Bapak, papa, ayah, abi dan masih banyak lagi kata yang digunakan untuk memanggil seorang lelaki yang menjadi malaikat untuk anak-anak mereka. Aku memanggilmu opoi, lelaki yang selalu menjadi pahlawan dan panutanku. Lelaki yang menjadi tipe ideal ketika aku ingin mendeskripsikan lelaki seperti apa yang ku inginkan kelak di hidupku.

Opoi, bagiku kau adalah orang yang darinya ingin ku dapatkan pujian. Seandainya seluruh orang di dunia ini mengatakan aku melakukan hal yang luar biasa namun kau mengatakan sebaliknya, maka penilaian orang lain tidak penting untukku. Darimulah aku ingin mendapatkan pengakuan.

Untuk perjalan hidupku, aku selalu ingin mengucapkan terima kasih kepadamu. 

 

1. Terima kasih karena mendidikku menjadi wanita yang tangguh

Jadi wanita harus kuat

Jadi wanita harus kuat via http://activekidsbayarea.com

Adalah anugerah bagiku terlahir sebagai satu-satunya wanita di keluarga kita dengan begitu aku mendapatkan cinta dari 4 orang lelaki sekaligus, darimu dan dari saudara-saudaraku. Aku mendapatkan perlindungan dari kerasnya dunia.

Mungkin kau takut aku akan tumbuh menjadi anak yang manja karena dikelilingi oleh lelaki dan kau mulai mendidikku dengan keras. Awalnya aku mengira kau tidak menyayangiku tetapi perlahan aku mengerti kau menginginkan aku tumbuh dengan tangguh. Menjadi wanita yang mampu menyelesaikan masalahnya sendiri dan berdiri diatas kakinya sendiri.

2. Kau dengan lembut selalu menyisir rambutku

sisir rambutku lagi

sisir rambutku lagi via http://www.parentdish.ca

Opoi, ini adalah salah satu kenangan kesukaanku, momen ketika kau menyisir rambut ikalku dan mengikatnya. Tahukah kau aku sangat merindukan kenangan ini. Saking aku merindukan kenangan ini aku pernah memintamu menyisir rambutku ketika aku sudah kuliah, tetapi kau hanya menganggapku bercanda.

Opoi, andaikan aku bisa memilih aku ingin tetap menjadi putri kecilmu jadi kau bisa tetap menyisir rambutku.

3. Kau memakaikan sepatu di hari pertama aku sekolah

Kau mengajarkanku memakai sepatu

Kau mengajarkanku memakai sepatu via http://www.masterfile.com

Opoi, aku masih mengingat ketika hari pertama aku masuk sekolah, kau memakaikanku sepatu. Kenangan-kenangan kecil seperti ini yang selalu memanggilku pulang untuk kembali ke pelukanmu yang hangat.

4. Opoi, aku dapat nilai 10

aku selalu ingin memberitahumu kabar baik

aku selalu ingin memberitahumu kabar baik via http://www.momtastic.com

Opoi, aku selalu ingin mendapatkan pengakuan darimu. Mendapatkan pujian darimu adalah hal yang luar biasa untukku. Itulah sebabnya sejak kecil aku selalu memberitahumu kesuksesan - kesuksesan kecil yang ku dapat di sekolah. Opoi aku selalu ingin mengabarimu berita yang baik, itu adalah misiku yang utama.

5. Dan lagi opoi, terima kasih karena mengajarkan kami untuk mengandalkan Tuhan di dalam kehidupan ini.

terima kasih opoi

terima kasih opoi via http://www.theguardian.com

Ya, salah satu peranmu dalam kehidupan kami adalah memperkenalkan kami kepada Tuhan, bukan dengan kata-kata melainkan dengan tindakan. Kau bercerita bahwa dulu kehidupanmu sangat buruk dan secara perlahan tetapi pasti Tuhan mengubahkan pribadimu menjadi lebih baik.

 

Opoi, ada banyak hal yang ingin ku tuliskan tentangmu tetapi kata-kata tidak akan cukup mengkespresikan bagaimana kau begitu berperan dalam kehidupanku. Aku selalu mengharapkan yang terbaik untuk kehidupan kita. Aku mengharapkan kehidupan panjang untukmu. Terima kasih karena hadir dalam kehidupan kami.