Mince        : “Hai sis kamu ambil jurusan apa?”

Jessy        : "Aku ambil hikmahnya aja sis hehe"

Mince        : "Loh kamu anak kampus sini kan?"

Jessy        : "Iya tapi kayaknya aku mau pindah jurusan deh                                soalnya aku salah jurusan"

Mince        : *Kemudian kejang-kejang*

Kamu pernah mengalami hal serupa? Yakin kamu salah jurusan? Atau jangan-jangan kamu yang salah langkah?

Istilah salah jurusan biasanya digunakan oleh para mahasiswa yang merasa terjebak di jurusan yang salah, dan ini semua berawal dari sebuah kesadaran bahwa beberapa mata kuliah yang diambil nyatanya bikin kamu ingin melambaikan tangan ke kamera… Biasanya seseorang yang salah jurusan penyebabnya adalah karna ikut-ikutan teman atau ingin berbakti kepada kedua orang tua, namun kenyataannya salah jurusan gak selamanya merupakan sebuah kesalahan yang fatal kok, jadi kamu gak perlu sampe pindah jurusan yaa asal kamu benar-benar mau ambil hikmahnya..

 

1. Salah Jurusan Membuatmu Melihat Dunia Dari Sisi yang Berbeda…

Kamu lebih open minded

Kamu lebih open minded via http://cdn.klimg.com

Saat kamu merasa salah ambil jurusan, kamu akan menemukan teman-teman dengan tingkah laku yang ajaib. Sebenarnya bukan karna mereka aneh, tapi kamu hanya gak terbiasa dengan itu. Kamu berharap bisa bertemu dengan orang-orang yang satu pemikiran denganmu, nyatanya malah sebaliknya. Tapi hal itu justru membuatmu menjadi orang yang open minded, karna ternyata kamu baru sadar pemikiran orang berbeda-beda dan gak bisa dipaksakan untuk bisa sama kayak pemikiranmu.

2. Tanpa Disadari Skill yang Kamu Miliki Bertambah!

Skill kamu bertambah

Skill kamu bertambah via http://hrdailyadvisor.blr.com

Ketika kamu kuliah di jurusan yang sesuai dengan keinginanmu, kamu mungkin akan enjoy dengan hal itu karna jurusan yang diambil sesuai dengan passionmu. Tapi hati-hati, kamu akan lebih mudah terjebak di zona nyaman! Berbeda cerita jika kamu salah jurusan, kamu justru akan tertantang dengan mata kuliah yang kamu gak ngerti sama sekali.

Sebagian orang menganggap ini sebagai alasan utama mereka buat males-malesan ngampus, tapi kamu justru harus melihat ini sebagai tantangan baru dan kesempatan untuk memperkaya skill yang kamu miliki. Gak bisa mengikuti pelajaran bukan alasan kamu untuk berhenti belajar dan kabur-kaburan, kamu bisa kan belajar dari temen kamu yang sudah paham dengan materi tersebut? So jangan malu buat bertanya ya!

3. Tak Disangka, Kamu Justru Menemukan Passionmu yang Sesungguhnya!

Eh malah nemu passion

Eh malah nemu passion via http://daviddewolf.com

Berbicara mengenai passion, pasti berbicara tentang apa yang kamu sukai dan apa yang kamu kerjakan dengan senang hati. Dulu mungkin kamu menganggap passionmu ada di bidang seni, tapi tak disangka ternyata saat kamu salah jurusan, passionmu yang lain justru akan kamu temukan. Banyak cara untuk mengidentifikasinya, misalnya ketika kamu mengambil salah satu mata kuliah baru, tiba-tiba kamu menyukainya dan kamu berniat untuk mendalaminya lebih dari passion yang kamu miliki sebelumnya, nah bisa saja kamu ternyata telah menemukan passionmu yang sesungguhnya lho! 

4. Kamu Lebih Berhati-Hati Dalam Mengambil Keputusan…

Kamu lebih hati-hati

Kamu lebih hati-hati via http://www.bintang.com

Mengambil jurusan yang tidak sesuai dengan keinginan akan terasa melelahkan, karna kamu harus berjuang lebih ekstra dan bahkan merasakan penyesalan menahun. Tapi kesalahanmu dalam menentukan jurusan yang kamu ambil saat kuliah, akan membuatmu kapok untuk memilih jalan yang salah lagi di kemudian hari. Tak hanya urusan kuliah, kamu akan mengaitkannya ke segala aspek terutama saat kamu akan memasuki dunia kerja. Kamu akan jauh lebih selektif dalam menentukan langkah yang harus ditempuh, dan ini sangat berguna untuk meraih masa depan yang lebih baik!

5. Belajar Menerima Kenyataan

Pada akhirnya kamu menemukan hikmahnya

Pada akhirnya kamu menemukan hikmahnya via http://unisci24.com

Pada akhirnya kamu terlanjur nyaman dengan jurusanmu di kampus karena kamu memiliki teman-teman yang menyenangkan dan ngangenin serta dosen kesayangan yang baik hati. Kamu mulai bisa belajar menerima kenyataan kalau ini adalah takdirmu, dan ini juga berarti kamu sedang belajar memasrahkan diri kepada Tuhan, kamu sadar bahwa ini semua sudah diatur oleh-Nya.

Hikmah yang kamu dapatkan selama kamu mengambil jurusan yang menurutmu kurang tepat, akan membuatmu semakin dekat dengan Sang Pencipta. Karena pada akhirnya kamu akan bersyukur pernah merasakan yang namanya “salah jurusan.” Tapi ingat, salah jurusan itu hanya istilah dan sebenarnya gak ada jurusan yang salah. Hanya terkadang, manusianya yang seringkali salah mengambil langkah… Bukan begitu genks?