Masa masa kuliah mungkin jadi masa yang indah dan salah satu moment yang ga terlupakan bagi sebagian orang. Banyak suka duka yang terjadi pada saat kuliah. Bisa jadi ada hal yang Unforgetable buat hidup kita. 

Kayak Titip Absen (TA) sama temen kelas yang ujung-ujungnya ketahuan dosen, Cinlok sama temen sekelompok saat ngerjain laporan. Begadang di lab cuma buat ngerjain laporan yang deadline-nya besok. Engga mandi gara-gara ada kuliah pagi, dan masih banyak kejadian (konyol) lain yang bisa buat kamu senyum-senyum sendiri kalo nginget masa kuliah.

Tapi ada beberapa hal yang mungkin hanya dirasakan oleh anak IPB saja. Lets check this out!

 

1. TPB = Tingkat Paling Bahagia

Asrama TPB IPB

Asrama TPB IPB via http://www.innnayah.com

Bagi kamu anak IPB pasti mau ga mau harus ikut program asrama di TPB selama setahun. TPB singkatan aslinya itu Tingkat Persiapan Bersama tapi anak IPB banyak yang plesetin jadi Tingkat Paling Bahagia. Awalnya kita ga tau kenapa para senior senior plesetin TPB jadi kaya gitu. Tapi jawaban itu akhirnya bisa kita pahami setelah kita masuk fakultas.

Eureka! Eureka! Rasanya menderita banget pas awal awal tinggal di asrama. Bayangin, bray! Satu kamar ukuran 4x4 di isi 4 orang yang pake ranjang tingkat. Asramanya horor banget, Ada apel setiap pagi. Ada social gathering (Soga) di gedung, soga di lorong, soga di asrama, soga antar asrama, soga soga dan sogaaaa...!!

Belum lagi, kalo asrama putra itu jaraknya jauh dari peradaban letaknya yang di ujung belakang kampus dan track-nya yang nanjak bikin betis atletis bray! Selain itu selalu ada Senior Residence (SR) yang selalu ngawasin kita tiap waktu, hehe...

Dan yang paling horor itu gosip-gosip hantu asrama yang selalu menghantui lu setiap malam bahkan setiap detik! kaya kita di cuci otak tau ga yang namanya hantu asrama itu bener-bener ada! (Cerita Horor asrama turun temurun yang paling ngeHits adalah cerita Hantu Satpam Melayang) Atutttttttt Syeeeremmm...

Tapi setelah dinikmati selama setahun kita dapet hikmahnya juga. ternyata asrama TPB itu ga seserem dan sehoror yang kita kira. Bahkan menyenangkan. Karena kita bisa membaur dengan segala macam mahasiswa yang berbeda suku, agama, ras, dan beda alam! Upsss! dan ga jarang temen TPB kita akhirnya jadi sahabat, iya ga Bray?

2. MPKMB

Seperti umumnya di awal perkuliahan pasti ada namanya masa orientasi kuliah. Nah di IPB juga ada masa orientasi buat seluruh mahasiswa baru. Bagi kamu yang kuliah di IPB pasti tau dong MPKMB! Iyaaaa kaka...! 

Nah, di IPB ajang MPKMB ini ajang yang besar karena di situ kita akan banyak dapet informasi tentang perkuliahan di kampus dan lingkungannya. yang engga kalah gokilnya yaitu di situ kita akan dapet nama angkatan. Kece Ga tuh!! Dan ada theme song-nya juga loh.. So Sweet..! 

Kaya nama angkatan Gw yaitu Laskar Inspirasi. angkatan lain di absen ya suaranya kaka! 

Dan di IPB angkatan bukan pake angka tahun masuk tapi pake angka angkatan contohnya Gw angkatan 2010 jadi angkatan 47. Gituu.. Yoi Bray! Dulu kita kita mikirnya buat apa sih ikut MPKMB ga ada gunanya tau. tapi setelah kita rasain, kita bisa tau apa artinya kuliah dan menambah motivasi kita untuk kuliah. tapi abis acara sih lupa lagi apa yang disampein hehe...  

3. BARA!

Jangan ngaku anak IPB kalo lo ga tau Bara! yap Bara! bagi anak IPB Dramaga pasti lo tau dong Bara. tempat para mahasiswa siang malam untuk cari makan ato jajan, eits! bukan cuma cari makan aja ya, cari ojek (Gojek kali ya sekarang) Cari Ancot (Plesetan Angkot), Cari Danus (Hayo Jualan pas Pasar Kaget), Bahkan cari jodoh di BNI wkwkwk...

Walaupun Bara terlihat tidak rapi dan bersih secara visual. tapi bagi anak IPB tempat ini menyimpan banyak memori. Memori ketemu si Endah kali ya..Hay Akhi Hay Ukhti! Tempat ini akan selalu memiliki kenangan bagi kita yang pernah kuliah di IPB.

4. Laporan!

Praktikum Osekim

Praktikum Osekim via http://www.facebook.com

Hal ini yang mungkin jadi Momok bagi semua mahasiswa IPB. Sesuatu yang paling membuat waktu kuliah kita serasa tercekik! Kuliah, Praktikum, Laporan, Kuliah, Praktikum, Laporan, udah teruuuuuuuus berulang gitu aja sampe kiamat! haha.. Dan Parahnya seluruh mata kuliah ada praktikum dan Laporannya. Sungguh Terlalu! 

Jadi jangan heran kalo kalian melihat mahasiswa berserakan di segala tempat di setiap sudut kampus yang sedang sibuk mengerjakan laporan, atau mungkin menemukan mayat dengan mulut penuh busa yang sedang mengerjakan laporan karena saking banyaknya laporan wkwkwk!  

 

5. Roger!

Roger Umrah

Roger Umrah via https://kitabisa.com

Bagi kalian yang kuliah di IPB Darmaga pasti familiar dengan sosok Roger sang Penjual Pulsa Keliling. Pastinya kalian pernah dong ditawari untuk beli pulsa, beli pulpen atau beli vitamin C oleh Roger.

Roger akhir-akhir ini ramai diperbincangkan oleh berbagai media dan juga semua orang. Hal ini karena perjuangannya berjualan pulsa sambil menebar kebaikan selama 13 Tahun di IPB. Berkat kegigihan dan ketaatan dalam beribadah akhirnya jawaban Roger untuk ke tanah suci Makkah akhirnya dijawab oleh Tuhan.

Nah, itu dia secuil hal-hal yang kita rasain sebagai mahasiswa IPB! tapi di balik itu semua pasti ada hikmah bagi kita. Hikmah udah wisuda woy!   Mencari dan Memberi yang Terbaik, Broo!!