Karyawan merupakan aset penting dari sebuah perusahaan. Perusahaan akan tetap terus berjalan jika karyawan-karyawan dapat bekerja dengan baik dan memiliki integritas yang tinggi terhadap perusahaannya. Untuk dapat membuat para karyawan betah untuk bekerja di sebuah perusahaan juga penting untuk dilakukan bagi kamu para CEO dari perusahaan. Terutama untuk para startup yang banyak merekrut anggota tim dari kalangan millennial. Dimana millenial terkenal dengan sebutan kutu loncat yaitu suka untuk berpindah-pindah pekerjaan. Lingkungan dapat menjadi salah satu faktor mereka resign dari sebuah perusahaan. Oleh karena itu berikut lima cara yang dapat dicoba untuk membuat para anggota tim betah di kantor. 

 

1. Membangun tempat kerja yang menginspirasi

Buat tempat kerja menjadi menyenangkan. Buat suasana menjadi tempat yang kondusif. Tidak kaku, terkesan nyaman dan enak untuk bekerja. Dengan ruang besar dan terbuka. Sedikit diisi dengan rimbunan daun agar suasana menjadi santai. Isi dengan hiasan-hiasan motivasi. Atau sesuai dengan keinginan. 

2. Menerapkan kesan serius tapi santai di dalam lingkungan kerja

Chat with friends

Chat with friends via http://konsultanti.org

Terkadang para karyawan melakukan senda gurau bukan karena mereka memang tipe orang yang suka bercanda dan menghabiskan waktu serta tidak bekerja. Justru itu merupakan salah satu kegiatan mereka dikala mereka sedang stress atau sedang suntuk dengan pekerjaan mereka. Coba terapkan kesan yang serius namun santai di lingkungan kerja anda. Ini dapat membantu para karyawan untuk tidak mudah stress dan bosan saat bekerja. Bisa jadi, dari obrolan-obrolan ringan para karyawan akan muncul ide-ide cemerlang untuk perusahaan kedepannya.

3. Berikan otonomi dan tanggung jawab yang luar biasa

work by yourself

work by yourself via https://ktar.com

Di sebuah perusahaan kecil dengan visi yang besar, bahkan karyawan yang paling junior menanggung banyak tanggung jawab. Beri orang tanggung jawab untuk suatu harapan yang besar ditambah memberi mereka otonomi untuk membuat keputusan sendiri (dengan bimbingan seminimal mungkin). Hal ini menciptakan suasana yang sangat mendukung kreativitas. Jika karyawan sudah merasa tertarik, tentu dirinya akan lebih semangat dalam bekerja untuk menghasilkan suatu produk berkualitas.

4. Berkomunikasi dengan jelas, konsisten dan sering

Komunikasi merupakan bagian yang penting dari sebuah hubungan. Di dalam keluarga jika jarang terjadi komunikasi maka akan menimbulkan salah paham. Begitu pula di tempat kerja. Dengan adanya komunikasi akan menjadi jelas mengenai apa yang diharapkan dari mereka dan para karyawan dapat menerima umpan balik dengan apa yang telah mereka kerjakan. Apakah telah sesuai atau ada yang harus diperbaiki atau mungkin adanya tambahan. Cara yang mudah untuk tidak lupa melakukan hal tersebut yaitu dengan menempatkan jadwal komunikasi, melalui diadakannya rapat progress setiap awal bulan atau setiap 1 jam dalam setiap minggunya, sesuai dengan kebutuhan dan kefektifan kerja.

5. Berikan penghargaan jika memang diperlukan

Employee award

Employee award via https://fthmb.tqn.com

Mengingat jam kerja yang dihabiskan oleh karyawan di tempat kerja, seringkali lebih dari apa yang mereka dapatkan dengan keluarga. Sehingga sangat penting untuk memberitahu mereka ketika mereka sudah unggul pada sebuah proyek atau melampaui target. Dengan begitu membuat para karyawan merasa dihargai, dan termotivasi untuk dapat melanjutkan pekerjaan yang lebih baik.

Karena merekrut orang baru lagi merupakan hal yang ribet. Perlu untuk mengajarinya, dan membutuhkan waktu dan tenaga.  So, jika masih bisa mempertahankan anggota tim lama, dan membuat mereka betah dan dapat meningkatkan kinerja mereka, kenapa harus merekrut orang baru lagi ?. Hal ini dikecualikan untuk perusahaan-perusahaan yang memang kewalahan untuk menangani banyaknya projekan yang dikerjakan dan memang membutuhkan orang baru, so, it doesn’t matter.

Dan jika perusahaanmu memiliki kabar isu yang baik terutama dengan lingkungan kerjanya, maka para pencari pekerjaan tentu akan banyak yang ingin dapat bekerja di perusahaanmu. dan tentunya kamu dapat memilih orang-orang berkompeten dibidangnya. Dan dengan lingkungan kerja yang menyenangkan, ga perlu takut lagi untuk kehilangan anggota-anggota tim terbaikmu, hanya dengan karna alasan lingkungan kerja yang gak nyaman. Try it and happy reading.