Sekarang ini ada banyak hal yang dapat memicu timbulnya stress dalam diri seseorang. Masalah, tantangan, tekanan, bahkan perselisihan sepele bisa saja menghalangi sukacita dan perasaan bahagia dalam menjalani hidup. Stress yang berkepanjangan tidak hanya berdampak pada timbulnya depresi dan masalah dengan kejiwaan, tetapi juga akan berpengaruh pada kesehatan fisik, serta kinerja penderitanya.

Pastinya kita tidak mau kan melewati masa muda dengan tidak bahagia. Untuk itu, kita harus lebih peka dan peduli pada diri kita sendiri, dan segera lakukan 5 hal sederhana ini disaat kamu sudah mulai merasa stress menghampirimu.

1. Berkumpul bersama teman akan membuatmu merasa lebih baik

bahagia adalah ketika bisa tertawa bersama teman-teman via http://www.yourworldwithcreflo.com

Pada hakekatnya manusia adalah makhluk sosial, disaat seseorang mulai merasa tertekan, ada kalanya mereka membutuhkan teman untuk berbagi, bertukar pikiran, atau sekadar tertawa bersama. Hal tersebut akan meringankan beban yang kita rasakan. Tidak perlu melakukan hal-hal yang ekstrim atau pergi ke suatu tempat yang jauh. tapi cukup dengan janjian untuk makan, atau nongkrong di cafe langganan bersama dengan teman-teman terbaikmu. Jika hal tersebut tidak memungkinkan dikarenakan kesibukan masing-masing, tidak ada salahnya kita memanfaat teknologi untuk chatting atau berbincang melalui handphone dan temukan kecerian yang akan membuatmu harimu menjadi jauh lebih menyenangkan.

2. Relaksasi dengan meditasi atau yoga akan meningkatkan energi positif dalam diri

mencari ketenangan lewat yoga atau meditasi via https://hopewoodlifestyle.com.au

Meditasi atau yoga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, yang kamu perlukan hanyalah konsentrasi. Sekali waktu kita perlu menarik diri dari keramaian dan kepenatan yang sehari-hari kita rasakan, untuk sekadar duduk, memejamkan mata, dapat juga diiringi dengan lantunan musik instrumental lembut atau suara-suara alami dari alam jika dilakukan outdoor.

Advertisement

Cukup dengan 20-30 menit setiap harinya, tarik nafas dalam-dalam dan temukanlah ketenangan yang akan membangkitkan dan meningkatkan energi positif dalam diri untuk menjalani hari dengan lebih bersemangat.

3. Travelling ke tempat favoritmu untuk refreshing dan nikmati keindahan-ya!

Setiap orang pasti punya tempat favorit atau tempat yang selalu dikunjungi saat suasana hati sedang tidak menentu. Jika kamu mulai merasa tertekan dan stress, mungkin sudah saatnya kamu kembali mengunjungi tempat-tempat tersebut, untuk bernostalgia sejenak, atau menikmati pemandangan indah yang menyejukkan hati. Seperti ada pepatah cinta mengatakan "dari mata turun ke hati" jadi dengan memberikan hiburan untuk mata, secara tidak langsung juga bisa menghibur hati ^^

4. Temukan kebahagiaan dengan melakukan apa yang kamu senangi

do what you love via http://cdn.hiconsumption.com

Yang satu ini bicara tentang hobi dan kegemaran. Melakukan apa yang kita sukai dan senangi secara tidak langsung akan menjadi mood booster super ampuh. Hati yang gembira itu adalah obat, walaupun mungkin tidak menyelesaikan masalah, tapi setidaknya itu bisa mengobati stress dan rasa tertekan yang sedang kita alami. Daripada menghabiskan waktu dengan murung lebih baik mengalihkanya dengan mengerjakan apa yang kita sukai, tidak sedikit orang yang sukses dengan menjalani hobi mereka, siapa tahu kamu giliran selanjutnya.

5. Berdoa memang hal sederhana, tapi penuh makna dan memberikan kekuatan yang luar biasa

pray until something happens via http://media.salemwebnetwork.com

hal terakhir yang harus kita lakukan adalah yang paling sederhana yaitu berdoa. Jika semua terasa sudah tidak ada harapan, daripada kita berusaha mencari jalan keluar sendiri, lebih baik kita berdoa kepada Tuhan dan memohon kekuatan dari-Nya. Bukan hanya kekuatan, tetapi dengan bersandar pada Tuhan kita juga dapat merasa lebih tenang. Stress terkadang muncul karena kita khawatir berlebihan akan sesuatu yang belum terjadi, dan dengan berdoa akan membuat kita merasa lebih baik, dan rasa stress berangsur-angsur menghilang.

Jangan kalah dengan stress, dan jangan biarkan dirimu dikuasai oleh perasaan stress! Jalanilah harimu dengan semangat baru dan keyakinan bahwa hari ini akan jauh lebih baik dari kemarin. saatnya say goodbye pada stress. ^^