Untuk rayakan Imlek, ada beberapa tradisi bagi warga Tionghoa yang haram untuk ditinggalkan. Salah satunya adalah sajian deretan makanan "syarat" berikut ini. Semoga artikel ini semakin menambah pengetahuan kita bersama!

1. Yu Sheng atau Yee Sang

lai po heen at Mandarin Oriental, Kuala Lumpur via http://says.com

Makanan ini sejenis salad dan biasanya ditambahkan dengan irisan daging salmon tipis. Apabila kita memakan hidangan ini, dipercaya akan memberikan peruntungan yang baik di tahun tersebut. Yu Sheng biasanya disantap pada hari ke-7 di tahun baru, tapi bisa juga dinikmati sepanjang periode perayaan Imlek.

2. Nian Gao

Nian Gao Hamper by Peony Jade Restaurant via http://inside.capitaland.com

Nian Gao terbuat dari ketan dan rasanya manis, seperti dodol. Nama lain dari Nian Gao adalah Kue Keranjang atau dikenal juga sebagai Chinese New Year’s Pudding, dan karena itu biasa disajikan dengan warna coklat atau putih seperti puding.

Makna menyantap Nian Gao pada saat Imlek adalah pengharapan untuk kehidupan yang terus menanjak bagus dan baik di tahun ke depannya. Di beberapa negara, menyantap Nian Gao dianggap sebagai perayaan permulaan panen di musim semi.

3. Jeruk Mandarin

Advertisement

Imlek identik dengan jeruk, terutama Jeruk Mandarin. Maka dari itu, mendekati perayaan Imlek, banyak yang pedagang buah jeruk. Bagi warga Tionghoa, jeruk ini melambangkan kekayaan. Buah ini jadi buah wajib yang harus ada di rumah setiap perayaan Imlek.

4. Ayam, Nyam!

Malam Imlek biasanya dirayakan dengan makan malam bersama keluarga. Salah satu sajian yang wajib dihidangkan di dalam makan malam tersebut adalah ayam. Penyajian ayam tersebut pun tidak boleh dipotong-potong atau harus dalam bentuk seekor utuh. Ayam ini dipercaya sebagai lamba kekeluargaan yang utuh pula.

5. Ikan

Ikan Siakap Tiga Rasa via https://marketrecipe.blogspot.co.id

Selain ayam, ikan juga merupakan sajian wajib pada saat menyantap hidangan di malam imlek. Ikan adalah favorit warga Tionghoa karena ikan memiliki pelafalan dalam Bahasa Mandarin yang artinya "lebih". Sehingga di setiap malam imlek, terdapat pengharapan untuk rejeki yang berlebih, hidup yang lebih sehat dan baik, serta lebih berbahagia.

6. Mie (Siu Mie)

Mie Panjang Umur via http://www.harianindo.com

Mie merupakan salah satu makanan pokok warga Tionghoa atau penduduk asli Cina. Biasanya, mie disajikan tidak dalam bentuk yang terpotong-potong, melainkan tetap panjang. Mie merupakan simbol panjang umur. Selain disajikan ketika Imlek, mie juga identik disantap ketika ulang tahun.

7. Dumplings

Xiao Long Bao via http://nanxiang.co.id

Satu lagi hidangan yang wajib ada ketika Imlek adalah pangsit. Bukan sembarangan pangsit, di negara asalnya, Jiaozi, Jaugook, Xiao Long Bao merupakan jenis-jenis pangsit yang harus disantap ketika Imlek. Pangsit-pangsit tersebut bentuknya menyerupai kantung uang. Ada pula kepercayaan bahwa semakin banyak kamu makan pangsit pada saat Imlek, maka kamu akan semakin banyak mendapatkan uang.

8. Manisan

Yang terakhir, ketika Imlek harus ada manisan. Manisan ini biasanya berupa buah-buahan yang dikeringkan. Apabila kita menyantap makanan yang manis, maka kehidupan kita akan menjadi lebih manis dan indah. Manisan juga biasa dijual ditoko-toko dalam kotak-kotak merah untuk diberikan sebagai hadiah kepada sanak keluarga.

Nah, itu tadi beberapa menu wajibnya. Jadi laper, kan?