Pasangan kamu tidak mungkin mendadak menjadi over protektif pada kamu. Perilaku semacam itu pasti ada penyebabnya. 

Banyak orang yang menduga bahwa pacar protektif itu muncul begitu saja dan merasa dirinya tidak melakukan hal-hal yang membuat kekasihnya khawatir secara berlebihan.

Bagaimana pun, perilaku kekasih yang protektif juga bisa muncul akibat dari kekasihnya yang selalu membuatnya khawatir akan kehilangan dia.

Berikut ini beberapa penyebab kenapa pacar menjadi over protektif.

1. Tidak Percaya

Penyebab Pacar Menjadi Over Protektif via https://www.google.co.id

Salah satu alasan yang paling jelas dan paling sering muncul adalah rasa tidak percaya. Lantas siapa yang memulai rasa tidak percaya ini muncul? Hal itu bisa terjadi karena salah satu tidak menyadari keinginan kekasihnya. Tidak muncul pengertian dan saling memahami satu sama lain.

Utamanya, ketika hal-hal sepele anda lakukan, semisal, anda berjanji untuk ketemuan di suatu tempat, mendadak anda terlambat dan tidak memberi kabar, dan itu terjadi berulang kali. Tidak dapat dipungkiri bahwa kekasih anda akan menjadi tidak percaya pada anda dan ketika ia tidak percaya, maka muncullah sifat protektif itu, semata-mata karena tidak ingin kehilangan anda dan tidak ingin anda menjadi lebih buruk.

2. Pernah dikhianati

Penyebab Pacar Menjadi Over Protektif via https://www.facebook.com

Advertisement

Pada dasarnya, kepercayaan adalah dasar sebuah hubungan yang baik. Selain rasa percaya, keadaan dimana kekasih anda, atau bahkan anda sendiri merasa pernah dikhianati oleh kekasih anda yang sebelumnya bisa memunculkan perilaku over protektif pada kekasih anda yang sekarang. Orang-orang yang rasa percayanya pernah dikhianati, akan sulit untuk disembuhkan kembali. Lantas ketika ia memiliki kekasih lagi, ia akan menjadi lebih waspada dengan kekasihnya karena takut untuk kembali dikhianati.

3. Takut Kehilangan

Penyebab Pacar Menjadi Over Protektif via https://www.google.co.id

Salah satu alasan yang paling sering muncul dan menjadi penyebab utama dari perilaku over protektif adalah takut kehilangan. Biasanya hal ini terjadi karena kekasih anda, atau bahkan mungkin anda sendiri selalu serius menjalani hubungan tapi selalu kandas di tengah jalan. Pelajaran itu yang kemudian membuat seseorang menjadi takut kehilangan karena rasa sayang yang begitu besar terhadap pasangannya dan ketika ia mendapatkan pasangan yang menurutnya tepat, ia akan dengan serius melindunginya dan takut kehilangannya. Rasa takut kehilangan yang berlebihan ini lah yang kemudian menyebabkan perilaku over protektif itu.

4. Menganggap Anda teman dia satu-satunya

Penyebab Pacar Menjadi Over Protektif via https://www.google.co.id

Baginya, Anda adalah segalanya. Dia juga menuntut Anda berlaku demikian. Semua hal yang dia lakukan harus dilalui berdua. Lama kelamaan, hal ini tentu bisa membuat Anda sulit bergerak.

5. Membatasi ruang gerak Anda

Penyebab Pacar Menjadi Over Protektif via https://www.google.co.id

Kebanyakan pria posesif tidak suka pasangan mereka menghabiskan waktu bersama keluarganya. Jika si dia mulai tak suka dengan kedekatan Anda dengan keluarga, Anda harus berhati-hati, itu masuk dalam kategori posesif.