Bicara soal drama Korea memang seolah tak ada habisnya. Kalau di awal 2000-an drama Korea diramaikan dengan kisah pria kaya sang pewaris tunggal perusahaan yang jatuh cinta dengan gadis biasa saja. Pada beberapa tahun terakhir, drama-drama Korea semakin menunjukan kualitasnya dengan menampilkan sisi lain kehidupan, pekerjaan misalnya. Tidak lagi soal pewaris tunggal perusahaan-si kaya raya yang tak jelas pekerjaannya apa, beberapa drama ini justru menampilkan pekerjaan-pekerjaan unik yang tentunya menarik untuk diulik. Walaupun tetap dibumbui romansa cinta yang manis, 5 drama ini seolah mengajarkan bahwa bukan hanya cinta yang butuh diperjuangkan tetapi juga pekerjaan.

1. Jealousy Incarnate: mengajarkan bahwa penyiar berita cuaca memang tak boleh disepelekan

penyiar cuaca bahkan jadi rebutan oppa-oppa tampan via https://www.dramafever.com

Drama yang rilis pada tanggal 24 Agustus 2016 ini, menunjukan sisi lain dari dunia broadcasting TV. Pyo Na Ri yang diperankan oleh Gong Hyo Jin merupakan gadis yang bercita-cita menjadi penyiar berita namun gagal dan harus puas menjadi penyiar berita cuaca yang hanya muncul selama 60 detik. Walaupun begitu, ia benar-benar berjuang untuk pekerjaannya, ia bahkan begitu senang ketika Jung Won (Go Kyung Po) beberapa kali menonton Pyo Na Ri saat membacakan berita cuaca. Walaupun hanya muncul 60 detik dalam berita, Pyo Na Ri selalu berusaha tampil maximal ia pun begitu takut kalau ramalan cuacanya tidak tepat. Dengan kegigihannya, Pyo Na Ri sempat menjadi peyiar berita utama bersama Lee Hwa Shin (Jo Jung Suk) pria pujaannya, walaupun akhirnya kembali menjadi penyiar cuaca.

2. Pinocchio: antara karir, idealisme, dan kejujuran seorang Reporter yang dipertaruhkan

reporter begini bikin pingin diwawancara via http://www.koreaboo.com

Serial drama yang booming di tahun 2014 ini diperankan oleh Park Shin Ye sebagai Choi In Ha dan Lee Jong Suk sebagai Choi Dal Po. Choi In Ha merupakan anak dari seorang reporter ternama yang sempat memberitakan berita yang mampu menghancurkan keluarga Choi Dal Po. Hal tersebut membuat Dal Po begitu membenci ibu dari Choi In Ha dan berencana mengungkapkan kebenaran kasus ayahnya dengan menjadi seorang reporter. Perjuangan Dal Po mengungkap kasus yang ditimpa ayahnya serta perjuangan Choi In Ha menjadi reporter pun menjadi poin yang membuat drama ini semakin epic dan cerdas. Berkat perjuangan, kecerdasan, serta kejujuran Choi Dal Po dan Choi In Ha pun mampu menjadi reporter yang memiliki kredibilitas. Buat kamu yang bercita-cita menjadi reporter, drama ini wajib kamu tonton ya!

3. She was pretty: bekerja di redaksi majalah memang terkesan biasa saja, tapi drama ini justru lain ceritanya

Advertisement

kalo kerja bossnya ganteng gini sih ya…. via https://id.pinterest.com

Serial drama yang rilis pada September 2015 ini menceritakan tentang Kim Hye Jin (Hwa Jung Eum) yang tidak sengaja ditempatkan magang di bagian redaksi majalah. Ia pun harus siap bertemu dengan Ji Sung Joon (Park Seo Joon) cinta pertamanya yang tak lagi mengenalinya karena paras Hye Jin yang tak secantik masa belia. Terlepas dari kisah romansa antara atasan dan karyawan, drama ini menunjukan bagaimana Hye Jin berjuang untuk bisa menyesuaikan ritme kerja. Dia yang sangat tidak paham soal fashion harus berusaha mengenali setiap detail style pakaian yang ada di rubrik majalah tempatnya bekerja. Atas kegigihannya, ia mampu menjadi pegawai yang tak lagi diremehkan, ia pun mampu memperbaiki penampilannya menjadi gadis cantik nan modis dan tentunya kembali merebut hati cinta pertamanya.

4. Secret Garden: mengajarkan kita bahwa Stuntman/woman dalam setiap film action memang benar-benar berjasa

pemeran penggantinya cantik gini via http://lifeasasrilankan.blogspot.co.id

Serial drama yang sempat booming di tahun 2011 ini menceritakan tentang Kim Joo Won (Hyun Bin) seorang pengusaha kaya raya yang tergila-gila pada sosok Gil Ra Im (Ha Ji Won) yang merupakan seorang Stuntwoman. Melihat Gil Ra Im yang berjuang atas pekerjaanya bahkan tak jarang hingga terluka dan cidera membuat hati Kim Joo Won terenyuh. Saat mereka bertukar badan, Joo Won harus benar-benar merasakan bagaimana yang selama ini Ra Im rasakan saat menjadi stuntwoman. Terluka dan cidera seolah biasa saja, tak jarang mereka tidak diperhitungkan dalam adegan walaupun resiko pekerjaan yang dihadapi begitu besar. Walau hanya Drama, tapi kisahnya mengajarkan bahwa stuntman/woman memang benar-benar berjasa, mereka termasuk ornament penting yang membuat adegan di film action benar-benar terkesan nyata. So, masih mau meremehkan?

5. Shopping King Louis: mengajarkan kita bahwa karyawan e-commerce memang harus bisa berinovasi agar kehadirannya selalu diperhitungkan

Gimana udah siap dibelanjain? via http://www.allkpop.com

Kalau kamu sering belanja online mungkin kamu penasaran bagaimana cara orang-orang di dalamnya bekerja. Drama Shopping King Louis yang diperankan oleh Seo In Guk dan Nam Ji Hyun ini memberikan gambarannya. Louie yang merupakan shopping king yang selalu dengan mudahnya menghabiskan uangnya untuk belanja harus kehilangan ingatannya dan bertemu Go Bok Sil, gadis pedalaman yang mencari adiknya di Seoul. Go Bok SIl harus berjuang untuk mendapatkan penghasilan demi menghidupi dirinya dan Louie yang selalu bergantung padanya. Berkat Tn Cha ia bisa bekerja di tim merchandise Goldline perusahaan e-commerce ternama. Ia yang bahkan tak paham ponsel dan internet harus kerja keras demi mengikuti ritme kerja, ia pun harus rela saat idenya dicuri oleh karyawan lainnya. Berkat kerja keras serta kejujurannya Go Bok Sil pun diangkat jadi pegawai tetap bahkan mendirikan online store khusus hasil pertanian.

Hal yang membuat drama korea seolah tak kehabisan penggemar dari masa ke masa adalah karena inovasi dan nilai-nilai kehidupan yang ditampilkan. Tak hanya pekerjaan, isu national serta isu kesehatan yang masih belum banyak diketahui pun seolah tak luput dari ide sang sutradara Drama Korea. Memang bukan hanya 5 Drama di atas yang menampilkan sisi lain pekerjaan, masih banyak yang lain yang mungkin belum penulis tonton.

Punya referensi drama lain yang berkaitan dengan pekerjaan? Komen di bawah ya!