Tujuan kebanyakan orang bertandang ke Provinsi Aceh untuk berlibur ke Pulau Weh atau Sabang. Tak ayal Pulau ini memang menjadi tujuan wisatawan baik dalam maupun luar negeri karena suguhan keindahan alam pantai maupun bawah lautnya.

Selain itu, Banda Aceh juga salah satu tujuan liburan selain terhitung Mesjid Raya Baiturrahman yang berada disini, juga dikarenakan tempat wisata pasca tsunami juga kebanyakan berada disini. Tapi kembali pada pembicaraan kawasan wisata eksotis, sudah pernahkah menjejakkan kaki di destinasi yang berada di Kabupaten Aceh Besar ini?

1. Lhok Mataie, di Ujong Pancu.

original by me via https://instagram.com

Tempat ini terbilang The hidden paradise dikarenakan letaknya yang memang tersembunyi dibalik gunung. Hamparan pasir putih dengan ombak yang tenang pasti tak akan menjemukan untuk mengunjungi destinasi yang satu ini. Dan dikarenakan letaknya dibalik gunung, tempat ini hanya diperbolehkan untuk laki-laki. Dibutuhkan banyak syarat untuk kaum hawa menjejakinya. But it really nice!

2. Bukit Jalin di Jantho.

salah satu view dari atas bukit via http://www.lensiana.com

Suguhan pemandangan dari atas bukit yang terbilang luar biasa coret luarnya seperti dari atas bukit pada umumnya. Udara segar ditambah suara-suarni alam yang akan mendamaikan suasana hati.

3. Bukit dan Tebing Lamreh di Krueng Raya.

Advertisement

dari atas bukit oleh Muhammad Wali via https://www.facebook.com

Nah, kontras perbedaan dengan bukit sebelumnya adalah panorama laut yang terhampar luas dan tebing curamnya. Ketenangan luar biasa yang akan terasa bila sudah menduduki rerumputan bukit ini. Angin sepoinya pun ikut nimbrung supaya tak segera beranjak dari anugerah Tuhan ini.

4. Air Terjun Kuta Malaka di Samahani.

sudut pandang samping via http://www.lensiana.com

Keindahan dari puncak, keasrian hutan, dan kicauan alam akan menemani. Kesejukan dan kealamian juga akan terasa bila telah memasuki hutan namanya juga hutan. Keberadaan air tejun yang beringkat-tingkat, akan membuat siapapun penasaran akan berapa tingkatan yang dimilikinya.

5. Air Terjun Beucari di Jantho.

nikmati kesejukannya via http://www.wisataceh.com

Tak kalah menakjubkan dari air terjun sebelumnya, suguhan alamnya pun masih asri. Air Terjun ini akan memanjakan mata dan diri jika menapakinya.

6. Pulau-Pulau di Kecamatan Pulau Aceh.

panorama salah satu pulau di kecamatan Pulau Aceh via http://travel.detik.com

Satu-satunya kecamatan kepulauan di Aceh Besar ini menyimpan surga yang tersebar disetiap pulaunya. Alam bawah lautnya pun tak kalah banding dengan Sabang. Kecamatan yang belum banyak disambangi pelancong ini membuatnya masih apik, begitu indah, bak gadis perawan dan sayang bila dilewatkan.

Tempat-tempat ini mungkin sudah begitu mainstream bagi mereka yang berada di Banda Aceh, Aceh Besar, dan sekitarnya dan namanya menanjak mulai awal tahun 2014. Tapi perlu diingat, sejauh artikel ini dibuat, belum banyak campur tangan pemerintah para pembesar. Dibutuhkan semangat, dan tenaga yang lebih sedikit saja extra. Pasti bukan soal untuk kamu yang berjiwa penjelajah kan?

Bagaimana traveler, pernah sambangi destinasi tersebut? Sudah menyertakan tempat di atas dalam list perjalanan selanjutnya? Turn on the music and Let's feel it!