Hal yang paling dinanti-nanti bagi mereka yang baru saja melangsungkan pernikahan adalah bulan madu. Bulan madu sendiri identik dengan segala sesuatu yang berbau romantis. Salah satunya yaitu dengan mendatangi tempat-tempat yang romantis. Bali dan Lombok adalah tempat bulan madu yang sudah sangat mainstream. Maka tak ada salahnya jika kamu merasakan suasana berbeda yang antimainstream dengan mengunjungi tempat romantis yang tak banyak orang tahu, bulan madumu pun akan terasa lebih private. Tempat romantis itu adalah Ternate.

Tak banyak orang tahu kalau Ternate memiliki tempat-tempat eksotis nan romantis yang bakal membuat bulan madumu lebih intim. Lokasi bulan madu juga dapat menjadi penentu hubungan kedekatan dengan pasanganmu. Ternate sangat tepat menjadi pilihanmu.

Pulau kecil di nusantara bagian timur tak banyak dikenal orang. Padahal zaman dahulu sangat berjaya, termasyhur di seluruh dunia, diperebutkan bangsa-bangsa Eropa karena kekayaan rempah-rempahnya. Dan di balik itu semua juga menyimpan keindahan alam yang layak kamu nikmati dengan pasangan hidupmu sebagai lokasi bulan madu.

Lalu, apa saja yang dapat dinikmati bersama pasanganmu saat bulan madu di Ternate?

 

1. Merekam kesyahduan trio pulau Maluku Utara -Maitara, Ternate, dan Tidore di sepanjang perjalanan

Trio Pulau Maluku Utara

Trio Pulau Maluku Utara via http://visitternate.com

Saat kamu tiba di Ternate dengan pasanganmu yang beberapa waktu lalu mengucap janji sehidup semati di depan penghulu dengan dua orang saksi, kamu akan dibuat terpana dengan lanskep Ternate yang jauh lebih indah dari bayanganmu. Sehingga tak menyesal memilih Ternate sebagai lokasi bulan madumu. Udara yang segar, jauh dari polusi, pemandangan gunung yang menjulang menjadi senyum bahagiamu pertama di Bumi Kie Raha ‘Tempatnya Para Penguasa’. Kesyahduan bersama pasanganmu seirama dengan kesyahduan trio pulau Maluku Utara - Maitara, Ternate dan Tidore di sepanjang perjalanan ke tempat penginapan. Dan kamu pun tak sabar ingin menjelajah setiap jengkal Ternate dengan pasanganmu untuk mengukir momen-momen romantis.

2. Berlari-lari di antara riak ombak yang ceria di Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha via http://visitternate.com

Pantai Sulamadaha siap menghilangkan rasa lelah perjalananmu dengan air laut pasifik yang segar. Berlari-lari berkejar-kejaran di antara riak ombak dengan pasanganmu menjadi momen di pagi hari yang penuh keceriaan. Menaiki sampan yang berulang kali jatuh karena tak seimbang kalian naiki berdua membuatmu makin yakin bahwa dialah makhluk sempurna yang siap hidup susah senang bersamamu. Bukannya kamu kesal karen berulang kali sampan terbalik kamu justru bahagia dengan itu semua.

Tak cukup naik sampan kamu menantang pasanganmu untuk naik banana boat, tak mau dianggap remeh kamu pun menerima tantangannya meski kamu tak bisa berenang. Hingga saat terakhir sebelum selesai, banana boat dibalikkan kamu gelagapan karena berasa mau tenggelam tetapi pasanganmu malah menertawakan, menjadi momen kesalmu tetapi juga bahagiamu.

Setelah lelah bermain air, akhirnya kalian duduk di bawah pohon kelapa menikmati satu buah kelapa langsung di batok kelapa berdua. Senyummu terus mengembang tak karuan.

3. Sholat bersama di Masjid Al-Munawwar

Kemegahan Masjid Al-Munawwar

Kemegahan Masjid Al-Munawwar via http://flickr.com

Mungkin ini sholat pertamamu dengan pasangan halalmu, kamu pun merasa sangat mendapat lipat-lipat keberkahan. Jika selama ini kamu mendambakan diimami atau mengimami seseorang dalam hidupmu akhirnya kesampaian. Usai sembahyang mencium tangan suami dengan backsound orang yang sedang tadarus merupakan kombinasi religius yang membuatmu makin mantap bahwa dialah suami terbaik yang siap membimbing dan menuntunmu ke jalan yang benar.

Masjid yang megah di atas laut seakan menjadi saksi keagungan cinta kalian ditemani semilir angin laut yang khas. Membuat siang harimu makin romantis di momen bulan madumu.

4. Menikmati senja yang manja di Benteng Kastela

Senja Manja Kastela

Senja Manja Kastela via http://visitternate.com

Menikmati sang surya kembali ke peraduannya selalu menjadi suasana yang romantis jika bersama pasangan kita. Karena senja selalu menawarkan cerita yang berbeda yang membuat siapa saja betah menikmatinya. Duduk berdampingan ditambah pelukan hangat pasangan yang baru saja kamu nikahi tentu menjadi momen tak terlupakan saat bulan madu di Ternate. Bahu yang kokoh seperti Benteng Kastela seakan siap melindungimu dari bahaya. Senja manja dengan semburat jingga di ufuk barat seperti mewakili perasaanmu yang penuh kedamaian saat berdua dengannya.

5. Dinner ditemani kerlap-kerlip lampu kota Ternate

Keromantisan kota Ternate

Keromantisan kota Ternate via http://visitternate.com

Setelah seharian aktivitas di luar, kini saatnya kamu bersama pasanganmu bertukar cerita, merangkai mimpi bersama di bawah pendar lampu remang-remang kota Ternate. Menyantap Gohu Ikan khas Ternate dan saling suap menyuapi menjadikanmu lebih mengerti apa itu kasih sayang. Suasana yang tenang dan romantis tak kamu lewatkan begitu saja. Menatap sorot matanya yang menyimpan harapan dan keteduhan untuk selalu hidup bersama selamanya. Hingga akhirnya kamu menggenggam tangannya, meyakinkan lagi bahwa dia pasangan terbaik yang pernah dimiliki. Hatimu semakin leleh saat mendengar pengakuan betapa berharganya dirimu. Malam pun ditutup dengan kecup mesra di keningmu. Momen bulan madu di Ternate memang menawarkan suasana yang berbeda.

6. Berburu sunrise unyu di Pantai Falajawa

Sunrise unyu Falajawa

Sunrise unyu Falajawa via http://visitternate.com

Mata yang masih sayup-sayup, kamu dan pasanganmu sudah siap dengan pakaian olahraga, bersiap joging dari penginapan ke Pantai Falajawa demi sunrise 'unyu-unyu'. Udara yang masih segar, senyum dari pasanganmu memberi suntikan semangat sampai ke lubuk hatimu, meletup-letup tak terkira. Berkali-kali pun kalian foto berdua dengan berbagai pose ber-background Pulau Halmahera dan Tidore yang masih terkantuk di seberang. Dan dunia pun seakan milik berdua.

7. Menyejukkan hati di Danau Tolire

Danau Tolire yang sejuk

Danau Tolire yang sejuk via http://visitternate.com

Danau Tolire yang berada di atas bukit, di bawah kaki Gunung Gamalama, cocok menyejukkan hatimu supaya makin merasakan cinta dari pasanganmu. Menikmati jagung rebus dan teh hangat adalah momen bahagia yang sederhana di antara teduhnya pohon-pohon nan hijau, udara yang semilir sejuk khas gunung dan keramahan warga lokal membuatmu betah berlama-lama di sini berdua bersamanya.

8. Mengungkapkan cinta di Bukit Bunga

Bukit Bunga

Bukit Bunga via http://visitternate.com

Cinta adalah anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada manusia. Dan jodoh adalah makhluk penuh cinta yang manusia miliki. Tak perlu banyak berkata-kata, bunga cukup mewakili semuanya, mewakili rasa dalam dada, mewakili logika dalam pikiran.

”Aku, lelaki yang baru saja menikahimu, berjanji akan selalu menjagamu, dengan seluruh kekuatan cinta dan doaku. Dan terima kasih telah memilihku, aku bahagia bersamamu”

Romantis, antimainstream, penuh cinta, kenangan dan kebahagiaan.

Menikmati bulan madu di Ternate membuatku lebih mengerti dan yakin bahwa kamulah jodoh terbaik untukku. Aku ingin kembali ke sini bersamamu, hanya denganmu, sekali lagi.