Bahagia itu bukan hal yang mudah untuk dilakukan karena dibutuhkan proses untuk itu. Menjadi bahagia secara terus menerus ternyata bukanlah hal yang mudah karena terkadang kamu juga menemukan hambatan dan kesedihan dalam hidup. Namun ternyata kebahagiaan bagus untuk kesehatan jiwa dan ragamu. Buatmu yang ingin bahagia dalam hidup, simak beberapa langkah di bawah ini!

1. Temukan Sisi Positif dari Setiap Pengalamanmu

the world’s friendlist people via https://www.passpordandpixel.com

Biasakan untuk aktif mencari hal positif dari pengalaman yang kamu miliki. Ini tidak hanya baik untuk kebahagiaan kamu secara keseluruhan, loh. Hal ini juga baik untuk kesehatan fisik dan ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu!

Terima pengalaman yang dirasa kurang menyenangkan dan masalah sebagai kesempatan belajar untuk lebih mengembangkan dirimu.  Penting untuk kamu renungkan bahwa kegagalan yang pernah kamu hadapi sebagai pembelajaran untuk hasil yang lebih baik di masa yang akan datang.

2. Terkadang Kamu Cenderung Mengingat Kenangan Negatif. Nah, Loh? Segera Ubah Pemikiranmu

cari suasana yang mendukung sebagai cara meditasi via http://www.papasemar.com

Biasakan melatih diri untuk menjadi lebih bahagia dengan berpikir positif dan mencari tujuan hidup. Fokus pada pengalamanmu saat ini dan terima keadaan dirimu tanpa menghakimi diri sendiri maupun orang lain. Hal ini dapat membantumu untuk menemukan makna kebahagiaan dan penuh kasih kepada diri sendiri maupun kepada orang lain. 

Advertisement

Lakukan meditasi seperti berdoa, yoga, maupun refleksi spiritual yang dapat membantu untuk meningkatkan sisi empati dan memahami orang lain. Dengan mengembangkan sisi empati pada dirimu maka kamu dapat dengan mudah menolong orang lain dan hal ini tentunya juga dapat meningkatkan kebahagiaanmu. Tentu saja kamu akan menemukan sisi positifmu dari sini.

3. Perbanyaklah Bersyukur karena Bersyukur Dapat Meredakan Kecemasan dan Depresi

menulis diary miliki manfaat kesehatan via https://digest.bps.org.uk

Bersyukur dapat meredakan kecemasan dan depresi? Yaps, selain itu bersyukur dapat membuatmu lebih positif, memperkuat hubunganmu dengan orang lain, dan mendorong kasih sayang. 

Kumpulkan semua hal yang menyenangkan mulai dari hal terkecil sekalipun. Kamu bisa menulisnay dalam jurnal ataupun diary. Misalnya hari ini saat bersama teman, mereka mengatakan hal yang lucu sehingga membuatmu tertawa dan berbagai hal yang membuatmu tersenyum meskipun hal itu adalah simpel. Selain itu, dengan membantu orang lain dan mengucapkan kata terima kasih kepada orang lain membuat mereka merasa dihargai, tentunya kamu akan semakin bersyukur akan hal itu.

Luangkan waktu untuk diri sendiri dan berpikir mengenai berbagai pengalaman membuatmu berpikir "Ini adalah momen yang indah dan aku ingin mengingat bagaimana aku merasa bersyukur untuk itu". Hal ini dapat membantumu untuk mengingat kenangan yang kamu miliki ketika kamu berada dalam titik terendah dalam hidupmu. 

4. Temukan Nilai dari dalam Dirimu Membuatmu Yakin dalam Mengambil Keputusan

hosts intimate backyard baby dedication event for their daughter. via http://www.ajdunlap.com

Nilai-nilai dari dalam dirimu akan menentukan bagaimana kamu berpikir mengenai dirimu maupun kehidupan sekitarmu. Hal ini akan membantumu dalam mengambil keputusan. Misalnya dedikasi untuk keluarga, komitmen yang ingin kamu lakukan agar kamu bisa berhasil mencapai apa yang kamu harapkan. Cobalah mengambil sedikit waktu dan merenungkan apa yang paling penting dan bermakna dalam hidupmu. 

5. Membayangkan Diri Kamu yang Terbaik Mampu Meningkatkan Kebahagiaan dan Kesejahteraan Dirimu

bringing your best possible self to work via http://www.dnaindia.com

Mulailah dengan membayangkan dirimu di masa depan ketika kamu ingin menjadi sosok yang kamu idam-idamkan. Memilih beberapa tujuan dan bayangkan bahwa dirimu telah mencapainya. Misalnya, apa yang kamu impikan? Keberhasilan seperti apa yang terlihat ketika kamu mencapainya? Apa yang kamu lakukan? Bagaimana perasaanmu saat itu? Tuliskan beberapa skenario dan bayangkan karakteristik seperti apa yang kamu perlukan. Misal kamu ingin menjadi sosok berprestasi di sekolah atau kampus tentunya kamu perlu tekun, sabar, serta kerja keras untuk mencapainya

Pertimbangkan keterampilan yang kamu miliki. Kamu mungkin akan menemukan bahwa dirimu akan mengetahui apa yang harus kamu lakukan. Ketika kamu ingin keterampilanmu perlu dikembangkan lebih lanjut maka pikirkan cara untuk mengembangkannya.
 

6. Menampilkan Diri dengan Penuh Kasih Sayang

have some self-campassion via http://www.eccurent.fit.edu

Menghukum diri atau menyerah pada pikiran negatif dapat membuatmu merasa lemah dan tidak bahagia. Berbagai pikiran maupun perasaan bersalah tidak akan mampu mengubah perbaikan negatif. Mulailah hari ini dengan kalimat positif seperti "Saya menerima diri saya apa adanya" atau "Saya orang yang layak mendapat cinta dan hormat" maupun "Saya orang yang berharga di tengah teman-teman saya"

7. Menyembuhkan Trauma Masa Lalu dengan Cara Konsultasi

mental health counseling via http://www.cephalicvein.com

Jika kamu secara konsisten menemukan dirimu selalu dalam keadaan sedih atau marah, kamu mungkin mengalami masalah yang kurang menyenangkan di masa lalu dan kamu terus mengingatnya hari ini. Jika kamu ingin mencari konseling untuk permasalahanmu kamu dapat berkonsultasi pada pihak profesional dalam hal ini psikolog maupun orang yang memiliki pengalaman dalam bidang konseling. Psikolog maupun konselor dapat membantumu melalui trauma masa lalu dan kenangan yang menyakitkan dengan cara yang sehat dan aman. Tidak ada yang salah dalam mencari bantuan, sekarang ini terdapat beberapa situs maupun aplikasi yang melayani sesi konsultasi, kamu bisa curhat dan jika kamu malu tidak perlu khawatir karena mereka sudah terikat dengan kode etik dan kerahasiaan akan terjaga. Melalui trauma masa lalu dengan psikolog atau konselor mungkin sulit tetapi akan membantu meningkatkan kualitas hidupmu dalam jangka panjang.