Pernah nggak sih kalian merasakan bosan, jenuh, bete saat lagi asik-asiknya traveling dengan orang yang itu-itu aja? Pasti pernah kan. Kalian udah sering banget traveling kemana-mana bareng temen, saudara, atau mungkin adik sendiri, tapi kalian belom pernah sama sekali traveling bareng pasangan dan pasti pengen banget kan backpackeran bareng kesayangan dan bisa merasakan sensasi lebih menyenangkan sekaligus membahagiakan, namun juga ‘mungkin’ berpikir 'repot nggak ya traveling bareng pasangan?' 

Inilah 7 tips sederhana yang bakal bikin suasana traveling kalian bareng pasangan berasa banget lebih menyenangkan, membahagiakan sekaligus nggak bakal bikin repot.

 

1. Tentunya yang pertama adalah tujuan traveling yang jelas

Kalau nggak ada tujuan ngapain traveling?

Kalau nggak ada tujuan ngapain traveling? via http://www.wisatadanhotelmurah.com

Kalian pasti pengen kan mendapatkan hal menakjubkan pada saat traveling nanti?

Jadi, rencanakan dengan matang bareng pasangan kalian. Bicaralah beberapa hal penting misalnya aja dari biaya, tujuan, waktu, dan hal apa yang mau kalian raih bareng kesayangan jauh-jauh hari, ya contohnya aja 2 minggu atau 1 bulan sebelum hari keberangkatan kalian berdua. Jangan sampe nanti pada hari H-nya ehh kepengen ini itu ini itu yang pasti akan berubah arah dan bisa makan budget lebih gede. Emangnya mau?

2. Saling berbagi tugas dan tanggung jawab dengan pasangan

Saling mengatur keperluan dan tanggung jawab itu enak

Saling mengatur keperluan dan tanggung jawab itu enak via https://swingtechno.wordpress.com

Berbagi tanggung jawab itu ternyata bisa bikin kalian makin dewasa lho. Contohnya kamu memilih tugas dan tanggung jawab dalam mempersiapkan tempat penginapan dan kesayangan kalian memilih tugas untuk mengurus transportasi apa yang akan kalian gunakan nanti pada saat mau berangkat traveling. Kalau saya sendiri sih, traveling lebih menggunakan kendaraan sepeda motor, alasannya nggak bikin ribet dan anti macet banget.

Kalau dari awal udah ada perjanjian tugas dan tanggung jawab, pada hari H keberangkatan kalian berdua pasti dijamin nggak bakal repot deh. Hal ini juga bikin kalian bingung dan terjadi konflik ini itu deh. Serius!

3. Wajib minta izin sama ortu, nah kalau ini harus pastinya β€˜kalau’ kalian masih pacaran

Biar 'dapet izin' dan selamat sampe tujuan dan pulang

Biar 'dapet izin' dan selamat sampe tujuan dan pulang via https://www.antonwidawan.com

Hmmm, yang ini harus kalian lakukan sebelum hari traveling kalian dilakukan. Coba pikirkan deh, orang tua kalian pasti punya rasa khawatir kan kalau anak ceweknya pergi traveling ke luar kota hanya berdua aja bareng pacarnya? Mungkin ortu akan percaya banget jika nggak ke luar kota.

Karena hal tersebut, buat kalian para cewek jangan lupa untuk bilang sama cowok kalian ya girls untuk memohon izin atau restu kepada orang tua kamu, oke girls? Dan dengan begini, biasanya ortu kalian pasti percaya dan memberi izin deh. Kalau bagi kalian yang udah jadi suami Istri mah bebas pastinya, mau traveling kemana kek, asal jangan lupa beliin oleh-oleh buat orang tua kalian berdua yee hahaha.

4. Konsisten pada saat traveling dengan cara 'bikin itenary' yang bikin kalian nyaman

Penting banget lho ini!

Penting banget lho ini! via https://antirayap.co.id

Agar traveling kalian mengasyikkan, menyenangkan sekaligus membahagiakan, maka kalian wajib bikin itenary yang jelas. Setiap hal yang akan kalian nikmati bareng pasangan, maka kalian musti konsisten. Sama halnya kalian menentukan arah dan tujuan, maka kalian berdua harus bisa menahan ego kalian berdua yang bisa-bisa bikin traveling kalian jadi nggak seru.

Contohnya aja kalian kepengen plesiran ke tempat kuliner, nah kalian harus saling memikirkan 2 hal yaitu mau jajan apa dan lama atau nggak. Tujuannya agar nggak memakan banyak waktu. Nggak mungkin kan kalau kalian hanya menunggu tuh si cewek kalian mikirin mau kuliner di mana dan apa sambil muter-muter nggak pasti dan berujung bosen.

5. Persiapkan fisik dan mental kalian. Emangnya mau pas hari H malah sakit?

Fisik sehat, mental kuat langsung cuss

Fisik sehat, mental kuat langsung cuss via http://www.haibunda.com

Nah yang ini nggak kalah penting sama yang sebelumnya. Mungkin aja kan traveling yang kalian mau diharapkan indah dan manis, eh malah rusak dengan adanya pertengkaran yang kecil, sakit, atau lainnya. Maka dari itu, pastikan dan manfaatkan waktu sebaik-baiknya serta sekuat-kuatnya fisik dan mental kalian berdua untuk olahraga santai dan istirahat yang cukup. Nggak banget kan kalau pas di tengah atau bahkan hari H keberangkatan kalian, eh si kesayangan kamu malah ngambek yang berujung minta pulang duluan?

Harus selalu ingat bahwa traveling kalian itu dilakukan untuk seru-seruan, bersenang-senang, sekaligus mendapatkan rasa kebahagiaan lebih dari pasangan kamu. Jangan sampai deh hal kecil bisa bikin rencana traveling kalian malah berantakan nggak karuan, cukup baju dan celana aja yang agak berantakan di lemari hahaha.

6. Nggak kalah penting dari yang lainnya, yaitu mengatur keuangan

Jangan sampe kelewatan nih ngatur duit!

Jangan sampe kelewatan nih ngatur duit! via http://id.biroproperti.com

Hmmm, aku ini pacar kamu, but still he or she is not your husband or wife! Kalau kalian kepengen sharing masalah biaya, maka nggak usah ragu untuk membicarakan berapa budget yang dibutuhkan untuk traveling kalian. Contohnya aja deh, cowok kamu or cewek kamu cuma punya budget 750 ribu jadi 2 orang ya 1,5 juta. Nah, pertanyaan kalian pasti gimana sih biar budget 1,5 juta bisa bikin kalian sampe ke tujuan utama seru-seruan bareng pasangan. Selain itu, apa aja deh yang akan ditanggung bersama dan apa-apa saja yang masuk keperluan pribadi, maka wajib kalian rembukin kebutuhan yang akan ditanggung.

Budget traveling sangat penting banget lho! Pokoknya jangan pernah nggak rembukin 1 hal ini deh, karena kan kita nggak tahu berapa yang harus dikeluarkan, betul nggak? Contohnya aja kaya budget di atas yaitu 1,5 juta harus cukup untuk pulang dan pergi, jangan sampe nantinya malah lebih dari perkiraan. Nggak usah jauh-jauh, cukup ke Yogya atau Bromo aja nggak akan sampe segitu biaya yang dikeluarin.

7. Yang terakhir ini jangan sampai lupa yaitu dokumentasi traveling

Membekas, melekat dan berharga. Foto dah semuanya!

Membekas, melekat dan berharga. Foto dah semuanya! via https://designmbc.blogspot.com

Dokumentasi merupakan sebuah bukti berupa photo-photo, tulisan, dan masih banyak lagi yang identik dengan selfie dan memotret keindahaan objek di sekitar kalian. Tips terakhir ini merupakan tips yang bagi saya sendiri bersama pasangan saya paling membekas dalam diri dan pengalaman, karena kenapa? Karena kisah traveling bareng pasangan nggak akan bisa dilakukan sering-sering.

Contohnya aja kalian berfoto bareng pasangan kalian saat traveling ke Gunung Rinjani. Nah, hal yang paling membekas adalah kalian bahagia banget. Pertama, traveling langsung nanjak Rinjani yang merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia, yang mungkin masih banyak pasangan belum bisa ke sana. Jadi, dokumentasi itu sangat penting deh pokoknya untuk mengenang kisah kalian pada saat pertama traveling.

Nah, itulah 7 tips sederhana traveling pertama bersama pasangan yang bisa kalian terapkan ketika ingin pertama kalinya traveling agar kisahnya semakin seru, mengasyikkan, sekaligus membahagiakan. Ingat, traveling adalah kegiatan gaya hidup di luar zona nyaman yang 'mungkin' bisa membuat kalian berdua menemukan siapa diri kalian sebenarnya dan seperti apa passion kalian yang belum kalian temukan dan go together, stay together, and be happy together. Semoga bermanfaat dan selamat ber-traveling bareng pasangan! πŸ™‚