April mendatang, Ujian Nasional (UN) akan diselenggarakan. Meskipun tidak semenarik sebelumnya, UN tetaplah mendebarkan. Tetapi, ada yang lebih penting dibandingkan UN yang tak lebih enak dari remahan rempeyek itu, yakni proses memilih perkuliahan.

Kamu boleh cerdas dan mendapat NUM yang bagus. Prestasi saat sekolah yang mampu membuat guru-guru respect padamu. Namun, semuanya tak berguna jika kamu salah memilih jurusan dan tempat kuliah.

Agar tak tersesat dan menyesal di jalan, simak tips ini!

 

1. Sebelum memutuskan, kamu wajib mencari tahu minat dan bakat yang kamu miliki

Perkuliahan bukan seperti saat kamu sekolah. Jika saat sekolah, ada guru yang membimbing sejak nol sampai  memahami sesuatu, maka di perkuliahan tidak seenak itu. Dosen tidak akan mengajari dari nol. Kamu akan "dipaksa" untuk mencari tahu sendiri sembari dosen mengawalmu. Untuk itulah mengapa kamu hanya akan membuat kamu berjalan lebih kambat dibanding yang lainnya.

Ya kalau kalian menyukai mesin sampai pada tingkatan paling atas (mengajak karbulator tidur bareng misalnya), maka jurusan Teknik Mesin yang cocok denganmu.

Atau kalau kalian sering bermain bola menggunakan globe, maka geografi adalah jurusan yang akan membawamu sukses di masa depan.

Tentukan lebih dahulu minat dan bakatmu dimana!