Jadi mahasiswa bikin kamu terfokus pada kuliah, rapat, tugas bejibun, ataupun presentasi. Namun, hal terpenting yang dilakoni mahasiswa justru di saat-saat terakhir mereka menempuh pendidikan itu. Yaitu tugas akhir atau skripsi yang dilakukan di semester 7-8 atau mungkin ada di semester 6. Nah, semester 7-8 ini adalah semester dimana mahasiswa akan menjadi super duper galau. Kenapa? Karena kita mahasiswa akan mengingat semua suka dan duka yang udah kita lewati selama hampir 4 tahun bersama orang-orang yang udah tiap hari nangkring di sekitar kita. Ya... mereka adalah teman dekat atau sahabat.

Punyakah kalian? Ingatkah kalian dengan kenangan-kenangan itu? Coba refresh lagi dan replay momen-momen bersama sahabat. Dijamin, 10 hal berikut akan masuk dalam daftar kenangan bersama mereka yang akan selalu kamu ingat nantinya.

Ssst... jangan nangis ya, ketawa sih boleh 🙂

 

1. Ada dia, ada canda, ada tawa, ada kehebohan

Ketika kamu sibuk nulis skripsi dan kamu mulai bosan, ternyata di saat itu kamu juga merasa kangen berat dengan keseharianmu di kampus sebelum deadline skripsimu. Dimana kamu masih bisa bercanda tentang segala hal. Walaupun, bercandaan itu kadang menusuk, bikin nyesek, bikin pengen ngelempar temen pake sepatu, bahkan bikin pengen nyiram mukanya pakai sambel bakso.

Tapi, kamu bakalan sadar kalau saat-saat itu yang justru bikin kamu susah buat melupakan kenangan-kenangan bersama mereka.

2. Bahkan ketika makan bareng, "tempatnya dimana dan makannya apa" bisa bikin heboh sampai berantem. Tapi, ngangenin

Asal makan bareng, dah~

Asal makan bareng, dah~ via http://www.goodhousekeeping.com

Ingat nggak ketika break jam kuliah dan kamu kelaparan? Orang pertama yang kamu ajak cari makan adalah teman dekatmu. Kamu bakalan mengatur rencana ketika jam kuliah selesai untuk cari makan. Nah, di sini hal yang paling bikin kesel terjadi. Mulai dari "makan di mana?", "makan apa?", sampai "harganya berapa? yang murah aja" bakalan jadi perdebatan seru. Yang satu pengen makan mie, yang satu pengen lalapan, yang satu pengen pecel, dan yang lain pengen nimpuk (gak ding, hehe).

Giliran udah dapet menu tepat dan tempat strategis, eh duitnya kurang. Jadi, deh ngutang. 

3. Ngerumpi itu emang dosa, tapi ya emang nyenengin sih

rumpi bangets~

rumpi bangets~ via http://s3.amazonaws.com

Yang cewek-cewek, pasti udah sering ngerumpi sama sahabat-sahabat. Mau itu dua atau empat jam ya kayaknya ayo aja, deh. Asal mulutnya masih kuat. Walaupun tetep, pas ngerumpi masih aja ada yang didebatkan. 

Hi: Eh, si Dino katanya mau nikah sama ceweknya.
Mi: Ya iyalah, masa' nikah sama emaknya.

Tuh kan, ada aja bahan gosipnya. Tapi kok ngangenin, ya? 

4. Gila adalah kau dan aku, alias kita!

gila barengan

gila barengan via http://mery.jp

Hal absurd bin ajaib sering terlintas di pikiranmu dan sahabat? Namun asal kamu tahu, hal-hal itu justru bakalan kamu kangenin. Karena ketika udah tegang tiap hari ngurusin skripsi, ide-ide unik bin aneh nan ajaib yang dulu tercanang di otakmu itu memudar. Perlahan, kamu bakalan mikir bahwa ternyata hal absurd itu bikin bahagia juga.

Mi: Duh pengen beli mobil tapi kagak ada duit.
Fa: Patungan aja belinya.
Mi: Lha, nanti kalau udah lulus?
Fa: Ya, mobilnya dibagi-bagi. Satu dapet ban, satu dapet setir, satu dapet bagasi, satu lagi dapet jok-nya."

Ya, mbok pikir ini harta gono-gini? 

5. Sebulan sekali meluangkan waktu buat jalan bareng, walaupun duit cekak

jalan-jalan mulu

jalan-jalan mulu via http://jodiehilton.com

Sibuk sama kuliah bikin kamu selalu pengen refreshing. Biasanya kamu bakalan nyari waktu luang buat jalan sama temen-temenmu dan biasanya mall adalah pilihan instannya. Nah, pas udah di sana kalian bingung tuh mau ngapain. Ada yang pengennya belanja, makan, atau cuma beli es krim.

Kira-kira di semester tua, kamu bakalan pengen melakukan hal seperti itu lagi nggak sama temen-temenmu itu? Jawab jujur, gaes!

6. Aku pinter, kamu juga pinter!

pinter bareng, yuk!

pinter bareng, yuk! via http://www.chicagoacademic.com

Siapa yang selalu seneng banget kalau dapet tugas kelompok dan kelompoknya disuruh pilih sendiri? Pasti kalau ada tugas semacam ini, pilihan anggota kelompok jatuh pada mereka-mereka yang notabene adalah sahabat-sahabat kalian. Karena kalian berpikir, bahwa ngerjain tugas bareng orang yang kenal deket sama kita itu enak. Diskusinya nggak canggung, nyuruh-nyuruhnya nggak nanggung, sampai berantemnya nggak tanggung-tanggung. Seru, kan? Pengen ngulang masa itu lagi? 

7. Nonton film bareng dan menjerit bersama udah semacam hobi

serem tapi ditonton

serem tapi ditonton via http://wlbpa.org

Gak cuma soal idola, soal film pun bisa bikin heboh. Apalagi kalau nontonnya barengan di kamar kos dengan film hasil download atau nge-copy. Walaupun ruangannya kecil dan kalian gak cuma berdua. Tapi bertiga atau bahkan berlima sama temen-temen se-geng, rasanya suasana masih seru aja. Karena hal itu yang bisa bikin rame. Ditambah lagi kalau nontonnya film horror. Waduh, dijamin tetangga kos juga bakalan ikut menjerit denger teriakan kalian! 

Btw, kangen nggak sama momen nonton film bareng kayak gini?

8. Lo + gue = End! Ujung-ujungnya baikan juga

gak bisa jauh~

gak bisa jauh~ via http://www.europeanville.com

Hal sepele bisa bikin berantem sampai berujung gak mau ngomong satu sama lain. Tapi, ujung-ujungnya selalu ada salah satu pihak yang dengan sok lugunya bilang, "nggak mau berantem terus kayak gini." Dan akhirnya ma'af-ma'afan, deh. 

Fa: Aku tuh gak suka dihina kayak gitu!
Hi : Alah, biasanya juga sering terima kalo dihina
Fa : Ya tapi aku tuh gak bisa diginiin! Peka dong jadi temen!
Hi : Ya terus gue harus ngapain, kampret?
Fa : Tau, ah! Kamu jahat! Kalian jahat!
Hi : Etdaaah! Gitu doang dibilang jahat?! Ya udah, end!
Fa: Jangan end, dong! Aku gak bisa berantem-beranteman kayak gini!

Udah gitu aja, terus baikan. Padahal belum juga ada semenit bilang end-nya, hehe. Pernah ngalamin? Atau masih inget sama hal kayak gitu?

9. Biar nyebelin, suka berantem, aneh... tapi sahabat bisa jadi tempat curhat

jangan sedih lagi~

jangan sedih lagi~ via http://www.edgarsnyder.com

Biarpun sering bercanda kelewat batas, ngeselin, suka berantem, suka ngutang, tapi sahabat itu nyaman buat jadi tempat curhat. Dan di semester tuamu, bisa nggak kamu ingat-ingat lagi sudah berapa curhatan yang kamu lontarkan buat mereka? Pernah mikir juga bahwa mungkin aja pas kamu curhat ke mereka, ternyata mereka punya masalah yang nggak pengen kamu tahu.

Karena mereka nggak pengen lihat kamu susah. Pernah? 

10. 4 tahun bersama wajib hukumnya buat lulus barengan!

lulus bareng!

lulus bareng! via http://www.pinterest.com

Kalian pasti sering membicarakan tentang masa depan sama teman-teman kalian. Kerja di sini, S2 dan S3 di sana, nikah, dll. Tapi, satu hal yang selalu jadi topik mengharukan. Yaitu ketika kalian berencana untuk lulus barengan. Setelah kurang lebih 4 tahun bersama, kayaknya lulus skripsi bareng dan diwisuda bareng adalah hal yang paling kalian inginkan. 

Jadi, buat kalian yang sedang berada di semester tua, sibuk penelitian, dan nulis skripsi. Jangan cuma nemuin dosen pembimbing dan setumpuk deadline skripsimu, ya?

Tetap jaga komunikasi sama sahabat-sahabatmu. Karena tanpa mereka, empat tahun kuliah itu bakalan biasa-biasa aja. Nggak ada hebohnya.