Tahun 2016 sebentar lagi berakhir. Menjelang tutup buku, coba luangkan waktu sejenak untuk melihat apa yang terjadi selama tahun 2016 ini. Secara pribadi, gue tahu banyak hal positif yang terjadi, meskipun ada juga beberapa hal negatif yang mewarnai hari-hari di tahun 2016. Walaupun hal-hal buruk terkadang datang tanpa diundang, hidup akan tetap terasa baik ketika kita sendiri bisa membuat hidup terasa baik. Bahkan, hidup akan terasa lebih baik dengan beberapa perubahan kecil yang bisa dimulai dari diri sendiri.

Nggak usah mikirin perubahan skala internasional dulu deh! Sebagai contoh, dengan mengubah kebiasaan belanja, kamu bisa membuat perubahan yang signifikan (meskipun rasanya berat). Setelah kita membuat perbaikan pada diri sendiri, kita bisa perlahan-lahan mengajak orang lain untuk berubah juga. Ya, meskipun nggak semua orang bisa berubah cepat (atau mau mengubah diri), nggak ada salahnya kok merangkul orang untuk sama-sama menjadi sosok yang lebih baik. 

Di sini, gue mau berbagi tips terkait perubahan kecil yang bisa kita mulai dari diri sendiri. Walaupun terkesan sederhana, tetapi gue yakin dengan konsistensi dan keyakinan untuk menjadi sosok yang lebih baik, hal-hal kecil ini bisa bikin perubahan yang signifikan di hidup kalian, at least untuk diri sendiri (anyway, ini juga berlaku buat gue yang sambil mencoba memperbaiki diri). 

1. Dapat Untung dengan Menabung

Siapa yang nggak suka duit banyak? via http://www.geraldpng.com

Secara pribadi, ini adalah langkah yang sulit buat gue. Temptation buat membelanjakan gaji kerja itu besar banget. Rasanya, setiap dapat gaji, THR, atau angbao, duit yang didapat pengen langsung dibelanjakan, dipakai buat makan-makan, dan sebagainya. Padahal, dengan menyisihkan sebagian (atau seluruh) uang yang didapat untuk ditabungkan, kita bisa mempersiapkan diri untuk hal-hal yang lebih besar lagi. Maksudnya, kalau kita menabung, terlepas dari berapa banyak uang yang ditabungkan, pada akhirnya uang tersebut akan terakumulasi sehingga jumlahnya menjadi besar.

Nah, uang itu bisa digunakan untuk, misalnya, beli sesuatu yang sangat kita perlukan atau bahkan bayar biaya sekolah atau kuliah (itung-itung bantu orang tua). Uang tersebut juga bisa digunakan sebagai dana darurat, jika sewaktu-waktu ada kejadian yang mengharuskan kamu buat mengeluarkan dana besar. Starting small is better than not starting at all. Nabung di bank, di celengan ayam, atau di kaleng bekas permen pun nggak masalah; yang penting, kita mau mulai nabung.

2. Tebalkan Dompet dengan Berhemat

Jangan sepelekan kekuatan diskon! via http://www.funnyjunk.com

Advertisement

Kalau kalian belanja ke minimarket dan melihat ada diskon atau promo untuk barang-barang tertentu, jangan sepelekan diskon atau promo tersebut! Katakanlah kalian mau beli mi goreng, lalu di minimarket sedang ada diskon harga, dari dua ribu rupiah per bungkus menjadi seribu lima ratus rupiah. Nah, dari diskon itu, kamu bisa berhemat sebesar lima ratus rupiah dan uangnya bisa kamu tabungkan. Mungkin terkesan nggak signifikan, tetapi kalau kamu membeli mi goreng dalam jumlah yang besar (atau kamu sering belanja), diskon seperti itu bisa bikin perubahan yang cukup signifikan buat kondisi finansial kamu.

Selain diskon, promo-promo juga bisa membantu kamu berhemat. Biasanya, promo semacam beli dua dapat satu bisa kamu manfaatkan tuh, terutama untuk produk-produk yang berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari. Dengan begini, kamu nggak perlu sering berbelanja jadi uangnya bisa dialokasikan untuk hal-hal lain (menabung, misalnya).

Oh ya, berhemat juga nggak berlaku pada belanja aja loh! Kamu juga bisa berhemat dengan memilih tempat makan atau menggunakan moda transportasi yang lebih murah. Dari hal-hal sederhana seperti ini, kamu bisa membuat perubahan signifikan untuk kondisi finansialmu.

3. Jadilah Freelancer atau Part-timer untuk Dapat Uang Tambahan

Kerja part-time atau freelance bisa jadi ladang uang jajan tambahan loh! via https://animeblurayuk.files.wordpress.com

Kalau kamu merasa punya banyak waktu luang dan punya keahlian di bidang tertentu, cobalah ambil kerja paruh waktu atau jadi freelancer. Selain bisa nambah-nambah uang jajan, kamu juga bakalan dapat pengalaman kerja yang, tentunya, bakalan jadi hal yang berharga. Di tempat atau lingkungan kerja, kamu juga akan ketemu dengan orang-orang baru dan belajar dari mereka. Intinya, bakalan ada banyak hal yang bisa kamu pelajari dari kerja paruh waktu atau kerjaan lepas.

Ada beragam bidang yang bisa kamu coba, dari mulai menulis sampai kerja di bidang layanan, seperti jadi pegawai restoran. Kalau memungkinkan, cari kerja paruh waktu atau kerja lepas yang bisa dilakukan di akhir pekan atau hari libur. Meskipun mungkin susah, biasanya ada sih beberapa perusahaan (terutama mungkin yang bergerak di bidang jasa atau layanan, seperti restoran) yang membuka lowongan kerja paruh waktu untuk pelajar di akhir pekan.

4. Ambil Peluang Bisnis yang Ada

Dari mulai online shop sampai garage sale, banyak peluang bisnis yang bisa kamu ambil! via http://animehour.orgfree.com

Pesatnya perkembangan teknologi memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk berbisnis, meskipun imbasnya persaingan bisnis jadi semakin ketat. Tapi, kamu nggak perlu khawatir atau takut. Yang terpenting, ketika kamu melihat ada peluang bisnis, coba ambil. Kamu bisa ajak teman-temanmu untuk jalankan bisnis, dari mulai online shop sampai buka stan di acara-acara tertentu. Gue yakin ada banyak inspirasi bisnis di sekitar kita yang bisa kalian ambil. Jangan takut buat berbisnis dari usia muda!

Kalau kalian suka bikin karya, misalnya lukisan atau lagu, coba deh jual karya kalian. Post foto karya atau upload lagu kalian ke media sosial atau iTunes, dan jual karya kalian. Mungkin kalian punya keahlian tertentu, seperti menerjemahkan atau mengajar? Ambil kesempatan untuk jadi penerjemah atau tim pengajar. Atau, kalau kalian bingung dengan ide bisnis, coba deh lihat di sekitar kamar kalian. Kalau ada barang-barang yang nggak dipake, coba dijual aja lewat forum atau situs jual beli, atau gelar acara garage sale. Selain bisa mengosongkan lemari dan bikin kamar lebih rapi, kamu juga bisa dapat uang tambahan. Asyik, 'kan?

5. Rapikan Kamar Tidur

Lingkungan yang lebih rapi bikin mood kamu lebih baik! via http://www.majorcineplex.com

Produktivitas kamu terhambat ketika kamu pulang dan masuk ke kamar? Mungkin karena kondisi kamar kamu berantakan. Nah, sekarang waktunya kamu rapikan kamar. Coba tempatkan lagi buku-buku di lemari, atau tumpuk dengan rapi di atas meja belajar kalau memang akan dipakai lagi. Masukkan alat-alat tulis ke tempatnya. Rapikan tempat tidur. Sapu dan pel lantai kamar. Lap juga kaca jendela kamar kamu. Buang sampah-sampah atau barang-barang yang sudah nggak terpakai. Lipat dan masukkan pakaian ke lemari, atau gantung di gantungan pakaian. Intinya, buatlah suasana kamar kamu senyaman mungkin supaya kamu bisa kerja lebih nyaman.

Pastikan ketika kamu bangun tidur di pagi hari, kamu merasa nyaman melihat kondisi kamar. Sebagai tips tambahan, coba deh simpan pengharum ruangan di kamar. Pilih aroma yang nggak terlalu menyengat, tetapi menenangkan. Selain itu, atur pencahayaan supaya ketika kamu belajar atau kerja, cahayanya nggak terlalu redup, tetapi juga nggak sampai menyilaukan. Jadikan kamar kamu sebagai istana kamu di rumah.

6. Lebih Jeli dengan Berita-berita yang Beredar

Jangan sampai kemakan hoax! via http://www.ezding.com.tw

Nggak bisa dipungkiri lagi bahwa perkembangan teknologi dan media sosial memudahkan setiap orang untuk berbagi berita. Sayangnya, perkembangan ini dimanfaatkan sebagian orang untuk "bikin keributan" dengan memanipulasi berita dan menyebarkannya melalui media sosial. Nah! Sekarang lah waktunya bagi kalian buat lebih jeli dalam membaca dan menerima berita-berita yang ada.

Be smarter! Kalian punya internet sebagai referensi. Carilah referensi lain tentang berita yang menurut kalian kontroversial atau "panas". Jangan langsung percaya dengan isu-isu yang ada sampai kalian bisa memastikan bahwa isu tersebut memang benar. Tanya pakarnya, atau tanya pihak yang bersangkutan (jika memungkinkan) tentang berita-berita yang menyangkut tentang topik atau pihak tersebut.

Tahan diri untuk nggak langsung tekan tombol "Share" di Facebook. Tahan diri juga untuk nggak langsung berkomentar sebelum benar-benar memahami isu yang ada.

7. Puasa Media Sosial

Sesekali nikmati apa yang ada tanpa cek media sosial. via http://aminoapps.com

Media sosial bisa ngasih "tekanan" tersendiri buat kita. Entah itu pesan bertubi-tubi dan kompulsif dari rekan kerja atau teman sekelas, godaan penawaran ini itu dari surel atau Instagram, dan semacamnya, media sosial bisa ngasih efek samping negatif buat kita. Ditambah lagi, sometimes we focus on what's displayed on our phone, rather than what lies here and now. Padahal, banyak momen-momen dalam hidup yang sayang banget buat dilewatkan. Coba deh sesekali tahan diri untuk nggak buka media sosial, bisa dalam waktu beberapa jam, beberapa hari, atau bahkan beberapa minggu. Gunakan media sosial untuk komunikasi yang memang perlu aja (mis. kalau orang tua kamu pakai WhatsApp untuk menghubungi kamu, aplikasi itu nggak perlu kamu tutup). Coba deh jalan-jalan dan lihat suasana kota, ketemu dengan orang-orang baru, mencicipi street food yang mungkin kamu (secara nggak sadar) sering lewati tapi nggak pernah kamu datangi, atau lakukan hal-hal baru. Try to be present.

8. Olahraga dengan Teratur

Jangan males buat gerakin badan! via https://disqus.com

Kesibukan sehari-hari terkadang bikin kita lupa buat menjaga kebugaran tubuh. Kadang-kadang, di akhir pekan pun kita cenderung males-malesan. Daripada kayak gitu, mendingan berolahraga, guys! Dalam satu minggu, coba luangkan waktu untuk olahraga. Jangan biarin badan kamu kaku-kaku karena jarang digerakkan! Coba deh jogging keliling kompleks atau renang. Kamu juga bisa pergi ke pusat kebugaran buat nge-gym. Kalau kamu seneng menikmati suasana alam, coba luangkan waktu atau buat jadwal buat pergi hiking. Kamu bisa pergi sendiri atau pun bareng teman-teman. Kalau kamu senang olahraga tim, coba deh ikutan futsal atau sepak bola, atau basket. Selain badan kamu lebih sehat, kamu juga bisa ketemu teman-teman.

Sebetulnya gue punya tips tentang olahraga. Kalau kalian suka pergi ke game arcade, kalian bisa coba main rhythm/music-based game kayak Pump It Up! atau Dance Dance Revolution. Kalau mau game yang bikin kalian lebih ngegerakin seluruh tubuh, coba main Danzbase. Karena game kayak gitu berbasis musik dan ritme, kalian bisa "olahraga" sambil dengerin lagu kesukaan dan leveling. Kalian juga bisa main game tersebut bareng teman-teman. Ya, anggap aja deh kalian olahraga bareng temen, tapi di game arcade.

9. Berteman Kembali dengan Alam

Manusia dan alam harus dan akan selalu hidup berdampingan. via https://i.ytimg.com

Mungkin kita jenuh dengan rutinitas dan hingar bingar kota setiap hari. Nah, ketika kita mulai merasa jenuh seperti itu, coba deh "berteman" lagi dengan alam. Di hari libur atau akhir pekan, jangan jalan-jalan ke mal terus. Coba kunjungi tempat-tempat yang lebih alami, seperti hutan raya atau, bahkan, taman kota. Kalau mau, kalian juga bisa pergi ke tempat wisata yang menawarkan keindahan alam. Coba deh rasain lagi sejuknya udara pegunungan atau hangatnya angin laut. Coba ikuti jalan setapak dengan pohon-pohon pinus di sisi kiri dan kanan jalan. Pergi ke pantai dan nikmati suasana laut, dengan deburan ombak yang mungkin nggak kamu dengar setiap hari. Main-mainlah ke danau dan naik perahu buat mengelilingi danau. Ajak teman-teman buat piknik di pinggir sungai sambil menikmati makan siang. Dengan begini, kamu mungkin bisa merasakan hal yang baru dan jadi lebih segar, baik secara fisik maupun mental. Intinya sih, cobalah untuk lebih dekat dengan alam. Jadilah sosok yang bisa menghargai alam dan mensyukurinya.

10. Pererat Lagi Persahabatanmu

Di sela-sela kesibukan. luangkan waktu buat sahabat-sahabatmu via https://myanimelist.net

Nggak bisa dipungkiri bahwa kesibukan terkadang bikin kita "jauh" dari sahabat-sahabat. Padahal, mereka adalah sosok yang penting dalam hidup. Supaya persahabatanmu nggak renggang dengan mereka, pastikan kamu bisa menjaga kontak dengan mereka, baik secara langsung maupun tidak. Sekadar ngobrol ringan dan nanya kabar 'kan bukan hal yang susah. Ketika kita menyapa lagi sahabat-sahabat lama, kita mungkin akan kaget dengan cerita-cerita baru dari mereka. Kamu juga bisa loh meluangkan waktu dan menyamakan jadwal dengan sahabat-sahabatmu untuk ketemu sambil ngopi dan ngobrol. Intinya, jangan sampai kesibukanmu benar-benar mengisolasi kamu dari mereka. Secara pribadi, menurut gue sih kuncinya adalah "saling kasih like di media sosial aja belum cukup". Cobalah lakukan komunikasi nyata dengan sahabat-sahabatmu. Walaupun nggak seintens dulu, setidaknya kasih kabar dan tanya kabar mereka. Tetap jaga persahabatan yang udah kamu jalin dengan sahabat-sahabatmu karena ketika kamu membutuhkan bantuan, kemungkinan sahabat-sahabatmu bakalan jadi orang pertama yang membantu kamu.

11. Kembangkan Lagi Bakatmu

Setiap orang dilahirkan dengan bakatnya masing-masing. Kalau kalian berpikir, "Ah, gue gak bisa apa-apa!", coba deh eksplor lagi bakat kalian (kalau mau, bisa coba ikutan tes pengenalan bakat). Kamu suka main alat musik? Kembangkan kemampuan kamu. Coba ikut kelas musik, seperti kelas gitar atau kelas piano. Kamu suka ngegambar? Asah lagi kemampuan kamu dengan ikut klab menggambar, atau pantengin video-video tutorial menggambar gratis di YouTube. Kamu tertarik dengan bahasa asing? Ikut kelas-kelas bahasa asing. Pokoknya, ketika ada kesempatan, jangan ragu buat kembangkan bakat kamu. Meskipun pada awalnya kamu mungkin ngerasa minder, jangan takut karena mereka yang udah profesional di bidangnya pun pasti start from zero. Ingat! Bakatmu asetmu, jadi jangan disia-siakan, guys!

12. Be Positive!

Sebarkan positivisme ke sekitarmu! via https://anifilereviews.com

Dalam hidup pasti ada masalah, tetapi kalian nggak bisa begitu aja membiarkan masalah yang ada bikin hidup terasa berat. Coba ubah mindset kita dan berpikir secara positif. Meskipun kedengarannya lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, nggak ada yang nggak mungkin kok di dunia ini. Jangan lupa bahwa Tuhan punya rencana yang lebih baik buat kalian. Ketika kalian jatuh, jangan lupa buat bangun karena kalau kalian mau tetap maju dan raih tujuan, kalian harus bangkit. Ketika kalian gagal, jangan takut untuk mencoba lagi. Mulai biasakan diri untuk tersenyum karena dengan tersenyum, lama-lama mood kalian akan membaik. Sebarkan juga semangat positif ke orang-orang di sekitarmu. Tunjukkan sikap yang ramah ke semua orang. Tunjukkan juga optimisme kamu, tentunya tidak secara berlebihan. Bottomline-nya, jadilah sosok yang positif.

Nah, itu hal-hal kecil yang bisa bikin perubahan signifikan dalam hidup kamu. Meskipun kecil, kadang-kadang hal-hal tersebut susah buat dijalani. Tapi jangan khawatir! Kamu harus tetap coba dan jalani, dan jangan putus semangat. Buat perubahan dari diri sendiri, kemudian tunjukkan semangatmu dan ajak orang-orang lain untuk membuat perubahan yang positif. Tetap semangat dan selamat berlibur, guys!