Selamat datang di dunia yang sesungguhnya. Dunia kerja. Kalimat tersebut pasti sering terdengar ketika kalian mulai memasuki dunia kerja. Baru juga lulus kuliah, kuping kita sudah sering mendengar kejamnya dunia kerja. Well, begitulah kenyatannya. Suka nggak suka, mau tidak mau, ya memang dunia kerja adalah dunia yang sesungguhnya. Kamu akan bertemu dengan berbagai jenis karakter manusia. Ada yang menyenangkan dan ada yang menyebalkan. Bisa jadi bukan cuma bos kamu yang menyebalkan, tapi temen kerjamu juga.

Waduh, kalau kaya gini, pasti kamu berharap bisa mendapatkan kantor yang bosnya baik terus temen kerjanya juga ramah-ramah. Dan pastinya gajinya sesuai harapan. Hehe...

Nah, salah satu pendukung kita itu rajin kerja dan ke kantor adalah lingkungan. Kalau lingkungan kerjanya bersahabat pasti kita jadi nyaman, tapi kalau rata-rata temen kantor ga bisa diajak kerja sama dan suka sirik sama apapun yang kita kerjain, percaya deh pasti pinginnya buat surat resign melulu. Simak deh, beberapa tipe-tipe temen kantor berikut ini. Hayo kira-kira temen kantormu ada ga yang tipenya kaya di bawah ini.

 

1. Si tukang cari muka

Harus sering cari perhatian bos ni, biar gaji bisa naik

Harus sering cari perhatian bos ni, biar gaji bisa naik via http://bisnis.liputan6.com

Hmm... menurut pengalaman sih, tipe ini tuh selalu ada di setiap kantor. Si tukang cari muka ini akan selalu berada di barisan depan setiap atasan kita menyuruh mengerjakan sesuatu. Terus dia juga selalu mengiyakan perintah atasan tanpa melihat dulu seberapa berat kerjaan tersebut dan apakah mampu dikerjakan atau tidak. Intinya, si tukang cari muka ini ingin selalu dilihat oleh atasan dan kepingin banget jadi anak emas. Dan biasanya dia selalu 'sok' vokal dalam setiap meeting padahal sih isi omongannya ga berbobot sama sekali. Biar caper aja gitu.

Di kantormu ada nggak temen macem kaya gini?

2. Si copycat

Ini siapa yang ngikutin siapa ya?

Ini siapa yang ngikutin siapa ya? via http://stylecaster.com

Wah kalau tipe yang satu ini sebenernya baik cuma ngeselin karena dia akan meniru semua gaya kamu dari atas sampe bawah. Copycat ini bisa dibilang 'fans terselubung'. Soalnya dia akan melihat dan mengamati gaya berpakaian kamu atau temen kantor yang lain, kemudian beberapa hari kemudian dia bisa memakai barang yang sama dan meniru gaya berpakaian kamu. Mulai dari baju, celana, sepatu, tas sampai parfum. Wow banget sih kalau punya temen kaya gini. Mending brand-nya aja yang sama, ini sampai model dan warna 100% mirip!

Harus ekstra sabar. Soalnya perbuatan dia ga melanggar aturan perusahaan tapi pasti akan bikin kita kesel banget.

Buat ngadepin temen kantor yang kaya gini enaknya sih ditegur aja secara halus. Kalau sekali dua kali ga mempan, dan masih setia jadi 'follower', boleh sih disindir pelan-pelan kaya gini.

"Woy, emang lo ga malu beli barang samaan mulu kaya gw" atau

"Jadi orang jangan copycat dong. Be yourself, kek!"

3. Si muka dua

Tuh, mukanya sampa bisa dilepas gara-gara ada dua

Tuh, mukanya sampa bisa dilepas gara-gara ada dua via http://www.ukhtiindonesia.com

Selain si tukang cari muka, ada lagi tipe muka dua. Kalau punya temen kantor model kaya gini, sebaiknya hati-hati deh. Soalnya, dia bisa jadi orang yang baik banget dan muji-muji atasan padahal dia sebenernya benci banget. Tipe orang seperti ini nggak jarang juga suka ngomongin kejelekan atasan atau teman kerja lainnya sama orang-orang di sekitarnya. Makanya sering disebut muka dua (kalau gitu kasi aja satu ke si tukang cari muka ya hehe.. jadi impas).

Si muka dua ini memang berbahaya. Dia bisa saja suatu saat jadi temen kamu dan di waktu lain jadi musuh dan nusuk kamu dari belakang. Pokonya kalau sudah ketemu tipe kaya gini mending dihindarin deh dan nggak usah terlalu akrab. Jangan juga cerita hal-hal yang sifatnya privasi ke dia apalagi kalau kamu sebel sama atasan. Mending keep sendiri aja. Kalau sampe cerita ke dia, wah alamat bisa sampai dengan selamat ke kuping atasanmu.

4. Si penolong

Siap membantu teman kantor yang kesusahan

Siap membantu teman kantor yang kesusahan via http://www.today.com

Wah, tipe seperti ini sering jadi idaman kalau kita memasuki suatu kantor atau perusahaan. Sebagai anak baru tentu kita akan membutuhkan pertolongan baik dalam soal pekerjaan maupun membuat pertemanan. Si penolong ini akan dengan sigap mengenalkan kamu ke rekan kerja lainnya dan dia juga nggak segan-segan menawarkan bantuan untuk memberi tahu job desk kamu. Dia juga selalu sigap membantu setiap kali kamu bertanya atau menemui kesulitan. Tapi kayaknya zaman sekarang tipe ini kaya one in million deh di kantor. Paling ga tiap kantor tuh ada 1 atau 2 orang doang.

Karena minimnya tipe penolong di kantor, harusnya kamu bisa dong jadi salah satu dari mereka Hehe..Itung-itung menebar kebaikan dan membantu orang lain kan. Toh, nggak ada ruginya kok 😀

5. Si Tukang Utang

Tukang utang akan selalu nyariin kamu sampai dia dapet pinjaman

Tukang utang akan selalu nyariin kamu sampai dia dapet pinjaman via http://www.deseretnews.com

Haduh, kalau sampai nemu temen tipe kaya gini di kantor rasanya mau ngejauh aja. Gimana nggak kesel kalau dia hobinya ngutang tapi selalu lupa ngembaliin. Eh, pas ditagih alesannya banyak banget. Belum lagi kalau kita lagi butuh uang banget ni, trus pas ditagih utangnya eh malah galakkan dia. Kesel ga sih?
Dan tipe kaya gini rata-rata hampir ada di setiap kantor. Lebih baik sih kamu nggak usah minjemin uang ke tipe orang kaya gini kalau tergolong individu yang nggak berani nagihin utang. Tiap dia minjem uang ke kamu bilang aja..

"Aduh, lagi nggak bawa uang cash"

"Yah, uangnya mau aku pake buat ongkos pulang"

Pokoknya cari aja 1000 alasan yang membuat kamu terbebas dari pertanyaan dia untuk minjem uang.

 

Nah, dari ke 5 tipe tadi, kamu termasuk yang mana? Coba deh tanya temen kantor kamu. Kalau bisa jadi si tipe no.4 aja ya! 🙂