Finlandia adalah negara paling terpelajar di Dunia versi The World’s Most Literate Nations. Posisi ini dicapai oleh Finlandia karena adanya kerjasama yang mencakup semua unsur di negara tersebut. Tidak terkecuali keluarga!

Keluarga sangat diperhatikan oleh negara tersebut sebagai tempat pendidikan pertama anak. Setiap anak yang lahir langsung diberikan tunjangan oleh pemerintah. Kesadaran orangtua juga dibangun untuk menjalankan proses pendidikan anak dalam Keluarga.

Orangtua dalam keluarga adalah pendidik pertama bagi anak. Orangtua mempunyai tugas pokok sebagai pendidik dalam mendidik anak.

Anak merupakan harta sangat bernilai bagi keluarga. Maka dari itu, orangtua harus serius dalam menjalankan pendidikan anak dalam keluarga. Jika pendidikan yang berlangsung dalam keluarga dilakukan dengan baik oleh orangtua, maka anak akan terpengaruhi sifat baik itu.

Orangtua harus mampu memposisikan dirinya sebagai pendidik terbaik anak. Terkadang orangtua harus menyesuaikan diri sesuai dengan perkembangan anak. Hal penting yang harus dilakukan orangtua saat bersama anak akan dipaparkan di bawah ini.

1. Jadilah orangtua yang dicap sebagai pendengar yang baik oleh anak

Komunikasi Ibu dan Bayi, Berpengaruh Besar Pada Kemampuan Sosial Anak Kelak via http://www.sehatmagz.com

Sebagai orangtua yang menginginkan anaknya dapat berkembang dengan baik dalam bidang berkomunikasi atau pintar dalam mengembangkan imajinasi serta kepercayaan diri anak, maka orangtua harus memposisikan dirinya sebagai pendengar terbaik anak. Jadilah orang yang sangat tertarik untuk mendengarkan cerita dari anak.

Tunjukan bahwa anda sebagai orang yang paling setia untuk mendengarkan cerita dari anak.

2. Bukan cuma guru yang bisa memberi nilai. Justru, orangtua adalah penilai terbaik bagi seorang anak

Mengapa Anakku Susah Tenang? (Keluhan Ibu bagi Anak Laki-laki) via http://www.vemale.com

Cara membangun kepercayaan diri anak dapat dilakukan dengan memberi nilai terbaik atas apa yang dilakukan anak. Memberi nilai terbaik bagi anak akan membuat anak bahagia dan selalu akan senang melakukannya. Penilaian yang diberikan bisa seperti penilaian verbal yaitu dengan memujinya atau dengan membelikan hadiah kepada anak terhadap apa yang anak lakukan.

Advertisement

Yang terpenting: hargailah semua hasil belajar anak.

3. Meski punya banyak teman, orangtua tetaplah teman terbaik bagi si anak

Kelekatan Ibu-Anak untuk Perkembangan Moral via http://www.esqlife.com

Jadilah teman terbaik bagi anak.

Menjadi teman terbaik anak akan meningkatkan rasa nyaman anak terhadap orangtua. Jika anak mengajak bermain maka orangtua harus bisa memposisikan diri sebagai teman bermain anak. Menjadikan anak teman juga bagi orangtua akan mampu mengetahui kelebihan dan kekurangan anak. Sehingga mampu membantu anak untuk mengembangkan kelebihannya.

4. ‘Parents is my first and endless love’

Ini Pentingnya Pelukan Ibu Bagi Anak via http://emaksuper.com

Bangunlah rasa cinta kepada anak dan juga bangunlah rasa cinta anak kepada diri sendiri sebagai orangtua. Saling mencintai anak dengan orangtua akan memberikan hal-hal positif baik terhadap orangtua maupun anak. Cinta adalah sifat yang baik yang terus melahirkan kebaikan. Agar kebaikan itu hadir dalam keluarga maka kecintaan terhadap anak harus tetap dijaga.

5. Keluarga adalah tempat pendidikan utama dan pertama. Jadilah guru yang baik bagi mereka!

Cantik Itu Seperti Mama, Bukan Artis Korea. via http://www.pondok-yatim.org

Guru tidak hanya ada dalam sekolah formal saja. Siapa saja bisa jadi guru bagi siapapun. Guru dapat didefinisikan sebagai orang yang memberikan nasihat dan memberikan pelajaran. Tentu orangtua adalah guru pertama bagi anaknya. Tanggung jawab orangtua yaitu mendidik, mengasuh, dan menasehati anak untuk menjadi orang yang lebih baik.

Menjadi pendidik pertama anak, sebagai orangtua harus berupaya untuk menyesuaikan diri dengan anak. Jadilah orangtua bijak yang digemari anak.