Nggak terasa ya, kita sudah sampai di penghujung tahun 2016. Sebentar lagi, kita juga sudah harus beli kalender baru nih, hehe. By the way, apa aja nih yang sudah sobat semua lakukan sepanjang tahun 2016 ini? Apakah semua resolusi sobat tercapai?

Kalau belum, jangan berkecil hati, Sob. At least, sobat sudah mempunyai titik terang dan progress hingga beberapa persen, nanti di tahun 2017, harus lebih ditingkatkan lagi doa dan usahanya ya, Sob.

Jangan lagi ada malas-malasan dan galau yang berlebihan. Mumpung masih muda, manfaatkan waktu muda sobat untuk kegiatan yang lebih produktif dan bermanfaat untuk membangun masa depan sobat.

Nah, ngomong-ngomong soal tahun baru nih, Sob. Biasa lah ya, ketika tahun baru datang menjelang, seakan sudah menjadi hal lumrah bagi sebagian besar dari kita untuk merayakannya. Memang sih, nggak ada yang salah dari merayakan tahun baru, karena itu hak setiap individu.

Meski begitu, tetap menyarankan sobat semua untuk merayakan pergantian tahun ini dengan bermanfaat, tidak melakukan hal-hal yang negatif, dan lebih baik berbaur dengan penuh sukacita dengan yang lainnya.

Supaya perayaan tahun baru sobat lebih aman dan bermanfaat, ada baiknya sobat simak beberapa tips berikut ini.

1. Tetap Waspada terhadap Sekitar

Pastikan rumahmu aman ya, Sob! via http://geico.com

Percaya deh sob, nggak semua orang yang merayakan tahun baru itu benar-benar murni merayakan pergantian tahun. Buktinya, setiap setelah perayaan malam pergantian tahun selalu saja ada laporan tindakan kriminal. Waspada nggak ada salahnya, kan.

Memang ada sebagian kelompok penjahat yang memanfaatkan momen tahun baru untuk mencari keuntungan seperti copet dan kawan-kawannya. Jadi, pastikan sobat menyimpan barang berharga dengan aman. Kalau sobat merayakan di tempat ramai, jangan terlalu membawa banyak barang dan perhiasan.

Sebelum berangkat, pastikan juga pintu dan jendela rumah sudah tertutup rapat ya, Sob!

2. Keselamatan Nomor Satu

Advertisement

Seperti slogan keselamatan lalu lintas baru yang sedang dikampanyekan Polri, "Menuju Indonesia Tertib, Bersatu, Keselamatan No. 1". Sering lihat kan, Sob? Slogan baru dari Polri tersebut memang benar adanya. Keselamatan adalah yang paling utama.

Nah, oleh karena itu, kalau sobat ingin merayakan malam pergantian tahun dengan konvoi keliling kota, pastikan untuk mempersiapkan kondisi kendaraan sobat terlebih dahulu, supaya acara konvoi sobat menjadi nyaman dan aman. Yang terpenting, tetap patuhi rambu-rambu lalu-lintas dan jaga keselamatan berkendara ya, Sob.

Oh iya, satu hal yang tak kalah penting adalah bensin harus tersedia selalu. Kalau bisa, persiapkan dari sebelum-sebelumnya. Karena sudah pasti nih sob, yang namanya malam tahun baru itu nggak pernah sepi, dan sudah menjadi sunnatullah kalau antrean SPBU bak ular naga. Panjangnya bukan kepalang, hehe.

3. Rayakan Bersama Teman dan Sahabat

Tahun baru sama temen bikin tambah solid! via http://jogjalan.com

Peringatan tahun baru merupakan acara yang dirayakan orang banyak, meski pada akhirnya sobat akan bertemu dengan banyak orang, namun akan terasa krik-krik dan bosan kalau tidak kenal. Mau membaur nanti dikira sok asik, mau ikut gabung malah takut ganggu. Kan nggak enak, Sob.

Tentu akan lebih menyenangkan jika sobat merayakan tahun baru bersama teman-teman, semakin banyak akan semakin seru. Di samping itu juga akan lebih aman sob, karena semuanya saling melindungi. Ng​gak ada yang mau berniat jahat juga, karena kalian serombongan.

4. Pilih Lokasi Berkumpul yang Dekat

Mending puter balik deh, Sob. via http://hariandepok.com

Umumnya, ada titik-titik tertentu di setiap kota di mana spot tersebut menjadi pusat konsentrasi orang-orang yang ingin merayakan pergantian tahun. Kalau di Jakarta, misalnya di Bundaran HI atau di Ancol. Di kota sobat pasti juga ada, 'kan?

Nah, kalau ada tempat perayaan yang dekat dari rumah, untuk apa mencari yang jauh? Kecuali, kalau memang sobat sudah merencanakannya jauh-jauh hari dengan penuh persiapan.

Hal ini ada banyak untungnya loh, Sob. Sobat tidak perlu bermacet-macet ria di jalanan, tidak perlu bergumul dengan suara bising dan asap kendaraan. Sobat juga bisa pergi ke spot tersebut dengan berjalan kaki supaya lebih tenang, karena kalau membawa kendaraan, sobat akan sedikit merasa cemas mau diparkirkan di mana.

5. Tidak Ada Salahnya Merayakan Malam Tahun Baru di Rumah

Tahun baru di rumah, kata siapa nggak seru? via http://zeenews.india.com

Merakayan tahun baru di rumah juga bisa seru lho, Sob. Ketimbang harus bermacet-macetan dan berdesak-desakan, mendingan bikin acara sendiri bareng keluarga dan teman-teman.

Acara kayak gini bisa dilakukan di halaman rumah sobat, misalnya bakar jagung, bakar sate, bakar ayam, dan sebagainya. Sambil menonton acara pergantian tahun baru secara live dari televisi, atau nonton film pakai proyektor, atau apapun yang bisa membuat acara tersebut semakin meriah.