Menjadi seorang pengangguran bukanlah keinginan setiap orang. Namun terkadang keadaan yang memaksa seseorang itu menjadi pengangguran, misalnya kontrak kerja sebelumnya yang telah habis, terkena imbas PHK, atau freshgraduate yang baru mau masuk dunia kerja.

Fenomena pengangguran di Indonesia memang menjadi masalah serius bagi pemerintah. Pasalnya, jumlah lulusan baru yang membludak tidak sebanding dengan lapangan kerja yang tersedia. Akibatnya, angka pengangguran di Indonesia masih terbilang memprihatinkan meskipun dari tahun ke tahun jumlahnya semakin menurun (sumber: BPS).

Walaupun fakta berbicara demikian, bukan berarti kamu yang masih menganggur tidak bisa berbuat apa-apa untuk meningkatkan taraf hidup kamu. Sebetulnya banyak kok yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang menganggurmu supaya jadi pengangguran yang produktif! Daripada bengong nunggu panggilan kerja ya kan?

 

1. Tidak ada salahnya kamu membantu usaha temanmu, siapa tahu kamu jadi ketularan punya usaha juga seperti dia

http://bisnisukm.com/ via http://bisnisukm.com

Tidak dipungkiri jaringan pertemanan memiliki peluang yang sangat banyak kalau kamu mau cermati. Diantara kamu pasti ada teman yang memiliki usaha kecil-kecilan yang baru dirintis. Kamu bisa banyak belajar dari mereka, atau setidaknya memperhatikan alur usaha teman kamu. Misalnya teman kamu memiliki usaha di bidang penjualan online, kamu bisa minta ajari kepada mereka bagaimana menjadi penjual yang ramah kepada pelanggan, atau setidaknya membantu temanmu dalam pengepakan dan pengiriman barang. 

2. Kamu jago menggmbar? Rayu guru TK di lingkungan kamu! Siapa tau kamu bisa ambil freelance buat jadi guru menggambar

https://apotekgriyafarma.wordpress.com/ via https://apotekgriyafarma.wordpress.com

Kebanyakan dunia anak-anak atau Taman Kanak Kanak selalu menyisipkan keterampilan khususnya menggambar atau setidaknya mewarnai. Kamu yang tangannya sudah lihai menari diatas kertas gambar bisa coba peluang ini. Caranya kamu bikin beberapa sample hasil karya kamu dan ditunjukan langsung ke guru TK yang bersangkutan. Kalau hasil gambar kamu oke, mereka bakal request banyak gambar buatan kamu untuk mata pelajaran keterampilan. Who knows kamu tiba-tiba dipanggil untuk menjadi guru keterampilan disana! Asyik, kan? 

3. Bercocok tanam juga bisa kamu geluti apalagi saat ini harga cabai sedang melonjak!

https://www.futuready.com/ via https://www.futuready.com

Advertisement

Musim hujan seperti sekarang ini bikin semua tanaman tumbuh subur, kamu bisa manfaatkan momen ini untuk menanam tumbuhan yang bermanfaat di lingkungan rumahmu. Tanam yang mudah-mudah saja dahulu misalnya cabai, tomat, singkong, dan lain-lain. Atau jika kamu memiliki bibit bunga, cobalah tanam di sekitar rumahmu. Selain bermanfaat karena kamu bisa memetik hasilnya, lingkungan rumahpun jadi lebih indah. Dan ibumu pasti semakin senang karena tidak usah membeli cabai ke pasar, tinggal petik aja! Hehehe..

4. Meskipun untungnya terbilang sedikit, tapi perputaran modalnya sangat cepat! Ingat, semua orang membutuhkan pulsa

http://www.hebervalleyrvpark.com/ via http://www.hebervalleyrvpark.com

Semakin banyaknya orang yang menggunakan sosial media berbanding lurus dengan kebutuhan seseorang akan pulsa. Hampir semua orang sudah menggunakan handphone yang memiliki fasilitas internet, dan sudah pasti penjual pulsalah yang untung! Peluang ini jelas sayang sekali jika kamu lewatkan mengingat di era mbah Google ini segalanya membutuhkan kuota. 

5. Asah kemampuan menulismu dengan menjadi editor bayangan

https://www.emaze.com/ via https://www.emaze.com

Jika kamu mempunyai sahabat yang dalam waktu dekat ini ingin menerbitkan buku, cobalah untuk menawarkan dirimu sebagai editor bayangan buat tulisan temanmu. Biasanya mereka tidak keberatan karena terkadang sebelum diterbitkan, mereka butuh penilaian dari pembaca untuk menilai isi dari buku tersebut. Kalau kamu sudah terbiasa menulis artikel atau essay, pasti hal ini tidak terlalu sulit. Siapa tau ke depannya kamu akan jadi editor handal!

6. Terakhir, semua usaha kamu gak ada nilainya kalau kamu tidak melibatkan Tuhan di dalamnya

http://sunni.co.id/ via http://sunni.co.id

Ada sebuah quote yang berbunyi

“Usaha tanpa doa, sombong. Doa tanpa usaha, bohong”

Itu benar adanya. Sekeras apapun usaha yang dilakukan kalau Tuhan tidak meridhoi maka tidak ada manfaatnya. Buat kamu yang muslim, shalat Dhuha bisa menjadi senjata ampuh setelah melakukan berbagai ikhtiar. Percayalah, hasil yang baik pasti sudah melalui usaha yang baik pula. Tetap berusaha dan selamat menjadi pengangguran yang produktif, Guys!