Saya pernah dibuat galau sejadi-jadinya hanya karena mendengarkan lagu, dan siapapun dari kita mungkin akan menggangguk setuju jika ada saja lagu yang pernah mampu menggambarkan situasi hati dan jiwa kita. Entah itu menambah semangat hidup atau bahkan bisa membuat galau yang semakin terasa.

Lirik dan alunan dari sebuah lagu kadang bisa jadi penyihir hebat yang bisa membuat kita sedih sejadi-jadinya tapi bisa juga melompat hebat karena menemukan semangat hidup yang baru.
Nelangsa hati yang pernah saya alami kemarin membuat hati saya jatuh sejatuh-jatuhnya, berbagai usaha dan upaya saya lakukan demi membalut luka yang digoreskan oleh sipembuat luka. Jatuh bangun saya untuk mengeringkan bekas luka itu dengan banyak cara yang salah satunya adalah menghibur diri dengan lagu.

Dan lagu-lagu dari Banda Neira berhasil menyembuhkan luka saya, dari mulai luka hati - nelangsa hidup - pertemanan - hingga ke rasa sosial untuk sekitar.

 

1. Ditinggal pacar ? Tenang saja ada "Yang patah tumbuh, yang hilang berganti" yang akan mengobati hati

yangpatahtumbuh

yangpatahtumbuh via https://www.google.com

Dari lagu ini saya mendapat beribu energi yang membantu saya bangkit kembali dari sakit hati selepas dari kenyataan bahwa lelaki yang telah bersama saya selama hampir 2,5 tahun lamanya, bisa dengan tega menyakiti hati dan sayangnya saya kepadanya. Dia yang dulu saya percaya akan jadi teman hidup yang baik ternyata bukanlah orang yang tepat, saya dibohongi lalu menutup diri dalam waktu yang cukup lama hingga saya menemukan lagu Banda Neira untuk yang pertama kalinya dengan lirik :

Jatuh dan tersungkur di tanah aku
Berselimut debu sekujur tubuhku
Panas dan menyengat
Rebah dan berkarat

Yang,
yang patah tumbuh, yang hilang berganti
Yang hancur lebur akan terobati
Yang sia-sia akan jadi makna
Yang terus berulang suatu saat henti
Yang pernah jatuh ‘kan berdiri lagi
Yang patah tumbuh, yang hilang berganti

 

Sebagai orang yang doyan lupa, saya juga lupa kapan dan bagaimana saya bisa tau Banda Neira beserta lagu-lagunya. Yang pasti ini adalah lagu pertama yang menyelamatkan saya dari rasa tidak percaya akan adanya cinta yang lebih baik, dan dari situ saya mulai membuka diri kembali dan percaya masih ada cinta yang jauh lebih baik untuk saya di luar sana.

2. Disusul lagu "di beranda" yang sukses mengobati rindu setiap kali rindu rumah

Di beranda

Di beranda via https://www.google.com

Orangtua dan keluarga mungkin jadi satu-satunya orang yang tidak akan menyakiti dan meninggalkan meski seburuk apapun kamu, dan tak bisa dipungkiri masa-masa sakit hati tiap kali ditinggal pacar, ditinggal sahabat atau dikucilkan di lingkungan sekitar satu-satunya hal yang mampu membalut lukamu adalah rumah beserta semua pengisinya.

Tapi bagaimana jika ternyata saat ini kau tengah tinggal jauh dari rumah, entah itu untuk bekerja atau kuliah yang mau tak mau kau harus menahan rindu akan rumah yang selalu jadi tempat terhangat tiap kali sakit hati. Cobalah dengarkan lagu "Di beranda" dari Banda Neira yang cukup mengobati rindu akan rumah dan pasti mengembalikan semangatmu untuk melanjutkan hidup saat ini tengah tinggal di kota yang jauh dari rrumahmu.

Oh, ayah mengertilah
Rindu ini tak terbelenggu
Laraku setiap teringat peluknya 

Kamarnya kini teratur rapi
Ribut suaranya tak ada lagi
Tak usah kau cari dia tiap pagi

Dan jika suatu saat
Buah hatiku, buah hatimu
Untuk sementara waktu pergi
Usahlah kau pertanyakan ke mana kakinya kan melangkah
Kita berdua tahu, dia pasti
Pulang ke rumah 

Lirik ini adalah penggalan lagu yang selalu berhasil membuat saya kembali semangat untuk menjalani hari meski sedang rindu-rindunya akan rumah. 🙁 🙁 🙁  

3. Dan ketika cita-cita terasa semakin jauh dan susah untuk digapai ada lagu "Berjalan Lebih Jauh" yang akan mengembalikan semangat.

berjalanlebihjauh

berjalanlebihjauh via https://www.google.com

Jika dulu saat masih duduk di bangku SMA kau punya segudang impian yang kelak ingin kau wujudkan, lalu kenyataan hidup sehabis SMA memberimu fakta bahwa ternyata hidup tak segampang update status di media sosial. Kenyataan hidup membawamu membuka mata lebar-lebar bahwa ternyata tak ada impian yang bisa datang menghampiri jika kita tak mengejarnya terlebih dahulu. Mungkin kita akan mulai berpikir untuk mencari alternatif lain, menghapus impian yang dulu dengan sesuatu yang baru. 

Dan bisa saja perjalanan hidup yang sedang kita jalani membawa kita pergi jauh dari garis waktu yang dulu pernah kita rancang sedemikian rupa, di titik ini kita lagi-lagi percaya bahwa hidup tak selalu sesuai rencana manusia, Ha-Ha-Ha.
Tapi saya menemukan alasan baru untuk tidak terlalu banyak berdiam diri dengan tidur dan menghabiskan waktu dari lirik lagu "Berjalan Lebih Jauh" 

Bangun,
Sebab pagi terlalu berharga
Tuk kita lewati
Dengan tertidur 

Bangun,
Sebab hari terlalu berharga
Tuk kita lalui dengan
Bersungut-sungut 

Berjalan lebih jauh
Menyelam lebih dalam
Jelajah semua warna
Bersama, bersama 

4. Lalu perjalanan semakin jauh hingga "Ke Entah Berantah"

keentahberantah

keentahberantah via https://www.google.com

Lalu mulai berjalan sembari mengulik-ngulik jati diri yang sebenarnya, saya berkali-kali bertanya pada diri saya sendiri tentang keinginan saya sebenarnya?
Mau jadi apa saya 5 tahun lagi? Dan apa yang harus saya gapai dalam rentan waktu 5 tahun ini?

Hingga kepada orang-orang sekitar yang hadir dalam hidup saya, pengaruh apa saja yang bisa saya ambil dari mereka yang turut hadir dalam cerita perjalanan hidup saya. 

Dia datang saat hujan reda
Semerbak merekah namun sederhana
Dia bertingkah tiada bercela
Siapa kuasa 

Dia menunggu hingga ku jatuh
Terbawa suasana
Dia menghibur saat ku rapuh
Siapa kuasa 

Dan kawan
Bawaku tersesat ke entah berantah
Tersaru antara nikmat atau lara
Berpeganglah erat, bersiap terhempas
Ke tanda tanya

Meski kita tak bisa memilih siapa saja yang harus ada dalam hidup kita, setidaknya kita selalu punya cara tersendiri untuk mengartikan peran mereka yang sudah jadi bagian dari cerita, setidaknya saya menemukan itu dari lirik lagu ini.

5. Hidup sendiri di kota orang dan menemukan teman yang sudah seperti saudara sendiri

sebagaikawan

sebagaikawan via https://www.google.com

Jika kamu adalah seseorang yang memang tinggal jauh dari orangtua, melanjutkan hidup sendiri di kota orang. Setidaknya kamu akan menemukan sedikitnya banyaknya orang yang tiba-tiba bisa seperti saudara sendiri bagimu di perantauan. 

Bagi saya mahkluk-mahkluk ini adalah malaikat yang sengaja Tuhan kirimkan untuk hidup saya, menemani semua suka dan duka saya dan selalu bersedia menjadi tempat curhat yang siap sedia 24 jam tanpa pernah mengeluh kepada saya.

Jangan berdiri di depanku
karena ku bukan pengikut yang baik
Jangan berdiri di belakangku
karena ku bukan pemimpin yang baik
Berdirilah di sampingku sebagai kawan

Lirik lagu ini cukup mendeksripsikan sahabat-sahabat yang saya miliki selama hidup jauh dari rumah.
Bagaimana dengan kamu?

6. Hingga ke lagu paling romantis sepanjang abad yang saya dengar dari musisi lokal "Sampai Jadi Debu"

tini&yanti

tini&yanti via https://www.google.com

Badai Tuan telah berlalu
Salahkah ku menuntut mesra?
Tiap pagi menjelang
Kau di sampingku
Ku aman ada bersama mu

Selamanya
Sampai kita tua
Sampai jadi debu
Ku di liang yang satu,
Ku di sebelahmu

Badai Puan telah berlalu
Salahkah ku menuntut mesra?
Tiap taufan menyerang
Kau di sampingku
Kau aman ada bersama ku

Saya bisa pastikan siapapun wanita yang mendengarkan lirik lagu ini akan mengangguk setuju jika ini adalah lagu romantis dengan cirinya sendiri.
Liriknya yang sarat makna akan membuat kita meleleh dan merasa jadi wanita paling istimewa di dunia jika memang benar akan ada seseorang yang menyanyikan lagu ini. Angkat tanganmu jika kau juga sependapat dengan saya!

 

Deretan judul lagu dari Banda Neira di atas mungkin adalah lagu-lagu yang paling berkesan dalam hidup dan hati saja, Membantu saja kembali bangkit dari berbagai keterpurukan yang pernah terjadi. Dan tak bisa dipungkuri bahwa ternyata saya diam-diam jatuh hati pada semua lagu mereka yang bagi saya memang benar-benar lagu, bermaksa dan mewakili perasaan dan situasi hati saya.
Meski Banda Neira telah Resmi bubar pada 23 Desember 2016 lalu dan sontak membuat saya patah hati karena merasa seperti ditinggal kekasih saat sedang sayang-sayangnya. Saya tahu ini adalah keputusan tersulit bagi Banda Neira untuk bisa menemukan titik terang untuk keputusan bubarnya mereka. 

Satu hal yang selalu saya syukuri meski Banda Neira sudah tidak ada lagi saya masih bisa menemukan semangat-semangat baru setiap kali saya terpuruk dengan mendengarkan lagu-lagu mereka.

Bagaimana dengan kamu?