Bicara soal musik rock di tahun 2000-an pasti udah lumayan asing di telinga. Ditambah dengan musik Electronic Dance Music (EDM) yang saban hari terus membombardir gendang telinga kita saat ini. Kalaupun musik rock pasti ingetnya langsung band-band jadul yang sekarang udah pada jadi eyang. Semisal Godbless, AKA, The Rollie, dll. Eits, siapa bilang di zaman modern ini udah ga ada band rock. Masih ada. 

KELOMPOK PENERBANG ROKET

1. Terinspirasi dari band-band rock Indonesia jaman dulu

Pertama kali dilihat-lihat band ini punya musik khas Led Zepellin, Deep Purple, dsb. Tapi, ternyata engga. Mereka ngambil roots langsung dari band-band Indonesia jaman dulu. Kaya Duo Kribo, AKA, Panbers, dll. Ini yang bikin keren, masih melestarikan dan bangga buat ngambil inspirasi dari musik-musik bumi pertiwi terdahulu.

2. Distorsi yang padat dan lirik yang dalam

Aku siapa ada di mana dan mengapa via http://salmonelles.blogspot.co.id

Yang udah jenuh dan muak ngeliat musik-musik mainstream, coba dijajal band yang satu ini. Distorsi emang ga pernah lepas dari band rock, terutama KPR (Kredit Perumahan Rakyat), efek fuzz yang bikin suara gitar bising ga keruan tapi tetep asoy, tabuhan drum yang bikin gendang telinga jingkrak-jingkrakan, plus suara Coky yang dibumbui dengan permainan bass yang ga monoton dijamin ketagihan kaya makan micin. Liriknya pun ga kalah dalam sama band-band melayu mendayu-dayu :

Advertisement

Di tanah ini ku berdiri

Kuberdiri, berdiri tinggi

Tak tau apa yang kuraih

Dan semua terasa mati

Itu dia sedikit cuplikan dari lagu Tanda Tanya.

3. Live performance yang gokil

Sensasi gokil inilah yang banyak dicari para penikmat gigs musik rock. Dari awal sampe habis ga pernah penontonnya dibikin napas buat istirahat. Jangan heran kalo di gigs-nya KPR orang-orang pada lompat-lompatan, headbang, moshing juga kerap terjadi. Emang kalo udah denger musiknya KPR tapi cuman diam-diam manggut-manggut ga kerasa sensasinya. Makanya menggila udah jadi konsumsi publik buat nikamatin lagu-lagunya KPR.

4. Lagu-lagu Band Panbers yang didaur ulang

All hail Panbers via http://beehy.pe

Gereja Tua. Siapa yang ga tau Panbers dan lagu-lagu tentang cinta, asmara, dan patah hati yang khas. Tunggu. Kalian tau engga kalo Panbers dulunya ternyata band rock yang patut diperhitungkan. Nah, KPR ngebuktiin di album mereka yang kedua "HAAI". Di situ kita bisa dengerin lewat covernya KPR kalau Panbers punya musik yang garang dan beda banget sama Panbers yang selama ini kita kenal.

5. Garap videoklip yang menggabungkan tiga lagu jadi satu

Jangan bingung dengan "tiga jadi satu". Itu bener-bener dibuat sama KPR. Berkolaborasi dengan Anton Ismael, membuat video klip mereka punya gaya tersendiri yang brutal nan aesthetic. Dari mulai Tanda Tanya, Beringin Tua, dan Target Operasi. Semuanya dipaket jadi satu kesatuan, dan nonton video klip itu berasa nonton film pendek. Dan itu keren abis.