Ketika kita mencintai seseorang, maka perjuangan untuk mendapatkan dirinya adalah sebuah hal yang perlu dikorbankan. Banyak hal yang diluar logika dilakukan demi ingin mendapatkan dirinya dan bersanding diatas akad nikah. Perjuangan itu dilakukan karena adanya tekad, komitmen yang luar biasa. Itu disebabkan karena kita telah memilih.

Tahukah kita, atau pernahkah kita merenungkan bahwa sejatinya cinta itu memilih. Berarti kalau cinta itu memilih menunjukan bahwa cinta itu tidak buta. Kita harus mengetahui tahapan dalam memilih seseorang yang telah kita pilih dalam sebuah dekapan cinta. 

1. Mengenal

Percakapan Perkenalan dalam Bahasa Inggris via http://bahasa-inggris-ku.blogspot.co.id

Perjalanan kehidupan hal yang pertama kali kita dekati adalah mengenal. Begitu juga dengan cinta, dalam hal ini konteks mengenal dimaksudkan kepada calon pilihan. Mengenal calon pilihan adalah hal yang paling mendasar. Adapun karakteristiknya yaitu kita mengenal namanya, kemudian fisiknya. Pada tahap ini tidak ada satu hal yang menarik darinya.

2. Intim

Selena Gomez dan Justin Bieber Berduaan. Benarkah? via http://dewabeyla.blogspot.co.id

Disini sudah mulai menunjukan adanya rasa ketertarikan diri sendiri padanya. Intim diartikan sebagai mendalami kehidupan orang yang telah kita kenal. Melalui keintiman maka akan seringnya kita mencari informasi seseorang secara mendalam. Kita sering mencari tahu tentangnya melalui teman dekatnya, bagaimana kehidupan sehari-harinya sampai dengan apakah dia sudah ada calon pasangan. Tidak hanya itu kita juga mulai mendekatinya secara langsung bahkan mendekati ke keluarganya.

3. Cocok atau Tidak Cocok

Advertisement

Kalau Sudah Tidak Cocok Dengan Pacar, Kenapa Masih Bertahan? via http://vemale.com

Gejolak hati dan pikiran terjadi disini. Tandanya adalah adanya rasa nyaman atau tidak nyaman, nyambung atau tidak nyambung. Akibatnya kita sering memutuskan untuk melanjutkan atau tidak hubungan tersebut. Ini adalah hal penting dalam suatu perjalanan cinta sebelum kita mengadakan komitmen dengan calon pasangan. Pada tahap ini sangat terlihat jelas bahwa cinta itu benar-benar memilih. Kalau adanya rasa nyaman, dan rasa cocok barulah seseorang akan melanjutkannya dalam kehidupan asmara dan membangun cintanya.

4. Komitmen

Foto Cincin Tunangan via http://perhiasanku.web.id

Kebanyakan komitmen dibangun dengan adanya saling percaya. Tidak dipungkiri juga banyak diantara kita yang membangun komitmen dengan pertunangan. Ini menunjukkan bahwa adanya komitmen dan adanya ikatan cinta. Ikatan cinta merupakan bentuk keseriusan akan adanya puncak dan akhir menentukan kehidupan di masa depan untuk bersama dalam ikatan yang sempurna.

5. Menikah

Pernikahan via http://catatankecil.com

Menikah adalah komitmen cinta. Disini akan adanya siap menanggung beban apapun masalah dan akan benar-benar terjadinya pengorbanan. Tanggung jawab cinta seseorang akan hanya dapat dilihat dalam pernikahannya. Puncak cinta seseorang akan menemani kehidupannya dalam keadaan apapun.