Tren seru-seruan di media sosial selalu berubah. Yang dulunya cuma update status dan balas-balasan komen, atau upload foto dan tagging teman-teman, kemudian berubah jadi upload foto selfie dengan berbagai filter yang lucu dan unyu. Kini, trennya mulai bergeser lagi, yaitu dengan menyiarkan diri sendiri kepada publik. Berasa selebritis deh.

Ada banyak aplikasi yang diciptakan untuk kegiatan ini sejak beberapa tahun lalu. Di antaranya kurang populer bagi orang Indonesia. Seperti Meerkat dan Periscope yang melengkapi Twitter. Baru ketika eranya Bigo Live, makin banyak yang hobi beginian. Ada yang lebih suka nonton (nonton apaan tauk deh…), tapi ada juga yang mulai suka siaran sendiri. Pokoknya, kurang eksis kalau gak ngelive. Sampai-sampai ada mahasiswi yang diproses hukum tahun lalu, karena ketahuan ngelive di dalam bioskop.

Setelah Bigo Live, satu demi satu media sosial mulai menghadirkan fitur siaran langsung. Ada Instagram Live, ada juga Facebook Live. Karena banyak yang aktif mainan Instagram dan Facebook, makin rame jadinya. Bedanya, Facebook Live bisa ditonton oleh teman-teman sendiri. Jumlahnya cenderung lebih banyak ketimbang di Instagram yang pakai follower. Memang sih, kalau Selebritis Instagram atau Selebgram siaran langsung pasti banyak yang nonton dan kasih lope-lope. Ya wajar aja, follower mereka kan sudah belasan ribu ke atas.

Eitsss… Jangan berkecil hati dulu kalau follower-mu masih sedikit. Siapa saja tetap bisa eksis maksimal dan seru-seruan di Instagram Live kok. Kunci utamanya adalah ide, mengenai topik yang akan kamu bicarakan, atau aktivitas yang ingin kamu siarkan. Kamu bisa menampilkan sesi tanya jawab, sesi main musik, sesi nyanyi cover lagu, sesi melukis, sesi puisi, sesi jalan-jalan, pokoknya apa aja deh. Kadang malah jauh lebih seru karena menampilkan sesuatu yang baru. Asalkan tidak melanggar hukum atau norma kesopanan.

Nah, setelah punya ide untuk siaran, pastikan kamu punya beberapa perlengkapan supaya sesi siaranmu berjalan lancar dan sesuai rencana. Nggak bakal mahal kok, karena memang barang-barang yang mendasar banget dan biasa kamu pakai dalam kehidupan sehari-hari, selain saat Instagram Live.

1. Jangan biarkan bateraimu drop tiba-tiba! Charge penuh atau sediakan power bank sedekat mungkin denganmu

Power Bank via http://i1.mirror.co.uk

HP adalah barang mutlak untuk bisa mainan Instagram Live, jadi semestinya tidak masuk ke list ini. Namun supaya sesi Instagram Live bisa berjalan dengan baik, pastikan ketersediaan dayanya. Apalagi kegiatan ini pasti cepat banget ngehabisin baterai.

Saat Instagram Live di kos, kamu mungkin bisa sambil ngecharge HP-mu, meskipun jangan sampai panas banget. Tapi kalau kamu Instagram Live di luar, mak harus siap sedia power bank yang lumayan kencang. Supaya tidak tekor saat ngecharge karena digunakan sambil siaran langsung. Power bank ukuran 10.000 mAH sudah cukup standar untuk kebutuhan ini. Pastikan mereknya bukan abal-abal ya. Nanti meledak.

Kalau kebetulan memang ada rencana membeli HP baru, ada juga tuh beberapa varian yang dirilis khusus untuk siaran langsung. Terutama yang Android, dengan kapasitas baterai besar, tidak cepat panas, dan ada penguat sinyalnya.

2. Kualitas sinyal harus mumpuni maksimal. Ingat, ini live Instagram!

Advertisement

Yang satu ini tentu penting banget. Bagaimana bisa siaran langsung kalau nggak punya kuota? Tapi untungnya, Instagram Live mestinya tidak terlalu boros menyedot data, setidaknya tidak seperti saat download file-file atau upgrade apps.

Coba sesuaikan dengan paket data yang kamu beli. Apakah ada bonus yang masih tersisa, atau bonus internetan malam yang mubazir kalau tidak digunakan. Dengan ini juga, kamu bisa mainan Instagram Live di akhir pekan atau menjelang libur. Sehingga tidak mengganggu aktivitasmu keesokan harinya.

Jaringan 4G/LTE pasti bikin Instagram Live-mu lebih kencang, tapi jangan lupa kalau bisa menyedot data lebih cepat dan pada HP tertentu bisa bikin panas banget. Sehingga, solusinya tetap kembali pada konsep yang ingin kamu tampilkan. Ketika kamu menguasai ide dan sebagainya, kamu pasti tidak akan membuang-buang waktu (yang berarti juga membuang kuota dan tenaga baterai) untuk siaran yang tak jelas.

3. Buat lighting dengan peralatan sederhana, bahkan cenderung apa adanya

Lighting via https://i.ytimg.com

Kalau nyebut kata lighting, pasti kebayangnya adalah tata cahaya yang canggih. Ini kita mainan Instagram Live, bukan Youtuber yang mau bikin video terbaru untuk endorse sesuatu. Jadi yang paling penting adalah terang alias cukup cahaya.

Nggak perlu repot-repot beli instalasi lampu yang bisa menyinari wajah dari berbagai sisi, bahkan lampu meja atau lampu belajar saja cukup kok. Apalagi kalau Instagram Live-nya ingin menyiarkan sesi kaligrafi atau melukis, yang diperlukan tentu pencahayaan ke objek gambar.

Lagi-lagi, ada juga jenis HP yang sudah menyediakan lampu flash depan khusus untuk keperluan ini. Kamu mungkin bisa cek di toko sebelah. Kalaupun nggak ada lampu meja, sorot pakai senter deh. Hahaha!

4. Belilah camera holder biar mempermudah segala macam aktivitas saat live. Totalitas, lho!

Camera holder via http://www.ezyhero.com

Sesuai namanya, alat yang satu ini membantumu menempatkan kamera HP. Mau tongsis, tripod, gorillapod, lazypod, atau apa pun jenisnya, tinggal pilih yang paling murah. Kalau nggak punya semua itu, kotak tisu atau tumpukan buku juga bisa dijadikan pengganjal, yang penting kamera tidak goyang selama sesi Instagram Live berlangsung.

Dari beberapa jenis tersebut, gorillapod dan lazypod sudah cukup ideal. Harganya pun ada yang tidak sampai Rp 50.000. Gorillapod seperti tripod, tapi dengan kaki-kaki yang bisa dilipat atau dikaitkan ke tiang. Posisi kamera pun bisa disesuaikan. Sedangkan lazypod cocok banget untuk mahasiswa yang ngekos. Karena ujungnya berupa penjepit yang bisa dijepitkan ke tepi meja belajar. Santai dan memudahkan.

5. Saatnya kamu eksis di live Instagram atau Facebook! Eits, live yang berfaedah, ya!

Disapa Justin Bieber! via https://i.ytimg.com

Tuh, cuma perlu 4 hal di atas (selain punya HP dan akun Instagram, tentunya) supaya kamu bisa mainan Instagram Live dengan maksimal. Siapa tahu follower bertambah banyak. Seperti di gambar ini, ada Justin Bieber yang tau-tau nonton Instagram Live dan menyapa si cewek imut ini.

Kalau ditotal-total sih menghabiskan kurang lebih Rp 300.000, dengan power bank, lampu, dan camera holder yang bisa digunakan sampai berbulan-bulan ke depan. Nggak cuma buat Instagraman doang.

Belum pernah? Cobain aja sekarang!