Selepas wisuda memang bikin galau. Mau kemana dan bagaimana seringkali hinggap di kepala saat mau tidur dan bikin gelisah. Gelar baru bukannya bikin happy, tapi malah bingung mempertanggung jawabkannya. Sekilas terlintas untuk merantau ke Ibu kota, tapi takut, malu, dan nggak percaya diri.

Memang sih persaingan di Ibu kota sangat keras, tapi dengan persiapan yang cukup matang, kita siap kok bertempur dengan mereka yang lulus dari kampus-kampus terbaik di seluruh Indonesia.

Yuk dibaca dulu.

 

1. Siapkan Senjata.

pastikan senjata kamu udah yang paling keren yaa..

pastikan senjata kamu udah yang paling keren yaa.. via http://ahmadramadlan.wordpress.com

Kalau perang, senjatanya pastilah pedang dan parang. Yaa kalau cari kerja, senjatanya pastilah cv dan pengalaman organisasi.

Sebelum memutuskan merantau ke Jakarta, siapin dulu berkas-berkas lamaran kerja ya, dan jangan lupa lampirkan juga surat keterangan organisasi yang pernah kamu gelutin selama kuliah ataupun sekolah dulu.

Penting banget lho buat nilai plus kamu saat wawancara, dan mereka dapat menilai kamu aktif atau enggak nya.

2. Tentukan Target.

dipilih dipilih..

dipilih dipilih.. via http://www.ciputranews.com

Lapangan kerja memang banyak banget tersedia di Jakarta dengan bermacam-macam kualifikasi bidang dan keahlian. Tapi kamu harus menentukan sikap dan memilih satu fokus ya. Pilih bidang yang kamu tekuni dan kamu sukai, agar saat bekerja nanti kamu dapat menikmati hari-harinya, tidak ketar-ketir untuk menyelesaikannya.

3. Mental Baja.

bukan baja beneran ya maksudnya, tapi kuat

bukan baja beneran ya maksudnya, tapi kuat via http://trikcarikerja.com

Sebelum bersaing mencari kerja di Jakarta, kamu harus kuatkan mental dulu untuk nggak bakalan kalah sama mereka yang sama-sama mencari kerja juga, dan pantang pulang sebelum sukses ya..

4. Relasi Itu Penting Banget.

bangun relasi sebanyak-banyaknya selagi muda

bangun relasi sebanyak-banyaknya selagi muda via http://www.laruno.com

Tinggal di Jakarta seorang diri tanpa siapa-siapa ngeri juga lho, minimal ada teman lama yang masih inget sama kamu, dan memang menetap lama di Jakarta.

Kita nggak pernah tau kan kalo ternyata teman lama kamu adalah mitra bisnis yang diperhitungkan di kalangannya, trus kamu dikenalkan sama rekan-rekan kerjanya, dan nggak menutup kemungkinan juga jalanmu menuju kesuksesan yang selama ini kamu impikan akan terbuka lebar..

Semua tidak ada yang tidak mungkin lho!

5. Rajin Baca Info Lowker Ya..

updateeee trusssss...

updateeee trusssss... via https://www.brilio.net

Up to date sama info lowker ya. Sepanjang hari lowker di internet itu terus diperbaharui loh, rajin-rajin aja lihatnya. Tapi tetap harus hati-hati juga sama perusahaan yang abal-abal yang kalo kerja harus keluarin duit sekian Rupiah dulu baru diterima.

Loh kok orang cari kerja mesti bayar dulu sih.. itu nggak ada ya, kalo pun ada berarti kamu ditipu.

6. Bawa Barang-barang Seperlunya Dulu.

jangan sampe membeludak kopermu, seadanya aja

jangan sampe membeludak kopermu, seadanya aja via http://blog.tokopedia.com

Kalo udah ready mau berangkat ke Jakarta, jangan rempong bawa 3 koper dulu yaa. Seperlunya aja, karena perjalanan kamu akan berkeliling dari satu tempat ke tempat lain. Tinggalnya di Jakarta barat, eeee keterima kerjanya di Jakarta Selatan. Kan ribet pas pindahan ke kos baru kamu.

7. Di Tabungan Sisa Berapa? Pastiin Cukup Yaa Untuk Biaya Hidup 2 Bulan Kedepan.

jangan sampe luntang-lantung di perantauan yaa

jangan sampe luntang-lantung di perantauan yaa via http://bisnis.liputan6.com

Semua udah mantap nih.. Senjata udah, target udah, relasi banyak, barang-barang juga udah dipacking seperlunya. Nah ini nih yang paling penting banget, duit di saku! Minimal kamu harus nyediain uang selama 2 bulan kedepan untuk biaya hidupmu saat jadi pengangguran di Jakarta ya.

Walau nggak mau berlama-lama jadi penganggurannya, tapi kan ini bicara pahitnya dulu. Proses penerimaan kerja itu minimal 1 sampai 2 minggu, itu baru minimal ya..

8. Yakin.

yup, saya udah yakin..

yup, saya udah yakin.. via http://www.kilasdara.com

Yang terakhir dan menjadi ujung tombaknya adalah keyakinan. Yakinkan diri kamu untuk bisa mandiri ya. Jauh dari Orang tua nggak bikin kamu malah loyo, tapi semangat untuk membanggakan mereka. Dan bilang sama diri kamu sendiri kalo kamu pasti dan harus sukses.

Semoga bermanfaat, dan tetap selalu semangat mencari kerja yaa.. sampe ketemu di bangku kesuksesan ^^