“What doesn’t kill you make you stronger…”

Sepenggal lirik lagu Stronger dari Kelly Clarkson itu seharusnya sudah menjawab kegalauan kita bersama. Ketika mimpi yang dikejar sekian lama tidak juga terlihat lebih dekat dari sebelum-sebelumnya, ketika segala usaha yang dicoba terasa mentok dan menemui jalan buntu, ketika kamu bahkan sudah tidak tahu lagi dan bertanya-tanya: lalu apa? Lalu bagaimana?

Jangan menyerah dulu. Jangan putus asa dulu. Kamu tidak diminta keluar dari perlombaan, kamu hanya diharuskan berusaha lebih keras lagi. Saat sedang butuh semangat coba baca saja quote-quote ini. Kamu akan sadar kalau perjuangan tidak akan mengkhianati.

1. “Mulai dari tempatmu saat ini, gunakan apa yang kamu punya, lakukan apa yang kamu bisa.”

Apa yang kamu miliki, dan apa yang telah kamu lalui sampai saat ini bisa menjadi modal. Kamu hanya harus terus melangkah ke depan.

2. “Orang yang ahli dalam bidang apapun, dulu juga pernah menjadi pemula.”

Advertisement

Orang yang ahli dalam bidang apapun, pernah juga mengalami kegagalan-kegagalan sepertimu. Kamu tidak sendirian di dunia.

3. “Definisikan suksesmu sendiri, raih dengan caramu sendiri, dan bangunlah hidup yang kamu ingini.” -Anne Sweeney

Define success via www.wallpapersxl.com

Hidup terlalu singkat dan berharga untuk kamu habiskan dengan menghidupi mimpi orang lain, menuruti standart orang lain, dan mengejar kebahagiaan orang lain. Hidupi hidupmu sendiri.

4. “Satu-satunya tempat di mana success lebih dulu muncul daripada work hanyalah di kamus.” – Vidal Sassoon

Meski sesuai urutan alphabet success lebih dulu muncul daripada work, tapi di dunia nyata, keras selalu muncul lebih dulu sebelum kesuksesan.

5. “Meskipun kamu sudah di jalur yang tepat, kamu akan tetap kalah jika hanya duduk di sana.” -Will Rogers

Passion bukan segalanya. Meski kamu sudah berada di passionmu, bukan berarti kesuksesan sudah bersamamu. Kamu harus tetap berjuang, bersaing, dan berlari mengejar mimpimu.

6.”Jangan menganggap hari burukku sebagai tanda dari kelemahan. Justru itu adalah hari-hari aku berjuang paling keras.”

Fighting hardest via rock-climbers.tumblr.com

Kamu harus merayakan setiap hari buku yang kamu alami. Kamu bukan sedang sial, tapi kamu justru sedang mengeluarkan kemampuan maksimalmu untuk mengatasi keadaan. Karena ini, kamu pantas diberi selamat!

7. Aku tidak gagal. Aku baru saja menemukan 10.000 cara yang tidak berhasil.” – Thomas Edison –

ways that wont work via elektriclights.tumblr.com

Kamu ingat sebuah judul novel lawas ‘Banyak Jalan Menuju Roma’? Kamu bisa menempuh berbagai jalan dan cara. Bila satu gagal, berarti cara itu tidak berhasil. Kamu bisa mencari jalan lainnya.

8. Ingatlah bahwa kegagalan adalah sebuah peristiwa, bukan seseorang. – Zig Ziglar

Gagal adalah sebuah momen, bukan keseluruhan kehidupan. Gagal sekali, kamu tidak mati. Kamu masih bisa berjuang mengejar keberhasilan.

9. Sukses tidak dibangun di atas kesuksesan. Itu dibangun dari kegagalan, rasa frustrasi, dan terkadang bahkan dibangun dari malapetaka. -Sumner Redstone

Catastrophe via www.tumblr.com

Kegagalan, rasa frustrasi, rasa ingin menyerah adalah hal yang wajar mendahului sebuah kesuksesan.

10. Sukses tidak permanen, dan gagal tidaklah fatal.” – Mike Ditka

Karena kegagalan maupun kesuksesan tidak permanen, tidak ada gunanya kamu bersedih ataupun bersenang-senang terlalu lama. Hidup terus berjalan, dan roda masih terus berputar.

11. Aku sebagai gitaris saat ini, didefinisikan atas kegagalanku menjadi Jimi Hendrix. – John Mayer

Bahkan orang yang kamu kagumi sekarang, pernah juga berada di titik yang sama dengan yang kamu rasakan.

12. Ketika hidup sedang manis, bersyukurlah dan rayakan. Ketika hidup sedang pahit, bersyukurlah dan belajarlah untuk tegar.”

Celebration via valdean.tumblr.com

Sebagaimana roda, hidupmu kadang di atas dan kadang di bawah. Itu tanda bahwa hidupmu terus bergerak dan berkembang. Sedih ataupun bahagia, keduanya patut disyukuri dan diambil pelajaran.

13. Ketika seseorang mengatakan ‘tidak’ padaku, itu tidak berarti aku tidak bisa. Itu hanya berarti aku tidak bisa melakukan itu dengannya.

Yakinlah bahwa ketika satu pintu tertutup untukmu, kamu bisa mengetuk pintu yang lain atau membuat jalanmu sendiri. Kesempatanmu tidak ditentukan oleh orang lain.

14. “Setiap orang punya jatah gagal. Habiskan jatah gagalmu ketika masih muda.” – Dahlan Iskan

Masa muda adalah masa untuk berkarya, melakukan kesalahan, belajar dari segala hal, dan melakukan kebodohan-kebodohan. Tak perlu memikirkan yang sempurna. Karena masa muda adalah saatnya kamu bersenang-senang dan berdarah-darah di saat yang sama.

15. “Kita tak tahu dan tak pernah pasti tahu hingga semuanya berlalu. Benar atau salah, dituruti atau tidak dituruti, pada akhirnya yang bisa membuktikan cuma waktu.” -Dewi Lestari-

Just try. via www.huffingtonpost.ca

Kamu tidak akan tahu apakah akan berhasil atau gagal, kalau kamu tidak pernah mencoba. Bagaimana bila kamu tidak pernah mencoba padahal kamu bisa berhasil di sana? Kalaupun kamu gagal setelah mencoba, setidaknya kamu sudah tahu rasanya bukan?

Kegagalan itu hal biasa. Kamu justru akan menyesal bila menyerah dengan mudah. Karena kegagalan adalah rintangan, sekaligus akan menambah manis rasa keberhasilan yang kamu rasakan kelak. Tidak ada proses yang sia-sia, asal kamu pandai-pandai menggali maknanya.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!