Siapa yang tak mengenal dengan sosok Najwa Shihab? Nana sapaan akrabnya merupakan presenter sekaligus news anchor yang memiliki banyak penggemar. Kepiawaiannya selalu mencecar pertanyaan-pertanyaan tajam nan kritis kepada narasumber membuatnya semakin dikenal luas. Setiap acara di beberapa kota pun selalu sukses menarik perhatian penggemarnya.  Istri dari Ibrahim Sjarie Assegaf kini menjadi Duta Baca Indonesia 2016 - 2020. Yang kegiatannya untuk meningkatkan minat baca di masyarakat, agar tidak minim akan pengetahuan.

Selain itu, ternyata seorang Nana sangat mencintai kain nusantara. Di beberapa kesempatan Nana terlihat sering menggunakan kain khas Indonesia seperti kain tenun contohnya. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Tenun Sutra Makassar

najwa shihab via http://www.instagram.com

Saat memandu acara Mata Najwa, Nana terlihat mengenakan pakaian Tenun Makassar. Kain tenun ini merupakan suatu warisan budaya yang mempunyai kualitas dan keunikan tersendiri. Kain ini terbuat dari benang sutra yang halus lalu dibuat menggunakan alat tradisional. Motif yang ada di Tenun Sutra Makassar merupakan filosofi dari hubungan dekat antar manusia dengan alam sekitar

2. Kain Tenun Baduy

Najwa Shibab via http://www.instagram.com

Untuk Kain Tenun Baduy sendiri memiliki motif sederhana serta tekstur yang kasar. Kain tenun ini di proses oleh kaum perempuan di Suku Baduy. Lamanya proses menenun tergantung dari tingkat kerumitan dan ukuran dari kain tersebut. Nana terlihat lebih anggun dan elegan ya guys.

3. Tenun Jepara

Advertisement

Najwa Shihab via http://www.instagram.com

Kain tenun dengan berbagai ragam motif jepara membuatnya lebih menawan dan menarik. Itulah yang dapat memanjakan mata untuk melihat berbagai perpaduan warna yang ada. Setiap pengerjaan kain tenun ini membutuhkan ketelitian, supaya kain tenun yang dihasilkan berkualitas.

4. Tenun Endek Bali dan Lurik Klaten

Najwa Shihab via http://www.instagram.com

Endek merupakan kain tenun ikat Khas dari Daerah Bali.Kain tenun ini memiliki keunikan tersendiri. Motifnya pun merupakan simbol sakral yang mencerminkan nuansa alam di Bali. Perpaduan yang dikenakan Nana juga ada campuran dari Lurik Klaten yang menambah esensi seni yang menarik. Sehingga manampilkan aura lebih cerah.

5. Tenun Lombok

Najwa Shihab via http://www.instagram.com

Kain Tenun Lombok ini juga memiliki beragam motif, dan harga yang ditawarkan ini sendiri mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah disesuaikan dengan tingkat kehalusan pada kain. Perpaduan tosca, maroon dan putih membuat pakaian yang dikenakan Nana lebih berwarna.

6. Tenun Maumere, Sikka

Najwa Shihab via http://www.instagram.com

Warna serta motif yang ada pada Tenun Sikka ini sangat beragam sehingga dapat memikat orang yang melihatnya. Untuk pewarnaan pada kain tenun sendiri menggunakan pewarna alam yang alami.

 

Nah itu tadi beberapa koleksi kain tenun yang digunakan Nana di setiap acaranya. Cukup unik dan menarik ya. Pantas saja Nana sangat cinta dengan keberagaman kain khas nusantara. Mungkin nantinya Nana juga bisa menjadi Duta Kain Nusantara hihi.