Menginjak usia-usia produktif kamu mulai disibukkan dengan berbagai aktivitas dan rutinitas harian dari sekolah atau kampus. Apalagi jika kamu termasuk anak yang nggak bisa banget diem dirumah dan lebih memilih mencari berbagai kesibukan diluar biar nggak nganggur alias produktif. Nggak cuma tugas dari guru/dosen yang jadi daftar deadline mingguan, tapi juga berbagai kegiatan lain seperti ekstrakulikuler, komunitas mingguan, project sosial bareng teman-teman, les musik, dan segudang aktivitas lainnya.

Hal seperti ini emang seharusnya digeluti anak-anak muda, karena anak muda itu punya pemikiran-pemikiran segar, energik, dan punya keingintahuan yang tinggi. Alangkah baiknya masa muda digunakan untuk belajar banyak hal, tentunya biar nambah skill dan bisa sukses di usia muda.

Terus kapan quality time bareng keluarga dan sahabat? Gimana bagi waktunya? Kebanyakan aktivitas sering nggak fit sih sebenernya...

Nah penting banget buat anak muda untuk mempelajari self management yang baik agar bisa melatih disiplin diri. Self mangament adalah bagaimana kita mengatur diri kita dengan baik agar dapat mencapai target yag ingin kita capai.

Biar aktivitas harianmu berjalan oke dengan tetap menjaga fisik tetap sehat dan tetap punya waktu santai bersama keluarga dan sahabat, yuk simak tips berikut supaya punya self management yang baik!

1. Buat Daftar Deadline Harian

Make deadline list via http://www.pinterest.com

Ini penting banget, karena dengan begini akan memudahkan untuk mengingat hal-hal yang harus diselesaikan tepat waktu. Jangan lupa centang kalau telah berjalan sukses. Akan ada kesenangan tersendiri ketika kamu melihat listmu penuh dengan tanda centang sukses sesuai target waktu. Yey!

2. Buat Jadwal Rutinitas Harian

Jadwal padat its okay! via http://www.studentfirstmi.com

Kalau deadline isinya daftar tugas yang harus selesai, kepentingan project, janjian meeting, dsb. Nah pastikan kamu juga punya jadwal khusus rutinitas harian agar mudah membagi waktu rutinitas yang harus dilaksanakan dan deadline yang harus dikerjakan.

Advertisement

10.00-12.00 Les piano

12.00-13.00 Homework

…dan seterusnya.

3. Minum Vitamin Setiap Hari Sekali

Minum jus yang mengandung vitamin C via http://www.webmd.com

Selain makan makanan yang bergizi dan teratur, ada baiknya mengkonsumsi vitamin. Segudang aktivitas akan membuat otak dan ragamu lelah sehingga memerlukan asupan vitamin agar tetap fit beraktivitas.

4. Tidur Maksimal alias Bobo Cantik!

Sebentar tapi nyenyak via http://www.wonderwadrobes.com

Tidur maksimal penting banget! Setelah seharian melakukan ini itu, kamu harus punya batas untuk segera pergi tidur. Tidur akan mengistirahatkan otak dan badanmu sehingga besok bisa fit lagi beraktivitas. Meskipun waktu tidur hanya beberapa jam saja karena lembur tugas, usahakan tidur maksimal. Seperti apa sih?

Bersihkan badan sebelum tidur dengan cuci muka, sikat gigi, cuci tangan dan kaki. Pakai baju tidur yang nyaman dan pastikan tempat tidur dalam kondisi yang bersih, rapi, dan nyaman agar tidur benar-benar nyenyak meskipun hanya sebentar.

5. Booking Your Weekend and Do Anything Fun!

Waktunya kumpul bareng sahabat! via http://www.hipwee.com

Setelah mengerahkan otak dan pikiran selama hampir seminggu, usahakan kosongkan waktu di weekend untuk bersantai bersama keluarga dan sahabat. Buat weekend list dengan berbagai agenda sederhana yang menyenangkan. Nonton film bareng, mencoba resep kue kering, make DIY stuffs, berenang, piknik, hunting foto, menulis, dsb. Jangan lupa mendokumentasikan setiap momen seru kemudian langsung cetak dan dipajang dikamar biar jadi penyemangat aktivitas harian.

Kesenangan turut menjadi bagian dari self management. Kesenangan itu perlu untuk memperbaiki mood. Jika mood bagus segala aktivitas akan berjalan lancar, ide pun akan mengalir sempurna. Selamat menjadi anak muda yang produktif!