Alhamdulillah... Bulan Ramadhan telah tiba, nanti malam mulai tarwih, besok pagi-pagi musti bangun buat sahur bareng keluarga tercinta, besok siang mulai puasa, nahan nafsu untuk makan minum marah bergunjing (*yang suka gunjing-berhenti dulu ya! :p) pokoknya selama puasa berlomba-lomba dalam kebaikan, menghindarkan diri dari perbuatan tercela ya!

Dan kebiasaan nih, kalau puasa begini yang kita tunggu-tunggu apa hayoo?? YUPS!! Buber Bareng, alias buka puasa bareng.. Yang biasanya sekaligus reunian entah bareng temen se SD, temen se SMP, temen se SMA, temen se bangku perkuliahan, temen se kantor, dan banyak lagiiii...

Nah disini saya sering sekali kebagian tugas buat jadi panitia si pengadaan Buber tersebut! Entah dari SD/SMP/SMA/Temen kuliah pasti kalo pas mau ngadain buber yang di cari paling utama itu saya-- hiks. Maunya saya tuh, ya TERIMA JADI AJA, gitu.

Tapi apa boleh buat, kadang nyenengin kok jadi panitia buber begini. Karena jadi bisa tau tempat-tempat buber, sapa tau kesana buber sama calon gituu.. hehehe. Dan masalah yang ada adalah, saya bingung pilih tempat buber yang pas dan cocok buat temen-temen saya itu, yang dimana saya harus nyesuain lokasi yang gak begitu jauh dan harga yang tidak terlalu mahal untuk teman-teman saya.

Nah dari situ, saya pengen berbagi tempat-tempat Buber Jogja yang saya kira lumayan untuk dijadiin tempat buber sekalian reuni sama temen-temen semua!! Cekidooottt yah yang cah jogja.. hahahaa.

1. House of Raminten

Tempat Nongkrong Asyik dengan Menu Tradisional via https://latitudes.nu

Siapa sih anak jogja yang gak tau tempat yang hits ini??

House Of Raminten rumah makan yang lumayan memperlihatkan tempat romantis. Gimana tidak, konsep rumah makan yang unik ini cukup mengundang para sejoli untuk datang kesini. Buat berdua cocok, buat beramai-ramai tambah cocok. Konsep remang-remangnya yang menawan hati membuat para anak muda ingin mengunjungi tempat ini. So, gak salah kalau kalian yang mau reunian memilih House Of Raminten buat tempat buber kalian gais.

Untuk menunya, ada banyak menu tradisional, seperti : tahu bola, wedang sereh, cunduk, brongkos, sate lilit dan nasi kucing dan masih banyak lagi. Nah uniknya disini, para pelayan yang perempuan pakai pakaian kemben jawa, jadi gak cuma makanan aja yang jawani, tapi pakaiannya pun juga.

Alamat : Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta. Jam buka: 24 jam.

2. Pondok Bakaran Giwangan

Advertisement

Cari yang luas? Nih cocok! via https://www.facebook.com

Tempat buber paling pas, jika diadakan berpuluhan atau ratusan orang! Karena pondok bakaran ini terbilang cukup luas.

Untuk menunya, ada beberapa menu ikan seperti nila, bawal, gurameh, udang, cumi-cumi, dll. Selain ikan ada pula menu ayam dan lele, lengkap dengan menu sayur beraneka ragam. Lokasinya yang strategis yaitu diutara terminal Giwangan membuat Pondok Bakaran ini hampir tiap hari tak pernah sepi customer. Menyediakan lesehan juga duduk diatas.

Jadi bisa pilih, yang pasti jangan lupa booking dulu gais kalau tidak mau kecewa. Karena biasanya restoran besar seperti ini harus booking jauh-jauh hari sebelum hari H. Jadi sudah pada rapat sama temen-temen belum? hahaha..

3. Angkringan Pendopo Lawas

Cafe model angkringan? Kamu anak jogja tapi belum pernah kesini? Ini adalah Angkringan Pendopo Lawas yang terletak di timur Alun-alun Utara Yogyakarta. Dari suasananya bikin gak bisa move dari Jogja ya! 😀

Aneka wedang panas/adem, kopi-kopian, susu, jus-jusan, klethikan atau cemilan, oseng-oseng, jangan kuah / Sayur berkuah dan indomie ada disini. Jadi yang mo nge hemat, bisa jadi salah satu pilihan tempat buber kalian gais. Apalagi deket situ, ada Masjid Gedhe Kauman, yang dimana sangat bisa jadi pilihan untuk menunaikan ibadah sholat tarwih di Masjid Gedhe Kauman yang tidak jauh dari Pendopo Lawas ini.

4. Warung Pohon Omah Sawah

Rumah unik nan asyik! via https://farm4.staticflickr.com

Ciri dari rumah makan ini adalah gerbang yang terbuat dari bebatuan warna krem yang disusun secara rapi menghiasi depan Warung Pohon Omah Sawah ini. Ketika masuk, mata disuguhkan dengan pemandangan warung pohon penuh dengan pepohonan yang menjulang tinggi dengan akar-akarnya yang menjalar kemana-mana, dinding rumah pohon ini pun tetap kelihatan asri dengan hiasan bebatuan. Kesan dari Warung Pohon Omah Sawah ini seperti ditaman, sehingga sangat nyaman ketika kita menikmati santapan hidangan dari Warung Pohon ini.

Disini tersedia minuman tradisional, dan juga aneka jus. Aneka gurameh, ayam, udang dan lele tersedia disana.

5. Monggo Resto

Yang gak mau jauh-jauh kekota, kesini aja! via https://www.instagram.com

Restoran di Bantul, buat kamu yang males keluar kota Bantul, ini bisa jadi pilihan gais, ber sepuluh, ber dua puluh bisa. Menu yang ada di Monggo Resto lumayan lengkap juga lho, ada menu lauk seperti ayam, lele, nila. Menu sayuran ada capcay, kangkung, sup ayam, dll. Disini yang paling terkenal enaknya yaitu Ayam Bakar Rujak, yang jarang ada di restoran lain. Kamu suka rujak? Bolehlah cobain Ayam Bakar Rujak. Harganya yang pasti tidak lebih dari 20ribu. Masih harga pelajar kok. Tempatnya juga bisa pilih, ada yang duduk diatas dan juga lesehan.

Selama ramadhan mumpung ada promo nih, gratis takjil kolak dari jam 17.00-19.00 wib buat kalian yang buka puasa di Monggo Resto. Adapula menu rame untuk bersepuluh orang disini. Harganya cukup membuat takjub yaitu hanya 120k per 10 orang, itu artinya per orang hanya 12k gaiss. Untuk booking, segera aja, biar gak penuhan. hahaha

6. Pondok Cabe

Kapan buber? Kapan buberrr??? via https://media-cdn.tripadvisor.com

Pondok Cabe adalah salah satu tempat yang selalu ramai dikunjungi untuk makan bareng-bareng, tempatnya yang pas dan menu-menunya yang menggiurkan lidah patut jadi pilihan kalian buat jadi rekomendasi tempat buber kalian nanti gais. Pondok Cabe di Jogja ada beberapa tempat, salah satunya di Jl. Tamansiswa, selatan waroeng steak.

Menunya sangat lengkap, dari empal, bawal, garang asem, wader, sate ayam, lele penyet, sop iga, dan masih banyak lagi. Jadi kapan kamu buber sama temen-temenmu?? hahaha.

7. Bale Ayu Resto

Atau sini aja nih? via http://scontent.cdninstagram.com

Siapa sih yang gak tau Bale Ayu? Yang mempunyai beberapa cabang diberbagai tempat : Selatan Terminal Giwangan ada, Di selatan UIN ada, di dekat jombor juga ada. Jadi kalian bisa milih tempat mana yang dekat dengan kalian.

Menunya ada gurameh, bawal, nila, dll. Cocok buat acara berame-rame, apalagi tempatnya yang luas biasa untuk booking beratusan orang gais. Segera booking saja agar tidak kepenuhan.

8. LAIN-LAIN !! :d

Mau suasana jawa kenthel? Gedhang Mas pilihannya! via https://www.instagram.com

Nah ini beberapa rekomendasi tempat buber di Jogja yang bisa kalian cari tau sendiri infonya, hehehe. Abisnya sih, sebenere tempat buber di Jogja itu ada buanyak banget. Nih aku share :

1. Kedai Kedapi : Jl. Imogiri Barat, Timbulharjo, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191

2. Mak Pinah : Jl.Imogiri Barat KM. 6, Ngoto, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188

3. Banyu Mili Resto : Jl. Godean Km.4,5, Kel. Kwarasan, Kec. Nogotirto, Nogotirto, Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55182

4. Joglo Dhahar Gedhang Mas : Wirokerten, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.

5. Pondok Ndeso : Giwangan, Yogyakarta, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55163 ( Barat Bale Ayu Resto Giwangan )

6. Rumah Makan Mataram Indah : Jl. Wonosari KM 7, Baturetno, Banguntapan, Baturetno, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55197

7. Ayam-ayam Resto : Jl. Taman Siswo No 114, Yogyakarta