Apa sih yang menarik dari tanggal 17 Agustus? Hari Kemerdekaan Indonesia, pengibaran bendera, adanya berbagai macam perlombaan. Tapi di tanggal 17 Agustus, kamu sedang tidak berada di Indonesia? Ada kongres atau liburan? Atau sedang ada summer school di luar negeri? Mungkin tips-tips ini bisa membuat kamu yang sedang sendirian di luar negeri juga bisa memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Jangan mau kalah dengan yang di Indonesia!

 

1. Kunjungi KBRI!

Foto Kegiatan 17 Agustus 2013

Foto Kegiatan 17 Agustus 2013 via http://www.kemlu.go.id

Ini menjadi deretan pertama. Selain kamu akan kenal dengan staf-staf KBRI dan teman-teman baru, kamu akan merasakan menjadi anak rantau yang tidak kesepian. Biasanya KBRI akan mengadakan pengibaran bendera dan berbagai perlombaan. Sudahkah kamu tahu letak KBRI di negara rantauanmu?

2. Kamu bisa pergi menjelajah ke kota lain atau ke puncak gunung yang ada di negara rantaumu. Tancepin tuh sang bendera merah putih!

Bercengkerama dengan Keindahan Gunung Kerinci dan Gunung Tujuh

Bercengkerama dengan Keindahan Gunung Kerinci dan Gunung Tujuh via https://langiteduh.wordpress.com

Buat kamu yang jiwa petualang dan suka mendaki gunung, cara ini bisa dicoba! Selain tidak bosen di rumah dan mupeng ngeliat teman-teman instagram posting kegiatan di Indonesia, kamu juga bisa pamer kalo kamu ikut memeriahkan 17 Agustus (walaupun sendirian, hehehe).

3. Bagikan bendera kecil atau sejenisnya kepada penduduk setempat.

Polres Lhokseumawe Bagikan Bendera

Polres Lhokseumawe Bagikan Bendera via https://www.google.com.tr

Mungkin di negara rantaumu, masih ada beberapa WNI lainnya. Kamu juga bisa usulkan ini kepada mereka. Dengan patungan beberapa dolar, kamu bisa membuat bendera merah putih, pin, atau stiker tentang Indonesia. Dengan begini nasionalismemu akan meningkat. Karena kamu memperkenalkan ke penduduk daerah setempat tentang Indonesia. Oya, jangan lupa pakai baju batiknya ya!

4. Adakan stand Indonesia dadakan di sentral kota.

Festival budaya Indonesia di Gaziantep, Turki

Festival budaya Indonesia di Gaziantep, Turki via https://capricorn92.wordpress.com

Punya banyak barang-barang Indonesia? Kenapa tidak mencoba kegiatan satu ini. Tapi cobalah minta ijin kepada daerah setempat terdahulu, hehe... Standmu tidak harus besar, asalkan dapat menarik perhatian. Misalkan juga, untuk menarik perhatian, kamu bisa bermain angklung, menari tarian Indonesia, atau pertunjukan budaya Indonesia lainnya. Wuah, modus-modus bisa dapat orang sana. Hihihi...

5. Kumpul dan nonton bareng dengan WNI.

Kumpul bareng

Kumpul bareng via https://twitter.com

Kalau dari sekian cara tidak memungkinkan kamu untuk melakukannya, mungkin cara ini yang paling sederhana. Yaps! Walau kamu sudah banyak mempunyai teman dari negara asing yang berbeda-beda, tapi di 17 Agustus sempatkan untuk mengajak WNI lainnya untuk kumpul bersama, masak makanan Indonesia, dan nonton film Indonesia.

Lebih-lebih kalau kalian nonton film yang bisa menambah rasa cinta kalian kepada Indonesia.