyakit sipilis. Namun secara umum, gejala penyakit sipilis dapat dibedakan berdasarkan fasenya; yaitu fase primer, sekunder, sipilis laten, tersier dan konginetal.

Pada fase sipilis primer terjadi antara 2-7 hari setelah terinfeksi; dengan gejala paling umum terdapat luka lesi atau luka mirip sariawan pada alat kelamin. Pada fase ini, tidak semua penderita wanita menyadarinya. Mereka baru menyadarinya setelah pasangan seksualnya terinfeksi dan nampak gejala awal. Hal tersebut dikarenakan gejala awal penyakit sipilis sulit terlihat pada penderita wanita.

Pada beberapa kasus, luka bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun bukan berarti penyakit sudah hilang! Bakteri penyebab sipilis menyebar di dalam tubuh penderita sehingga penderita akan mengalami fase lanjut.

Fase sekunder bisa di tandai dengan luka yang muncul kembali d ikuti dengan jumlah luka yang bertambah; disertai dengan rasa sakit atau gatal. Masa inkubasi terjadi antara 2-8 minggu setelah infeksi sipilis primer. Pada fase ini sangat berpotensi menular dan gejala sangat mengganggu penderita.

Biasanya sipilis laten disebabkan karena pemilihan obat yang tidak baik sehingga bakteri resisten. Masa inkubasi terjadi sekitar 3-10 bulan setelah infeksi sipilis sekunder.

Sipilis tersier merupakan fase paling berbahaya di antara fase sebelumnya. Pada fase ini banyak ditemukan penderita dengan gejala kebutaan, kelumpuhan sampai pada kematian karena terjadi sipilis komplikasi dengan virus HIV, HPV atau gonore.

3. Lalu, gimana sih cara pencegahannya?

Konsultasi kesehatan

Konsultasi kesehatan via http://obatinfeksi.com

Banyak sekali upaya pencegahan yang dapat dilakukan sebagai cara menghindari atau mengurangi potensi terinfeksi penyakit kelamin sipilis. Beberapanya adalah:

1. Tidak gonta-ganti pasangan seksual

2. Menggunakan kondom saat berhubungan seks

3. Menjauhi aktivitas yang berpotensi terinfeksi sipilis

4. Mengisi waktu luang dengan aktivitas positif

5. Menambah wawasan mengenai penyakit kelamin

6. Dengan tetap menjaga pola hidup sehat akan mampu menghindarkan kita dari penyakit-penyakit

4. Kalau sudah terlanjur terinfeksi, kamu bisa mengobatinya dengan hal ini

Ada beberapa cara pengobatan untuk penyakit sipilis; di antaranya adalah dengan cara menggunakan jasa dokter spesialis atau dengan melakukan pemesanan obat paket khusus sipilis. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Dokter biasanya akan memeriksa kondisi dan juga gejala untuk memastikan jenis penyakit yang di alami untuk menentukan obat yang tepat sesuai gejala dan penyakit. Setelah itu baru akan diberikan obat baik berupa kapsul atau injeksi tergantung dari pasien atau ketentuan dokter. Namun sayangnya cara ini tergolong mahal dalam biaya pengobatannya.

Sedangkan cara kedua adalah dengan melakukan pemesanan paket obat khusus penyakit sipilis. Perlu di perhatikan, jika ingin melakukan pemesanan untuk memilih agen obat yang resmi untuk menghindari maraknya penipuan via online.

5. Kesimpulan

menjaga pola hidup sehat

menjaga pola hidup sehat via http://www.canfar.ca

Tetap menjaga pola gaya hidup sehat akan membuat setiap orang terhindar dari berbagai penyakit. Setidaknya mampu mengurangi potensi penyakit yaitu penyakit infeksi menular seksual sipilis. Tetap mengisi waktu luang dengan kegiatan positif seperti rajin berolahraga serta konsumsi makanan yang bergizi.

Salam sehat!