Pernahkan kalian membayangkan tinggal di asrama dengan lebih dari sepuluh kepala dalam satu kamar yang sama? Sumpek, berisik, tidak ada privasi dan kebebasan terbatas pasti adalah yang pertama kali terlintas. Tapi jika ingin berpikir ulang, mungkin hidup di asrama bisa jadi lebih menyenangkan.

Banyak hal yang bisa kalian pelajari ketika tinggal di asrama. Bertemu banyak orang dengan berbagai latar belakang dan kepribadian. Tidak sedikit yang menyebalkan. Tapi, siapa peduli jika kamu punya lebih banyak hal menyenangkan?

 

1. Pertama kali berjumpa, kalian akan mendengar bahasa dan logat yang aneh di telinga.

bingung dan tidak mengerti

bingung dan tidak mengerti via https://www.google.co.id

Pertama kali bertemu kamu akan mendengar bahasa dan logat yang sulit dipahami. Bukan hanya kamu yang merantau beda pulau, beda kota yang masih dalam satu provinsi saja terkadang memiliki logat dan pemilihan bahasa yang berbeda.

Namun, biasanya pihak asrama akan melarang menggunakan bahasa daerah. Bahasa Indonesia akan lebih sering digunakan untuk memudahkan komunikasi dan menghindari kesalahpahaman. Tapi jangan ragu untuk menambah pengetahuan, kamu bisa belajar bahasa daerah dari temanmu yang mungkin akan berguna di masa depan.

2. Belajar mandiri dan bertanggung jawab.

mandiri dan bertanggungjawab

mandiri dan bertanggungjawab via https://dewiultralight08.wordpress.com

Banyak hal yang nantinya harus kamu lakukan sendiri. Tapi kamu tak perlu bersedih karena temanmu yang lain juga bernasib sama denganmu. Rela meninggalkan "kemewahan" di rumah untuk belajar hidup mandiri. Selain itu, kamu juga harus bertanggung jawab terhadap tugas-tugasmu seperti menjaga kebersihan kamar. Termasuk tanggung jawab mengelola uang bulanan agar tidak kehabisan sebelum transferan berikutnya datang.

3. Menghargai orang lain adalah salah satu cara untuk menghargai dirimu sendiri.

respect each other

respect each other via http://www.kawankumagz.com

Teman-temanmu bisa berasal dari berbagai kalangan. Meskipun begitu strata sosial tidak akan jadi soal. Di asrama kalian punya hak dan kewajiban yang sama. Pada akhirnya kalian akan menyadari bahwa label kalian tidak berbeda satu sama lain, yaitu "manusia biasa". Jadi, perlakukan orang lain seperti kalian ingin diperlakukan.

Namun tidak bisa dihindari bahwa sesekali kalian akan bertemu orang yang menyebalkan. Tidak usah ambil pusing, cukup abaikan!

4. Berteman dengan banyak orang, menuntutmu untuk memahami karakter mereka.

Berteman dengan banyak orang menuntutmu untuk bisa memahami karakter mereka. Berkat itu kalian bisa belajar manajemen emosi. Kalian tahu kapan harus berhenti berbicara untuk menghindari perselisihan meski terkadang merasa benar. Memilih diam karena kalian tahu bahwa orang yang sedang marah tak akan  mau mendengar.

Kalian memilih waktu lain untuk menjelaskan dengan penuh ketenangan. Kalian juga tahu bahwa tidak semua hal harus diselesaikan dengan perdebatan. Ada kalanya kalian hanya perlu saling bertukar maaf dan mengakhirinya dengan hangatnya pelukan.

5. Bekerjasama, menyatukan pikiran dari banyak kepala.

Menyatukan pikiran

Menyatukan pikiran via https://www.google.co.id

Meski kamu sudah mandiri, terkadang ada hal yang tidak bisa dikerjakan sendiri. Kalian butuh kerjasama untuk menyelesaikannya. Tidak mudah untuk menyatukan banyak pikiran. Masukan dari berbagai pihak layak untuk dipertimbangkan. Ketika sebuah keputusan sudah diambil, maka tiap orang harus bisa menerima tugasnya dengan lapang.

6. Mengantri mandi adalah rutinitas wajib setiap pagi.

kegiatan setiap pagi

kegiatan setiap pagi via https://www.google.co.id

Cara menyiasati antrian mandi adalah dengan bangun pagi. Sedikit pengorbanan untuk bangun lebih awal bisa menyelamatkanmu dari siksaan panjang tak berkesudahan. Mandi pagi juga bermanfaat untuk kesehatan. Berguna untuk melancarkan peredaran darah dan meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak ada salahnya bangun jam 4 pagi, kamu bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus!

7. Tidak perlu khawatir jika kasurmu berantakan dan badanmu sudah remuk redam, selalu ada tempat yang bisa dijadikan tumpangan.

tumpangan yang diharapkan

tumpangan yang diharapkan via http://forzadunia.blogspot.com

Ketika kamu datang dan kasurmu masih berantakan, kasur teman sebelah terlihat lebih menggiurkan. Temanmu yang baik hati akan memberikan tumpangan. Namun, teman jenis ini agak sulit ditemukan saat keadaan sadar.

Jadi bersabarlah hingga dia terpejam, kemudian kamu bisa sedikit menggesernya dan tidur dengan aman. Esok paginya kamu harus bangun terlebih dahulu agar tidak ketahuan.

8. Keesokan harinya kamu akan menemukan dirimu dalam sebuah video rekaman.

pose menggemaskan

pose menggemaskan via http://eigarebyu.blogspot.com

Temanmu yang memiliki kreativitas tinggi tak akan melewatkan saat-saat berharga. Dia tidak akan membiarkan momen-momen terbaik menguap begitu saja. Dia akan dengan sigap mengabadikan kenangan terindah melalui kamera. Saat terbangun keesokan paginya, kamu jadi artis dadakan.

Direkam dengan berbagai pose terbaik dan menggemaskan. Jangan percaya jika ada yang mengatakan bahwa kamu terlihat lebih cantik jika sedang bermimpi, karena bisa jadi itu merupakan kebohongan terbesar abad ini.

9. "Satu Untuk Semua" adalah slogan wajib anak asrama.

tidak pilih-pilih makanan

tidak pilih-pilih makanan via https://www.google.co.id

Anak asrama seringkali kelaparan, tapi mereka jarang pilih-pilih untuk urusan makanan. Hari paling menggembirakan adalah ketika orang tua salah satu teman datang menjenguk dan membawa makanan. Persediaan makanan di kamar seolah cukup untuk satu bulan. Ingatlah itu hanya ilusi, makanan itu bisa raib dalam sekejab bahkan tanpa kamu sadari.

Tapi jangan khawatir, di asrama kamu tak akan pernah kelaparan karena makanan temanmu adalah makananmu. Begitu juga barang lainnya seperti penggaris, gunting, pensil, baju, sandal, sepatu bisa dinikmati bersama-sama.

10. Kabar gembira untuk para galau-ers, kalian punya selusin telinga yang bersedia mendengarkan cerita.

good listener

good listener via http://galleryhip.com

Jika kamu ingin bercerita panjang lebar, ada banyak teman yang dengan senang hati mendengarkan. Mereka akan dengan sabar mendengar dan memberikan masukan. Tapi kamu juga harus sadar bahwa mereka bisa bosan jika hidupmu hanya dipenuhi dengan keluhan.

Ketika mereka mulai mengeluarkan kata-kata pedas itu bukan berarti bahwa mereka sudah tidak peduli, mereka hanya ingin hidupmu menjadi lebih bebas. Bebas dari penderitaan dan kesia-siaan. Hidupmu terlalu singkat jika hanya diisi dengan ratapan dan terlalu berharga untuk menangisi hal-hal tak berarti. 

11. Bersiap mendengarkan berbagai jenis musik, mulai dari yang "gue banget" sampai yang "nggak banget".

annoying music.

annoying music. via https://www.google.co.id

Ada teman yang suka menggunakan headset kemudian sibuk dengan dunianya sendiri. Tapi ada juga yang lebih suka mendengarkan secara langsung. Tapi jangan terburu-buru marah dan kesal, anggap ini untuk menambah wawasan. Kamu bisa mendengarkan jenis musik pop, jazz, blues, klasik, metal, rock, dangdut, bahkan keroncong.

Bahasanya juga beragam mulai dari Indonesia, Inggris, Jepang, Korea, Arab, India, Mandarin bahkan bahasa dari negeri antah berantah yang entah apakah bisa terdeteksi di dunia manusia.

12. Meski beda selera, kalian akan menemukan waktu yang bisa menyatukan perbedaan.

watching sad movie

watching sad movie via https://www.google.co.id

Selain berbeda karakter, tiap orang juga memiliki selera yang tidak sama. Namun adakalanya ketika salah satu teman yang menonton film yang kelihatannya seru, teman yang lain akan mendekat. Awalnya mungkin hanya satu kemudian diikuti yang lain hingga seluruh anggota kamar merapat dan menonton film yang sama.

Saat menyebalkan adalah ketika adegan lagi sedih-sedihnya salah seorang malah tertawa. Merusak suasana, ingin marah tapi sudah terlanjur bercururan airmata. Kalau sudah begitu abaikan saja, mungkin dia lelah dan butuh berwisata.

13. Tak perlu bersusah payah ketika berangkat ke sekolah atau tempat kuliah.

harum mewangi

harum mewangi via https://www.google.co.id

Asrama biasanya berada di lokasi yang berdekatan dengan sarana belajar. Jadi kamu tak perlu bercucuran keringat agar tidak telat. Ketika teman yang tidak tinggal di asrama berlarian, kamu cukup lima menit berjalan santai untuk bisa tiba di tempat tujuan. Sesampainya di sekolah kamu masih berseri harum mengawi sepanjang hari seperti iklan di tipi-tipi.

14. Ketika ingin liburan, banyak tawaran yang bisa menghemat biaya perjalanan.

menghemat pengeluaran

menghemat pengeluaran via http://www.brokeinlondon.com

Berteman dengan orang dari seluruh penjuru negeri membuatmu tidak perlu bingung ketika akan berlibur. Temanmu akan dengan senang hati menawarkan tempat menginap, menyediakan kendaraan bahkan menjadi pemandu wisata. Kebaikan hati temanmu membuatmu bisa menyisihkan sebagian uang untuk keperluan tambahan seperti membeli buah tangan atau kamu bisa menyimpannya untuk rencana liburan selanjutnya.

15. Asrama adalah rumah kedua yang kelak akan sangat kamu rindukan untuk bisa kembali bersama.

Waktu yang kalian habiskan bersama tidaklah sebentar. Bahkan tidak jarang dua puluh empat jam sehari kalian selalu bersama. Berbagi tawa dan airmata serta banyak hal lainnya. Ketika perpisahan tiba, membuat kalian ingin mengulang masa-masa indah bersama. Tak penting jika raga berjauhan namun doa tetap dipanjatkan. Karena sejauh apapun doa pasti akan sampai. Berharap suatu hari kalian akan dipertemukan kembali.

Untuk kalian yang seringkali dirindukan, sudahkah hari ini sebaris doa dipanjatkan?