Namanya sangat sering kita dengar, mulai saat duduk dibangku sekolah dasar maupun perkuliahan.  Salah satu tokoh paling kontroversial yang berhasil mengubah peta geografis negara-negara didunia.  Namun apakah kalian tahu siapa hitler sebenarnya, yuk kita simak ulasan berikut

 

1. Masa Muda Yang Penuh Pencarian

Lukisan Hitler

Lukisan Hitler via https://www.google.co.id

Masa muda hitler dimulai saat pencarian jati diri. Cita-cita untuk menjadi seorang pelukis tampaknya sudah terpatri dalam diri hitler.  Sang ibu pun memberikan seluruh tabungan keluarga untuk menyekolahkan hitler muda kejerman.  Namun nasib baik belum berpihak pada hitler, tidak diterima disekolah tersebut dan mulai menjadi seniman jalanan.

2. Masa Perang Yang Mengubah Hitler

Genderang perang telah ditabuh, tanda bagi semua negara untuk bersiap-siap menghadapi salah satu drama perang dunia pertama.  Tidak terkecuali bagi jerman, salah satu negara dengan militer terkuat dizamannya itu mulai mengumpulkan para sukarelawan untuk membela tanah air. Hitler berdiri dibarisan depan sebagai prajurit rendahan berjuang sepenuh hati .  Namun sayang jerman kalah dalam perang tersebut, begitu juga bagi hitler.

3. Kudeta Yang Gagal

Kondisi setelah perang sangat memprihatinkan bagi jerman, perjanjian versailes yang membuat jerman harus membayar biaya perang sangat menyusahkan rakyat jerman.  Namun dalam kondisi ini muncul sosok orator ulung dipinggiran kota munchen, dialah hitler.  Didasari dari rasa tidak percaya akan kekalahan jerman hitlem mulali mengumpulkan massa dan menyalahkan orang yahudi sebagai penyebab kalahnya jerman.  Dalam beberapa bulan hitler berhasil menghimpun cukup banyak orang dari berbagai latar belakang, mulai militer sampai kaum buruh.  Puncaknya saat hitler melakukan kudeta, namun sayang karena kurang nya persiapan kudeta tersebut berakhir kegagalan dan penangkapan hitler.

4. Buku Yang Menjadi Dasar Rencana Besar Hitler

   Dalam tahanan hitler pun mulai merencanakan seluruh pergerakannya untuk menggulingkan pemerintahan yang ada, dan uniknya kelak banyak orang yang percaya akan cita-cita kontroversial hitler tersebut.

5. Bangkitnya Sang Fuhrer

Sang Fuhrer

Sang Fuhrer via https://www.google.co.id

Masa tahanan hitler pun berakhir. Tidak disangka sebuah partai muda mengajak hitler untuk berkoalisi.  Dalam waktu singkat partai nazi dapat menguasai pemerintahan dan hitler berubah menjadi fuhrer yang menjadi penguasa tunggal jerman.  Dalam genggaman hitler jerman yang miskin berubah menjadi negara kuat dengan mobilisasi militernya yang begitu cepat.  Semua negara juga bersiap-siap untuk menghadapi drama perang yang sebentar lagi terjadi.

6. Blitzkrieg, Elang Hitam Dari Jerman

Perang Blitzkrieg

Perang Blitzkrieg via https://www.google.co.id

   Perang dunia kedua telah dimulai, dalam beberapa bulan pertama jerman berhasil mendominasi seluruh eropa dengan taktik blitzkriegnya.  Serangan cepat yang dibuka dengan kendaraan lapis baja dan dilanjutkan dengan pesawat stuka sebagai penyerbu terbukti sangat efektif di medan tempur eropa barat. Tinggal dua negara yang bertahan dari gempuran jerman, inggris dan perancis.  Dua negara yang memiliki sejarah panjang ini bersatu menghadapi musuh yang sama.  Namun tampaknya sang fuhrer belum puas akan pencapaian tersebut, dengan cepat perancis dapat ditundukkan dengan cara serupa.  Kini tinggallah inggris sendirian yang dipimpin churcil, singa tua inggris.

7. Bangunnya Beruang Merah Dari Ujung Eropa Timur

Operasi Barbarosa

Operasi Barbarosa via http://1.bp.blogspot.com

Tampaknya sang Fuhrer mulai menengok kebelakang, jauh ke eropa timur masih berdiri negeri beruang merah yang tertidur.  Seluruh armada barat mulai dipindahkan ke timur untuk bersiap-siap.  Hitler mulai melancarkan serangan dengan kekuatan penuh dengan target leningrad, moscow, dan stalingrad.  Dalam waktu beberapa hari seluruh baris pertahanan depan soviet telah jatuh.

Dalam kantornya stalin masih tidak percaya hitler melanggar perjanjian damai.  Satu demi satu kota utama soviet telah jatuh, hasil akhir perang mulai terlihat.  Tapi semua berubah saat tentara wehrmach, tentara angkatan darat jerman tertahan di kota stalingrad.  Tampaknya sang fuhrer llupa dengan sebab kekalahan napoleon di soviet.  Bulan demi bulan pertempuran di stalingrad belum memperlihatkan perkembangan berarti.  Musim dingin yang kejam mulai datang dan tentara wehrmach yang kelelahan mulai putus asa.  Marsekal wehrmach akhirnya menyerah pada soviet. Dari sini peta peperangan mulai berbalik.

8. Jatuhnya Berlin

Soviet terus melaju menuju berlin, moral tentara merah bangkit setelah kemenangan di staligrad.  Di medan eropa barat inggris dan amerika telah mendarat di pantai normand,  dengan kekuatan maksimal kedua negara ini ingin segera merebut berlin sebelum jatuh ke soviet.  Tentara merah tampaknya terlebih dahulu mencapai berlin, pertahanan tentara jerman yang putus asa sangat mudah ditembus tentara merah.  Dari bunkernya yang tinggal berjarak beberapa ratus meter dari tentara merah hitler akhirnya memutuskan bunuh diri dari pada menyerah pada soviet.  Cita-cita hitler untuk mewujudkan kejayaan jerman 1000 tahunpun ikut sirna.

Sosok hitler yang sangat kontroversial, dari seorang pelukis jalanan hingga menjadi diktator yang berhasil menguasai eropa. Terlepas dari seluruh tindak kejahatan hitler dalam perang, kita juga dapat mencontoh pendiriannya yang sangat kuat walaupun tak ada seorangpun yang mempercayai impiannya dia terus berjuang mewujudkan dan meyakinkan banyak orang hingga akhir hayatnya.

Dikutip dari berbagai sumber dan opini pribadi