Siapa sih sekarang yang nggak tahu nama salah satu produk mie asal Negeri Gingseng Korea? Ih, masa nggak tahu? Mie asal Korea yang terkenal pedasnya itu, lho! Lagi nge-hits banget nih model mie pedas begituan! Yupp, nama mienya yaitu S*myang! *Maap nih di sensor biar nggak dikata promosi maupun iklan, hehe*. Sudah dijual di beberapa swalayan gede, macem L*tte Mart, Carref*ur, dan lain-lain. Bahkan, kalian juga bisa beli secara online!

Soal harganya, hm lumayan menguras kantong, sih. Diriku pribadi belum pernah membeli dan mencoba mie tersebut. Hanya sekilas googling, cari informasi lewat Youtube, dan testimoni dari teman-teman yang sudah pernah mencoba. Kurang lebih Rp 18.000-20.000-an, bahkan ada yang harganya 30.000-an!

Latar belakang harga mie yang tidak sesuai kantong menyebabkan aku berpikir bagaimana supaya tetap bisa makan dan merasakan sensasi hits mie pedas tersebut. Bayangkan saja! Mie yang jarang-jarang aku makan harganya sekitar Rp 1.800-3.000-an aja, itupun sudah puas tumpeh-tumpeh. Kalo aku punya budget Rp 20.000, yaaaa mending ku belikan mie pada umumnya daripada mie goreng hits itu. Hehe, mengutamakan kuantitas banget, ya.

Tapi memang sih, terkadang aku pun punya hasrat buat mencoba kayak apa sih mie hits itu. Oleh karena itu, sembari saya menunggu kesempatan berbelanja ke swalayan besar, aku iseng-iseng aja menggunakan bumbu dapur yang pedas sebagai campuran mie goreng. Ahahay dan hasilnya lumayan memuaskan! Mau coba juga? Ini dia triknya:

1. Lada atau merica bubuk; buat kalian yang takut pedas tapi pengen coba

Lada atau merica bubuk via https://id.aliexpress.com

Bahan yang satu ini sangat gampang ditemui untuk dibeli di warung-warung sekitar rumah. Selain gampang dibeli, bahan ini juga termasuk praktis digunakan. Langsung saja dicampurkan dengan bumbu mie goreng kalian. Cara ini aku rasa lebih baik, dibandingkan jika kalian menaburkan lada atau merica bubuk langsung di atas mie. Kenapa? Well, menurutku ini akan menyebabkan bumbu tidak merata sempurna dan yang jelas bakal bikin bersin

But, kalau kalian lebih suka naburin lada bubuknya belakangan juga boleh, kok. 'Kan gaya masing-masing. Rasanya? Cukup pedas meskipun tidak terlalu ganas! Yaaaaa pedasnya hangat dibadan gitu. Yang pasti untuk kalian yang takut mulut terbakar, santai, jika menggunakan lada atau merica bubuk, mulut kalian akan aman. Palingan anget-anget aja nggak sampai terbakar.

Penambahan lada atau merica bubuk menurutku cukup memuaskan hasrat pengen makan mie pedas. Oh, iya! Lagian jika kita menggunakan lada atau merica bubuk bakalan lebih aman di lambung. Tapi jangan banyak-banyak kalau lambungnya sensitif. Pakai satu atau setengah sachet lada bubuk saja untuk satu bungkus mie sudah cukup, kok.

2. Tambahin Cabe Kering Bubuk atau B*n Cabe Biar Lebih Menantang

Bikin level pedas mie kamu meningkat via http://archive.kaskus.co.id

Advertisement

Yups! Sudah pada kenal kan sama bumbu yang satu ini? Sengaja disensor karena takut dikira promosi maupun iklan. Trik yang satu ini emang bikin hasrat pengen makan mie pedas hitsmu lumayan terpuaskan. Kalau dibandingkan tips nomor 2, yang pasti level sensasi pedasnya hampir mirip mie pedas hits. Yaiyalah, orang sama-sama pedas.

Oh iya, biasanya kalian bisa beli cabe kering bubuk di swalayan. Kalo B*n Cabe bisa dibeli di warung sekitar rumah. Kedua bumbu ini harganya juga lumayan bersahabat di kantong, asal belinya sachet-an ya, jangan kiloan! Hahaha. Cara mencampur bumbu ini di mie goreng kalian juga praktis, tinggal ditaburin aja di mie goreng yang sudah diaduk sama bumbu mienya. Kalau mau dicampur barengan bumbu mienya juga boleh.

Berhubung bumbu ini tidak menimbulkan bersin yang menggoda kayak lada atau merica bubuk, jadi ya menurut saya lebih enak ditaburkan setelah mie siap santap aja, sih. Yang harus kalian perhatikan ketika menggunakan bumbu ini adalah kuantitasnya! Kenapa? Soalnya bumbu ini tingkat pedasnya lebih tinggi dibandingkan lada atau merica bubuk. Jadi, hati-hati ya sama lambung. Setengah atau satu sachet aja sudah cukup, jangan banyak-banyak. Kalau kebanyakan bisa-bisa mulut kalian ikut terbakar!

3. Coba uleg cabe rawit terus direbus bersama kuah mie

Uleeeg terus via http://www.apagimana.com

Hmmm kalo bahan yang terakhir ini siapa sih yang nggak tahu? Yups! Kalo kalian lagi males ke warung buat beli lada bubuk atau B*n Cabe, bisa juga pakai cabe rawit yang ada di dapur rumah atau metik tanaman cabe yang ada di rumah kalian. Yang pasti, cabe akan selalu ada di dapur, secaraaaaa~ ibunda kita tercinta kalo masak sambal pasti pake cabe, 'kan?

Inti dari tips ini yaitu uleg-an cabe rawit direbus bersama kuah mie. Ini bertujuan agar rasa pedas cabai bisa terdistribusikan dengan sempurna dan diharapkan dapat terserap oleh mie. Tips dan trik ini lebih cocok untuk kalian yang males mengunyah si cabe untuk menghindari rasa pedas yang berlebihan. Untuk kalian yang hanya membutuhkan sensasi pedas cabe tanpa mengunyahnya tips ini cocok banget. Lagipula, bisa kok pakai cabe berapapun yang kalian mau. Bisa diibaratkan kalian hanya memeras rasa pedasnya, ampasnya? Dibuang, deh. Gotcha!

4. Iris tipis-tipis cabe rawit lalu direbus bersama kuah mie

Makin banyak makin pedas via http://datariau.com

Kalau tips yang ini intinya sama kayak tips nomer 3. Bedanya, cabe rawitnya utuh alias nggak di-uleg. Intinya pun sama, cabe direbus bersama kuah mie. Begitu pula tujuannya agar rasa pedas cabai bisa terdistribusikan dengan sempurna dan diharapkan dapat terserap oleh mie.

Cukup memuaskan tapi yang patut diperhatikan adalah biji cabenya! Oleh karena itu, diharapkan memakai cabe seperlunya saja ya, jangan berlebihan. Ingat perut bisa mules, lho. Hehe!

5. Hasrat terpuaskan, dompet amaaaaan!

Tenang, aman kok! via http://www.hipwee.com

Modal yang kalian keluarkan dengan mencoba tips trik tersebut dijamin lebih murah lho dibandingkan beli sebungkus mie pedas hits! Nggak percaya? Mari kita berhitung! Mie goreng Rp 1.800-2.500 bisa juga Rp 3.000, plus lada atau merica bubuk yang sachet-an aja Rp 1.000-1.500-an. Kalau kalian pakai bubuk cabe kering atau B*n Cabe yang sachet-an juga sekitar Rp 1.500-3.000-an. Yang lebih hemat lagi kalau pakai cabe rawit yang ada di dapur rumah, dengan catatan cabe rawitnya sudah ada ya di dapur.

Masih terjangkau 'kan sama dompet? So, modal yang kalian butuhkan nggak nyampe Rp 10.000! Murah, bukan? Murah, gampang dicari dan dibeli, plus sensasi pedasnya lumayan memuaskan. Apalagi yang kurang? Hehehe.

Well, gimana tips dan trik membuat sendiri mie gorengmu sepedas mie goreng hits saat ini? Mudah dan simpel, 'kan? Mau mencoba semua tips dan triknya? Silakan!

Jangan lupa ya tulis pengalaman kalian setelah mencoba tips dan trik ini di kolom komentar dan bagikan juga ke orang lain supaya banyak yang ikutan mencoba! Salam Sesama Penyuka Makanan Pedas!