Hai sahabat hipwee, terimakasih buat kalian yang udah nyempetin waktu buat mampir ke artikel ini. hal pertama yang kalian pikirin dari kata “bebas” itu apa aja sih ? yang jelas tergambar di otak kalian adalah semuanya gratis, semuanya senang, yang penting kalian bahagia hari ini. Mungkin makan gratis, jalan-jalan gratis (alias tinggal duduk manis doang), nonton konser gratis, nemenin sahabat kalian belanja berharap dapet satu kaos atau celana.

Bebas alias gratis bin gretong mungkin familiar banget dari ajakan temen kalian yang hobi traktir. Traktir gebetan, atau entah siapa aja yang lagi deket sama doi. Dan hal itu sangat menyenangkan buat dilakuin saat hari weekend atau keseharian lo dihari yang lain. Kalian asik aja dengan semua kebebasan yang ada tanpa mikirin gimana nanti di masa mendatang kalau kalian masih terus-terusan mengharapkan yang namanya ‘’kebebasan’’. Kalian sadar nggak kalau uang yang kalian pake itu punya ortumu ? Memang sah-sah aja kan kalau buat sekedar menolong teman atau dalam kadaan darurat berharap ada yang menolong. Tapi semuanya itu nggak perlu berlebihan dan terlalu sering karna bisa ngerubah kalian menjadi orang yang belum dewasa.

Jadi, apa aja sih kebebasan yang bikin beban masa depan kalian nanti. Yuk intip berikut ini:

1. Harta orang tua

harta orang tua via https://www.google.co.id

Kalian senang bisa liat temen kalian tersenyum dan itu hal yang bagus membuat orang berbahagia. Walau hanya sekedar ajak jalan-jalan ke cafe buat jajan kopi sekaligus nemenin kalian yang lagi badmood. Mending dikurangin seperti itu karena di balik kebahagiaan itu kalian ngerubah temen kalian yang tadinya cuma dalam keadaan darurat bisa-bisa hampir tiap hari darurat dan memohon pertolongan dari kalian. Dan lagi kalian bakalan terbebani karna dia tau kalian itu bukan temannya lagi alias “malaikat darurat” .  

2. Buka rahasia

Kalian baru jadian sama seseorang yang kalian incer beberapa minggu ini dan dengan bangganya kalian ajak semua temen makan buat ngerayain keberhasilanmu. Sekaligus ngenalin si doi ke temen temen kalian. Berbahaya guys, dibalik makanan yang kalian beliin itu dan kabar bahagia yang dibagi bakalan berubah menjadi kabar buruk. Dengan diam-diam temenmu ngegebet pacarmu tanpa sepengetahuan, ya walau nggak jadian! tapi temenmu udah nusuk dari belakang. Ujungnya bakalan terbebani dengan penyesalan kalau udah terbuka soal rahasia terbesar kepada orang lain.  

3. Berpendapat

Advertisement

berpendapat via https://www.google.co.id

Menurut Aku itu nggak harus doi lakuin, cuma gara-gara putus cinta status di medsos galau bin sedih semua. Bebas berpendapat dengan sesuka hatimu itu boleh, tapi hati-hati dalam berkata. Sifat manusia itu berbeda ada yang gampang baper ada yang cuek. Yang nantinya perkataanmu bakal ngerugiin diri sendiri karena menyinggung hati seseorang.  

4. Berkarya

Melihat karya seseorang yang berhasil membuat orang ingin mempunyai karya yang sama. Maka tak jarang mereka mengubah sedikit sumber aslinya lalu di unggah kembali dengan anggapan itu karyanya dia.

Padahal berkarya itu bebas dengan inspirasi diri atau dari orang lain, bukannya menjiplak atau mengubah karya orang lain. Karna dengan jiplak itu bakalan jadi beban ketika salah satu fans seniman yang kalian jiplak itu lihat karyamu dan bakalan dapat nyinyiran pedas dari mereka. Yakin udah siap ?

5. Bergaul

Bergaul memang bisa dengan siapa saja, tanpa melihat status sosial atau yang lainnya. Tapi tetaplah berhati-hati ketika kalian memilih teman. Apakah temanmu itu akan membawa ke hal negatif atau positif?

Mulai sekarang belajarlah jadi orang yang bebas tapi tahu diri. Jangan terus-terusan maunya bebas tapi tidak di pikirkan gimana buat kedepannya. Kalau kalian udah dewasa seharusnya bisa mengerti, buat yang baru beranjak dewasa belajarlah jadi yang baik buat diri sendiri dulu. Kalau diri kalian sudah merasa cukup dan mampu boleh lah lakuin hal sebebasnya kalian tapi tetap ada batasnya.