Dengan lekatnya kebahagiaan dan kepemilikan, uang jadi hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Seakan tanpa alat tukar yang satu ini hidup selesai. Tidak bisa membeli apa yang diinginkan setara dengan tak bisa menggenggam kebahagiaan.

Padahal jika bersedia menilik lebih dalam, sebenarnya uang bukanlah alat ukur kebahagiaan. Banyak uang juga bukan jaminan bahwa hidupmu akan lebih bisa tertawa dan terbebas dari beban. Di dunia ini banyak hal lain yang lebih berharga darinya. Di artikel ini Hipwee akan membongkar apa saja.

Keluarga yang selalu mencintaimu tanpa ada batasannya merupakan unsur kebahagiaan nomor satu yang wajib ada

keluarga merupakan unsur terpenting untuk bahagia via pixshark.com

Uang tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan memiliki keluarga yang mencintaimu dengan kadar termurninya. Keluarga merupakan unsur kebahagiaan nomor satu yang bisa membuatmu makin bermakna sebagai manusia. Mereka adalah orang-orang terpilih yang akan selalu ada dan mendampingimu selama kamu ditempatkan di dunia.

Kedua orang tua serta saudara yang selalu ada tentunya mampu memberikan suntikan semangat baru dan membuat hidupmu makin berarti. Kamu merasa berguna karena adanya mereka. Sungguh, tidak ada nominal rupiah yang bisa ditukar untuk menggantikan kebahagiaan dan kehangatan saat berkumpul bersama keluarga tercinta.

Memiliki sahabat yang selalu sedia menyemangati merupakan kebahagiaan yang tak ada bandingannya di dunia

Advertisement

sahabat via pixshark.com

Sahabat merupakan unsur kebahagiaan kedua yang bisa kamu dapat selain keluarga. Di antara mereka, kamu bisa mendapatkan kehangatan yang serupa. Mereka sebenarnya juga keluarga, hanya saja tak memiliki pertalian darah yang sama. Ikatan yang kamu miliki bersama mereka benar-benar sangat berharga karena kamu tidak bisa membelinya. Sahabat selalu ada di hidupmu di saat titik tertinggi maupun terendah.

Mereka bahkan selalu sedia membesarkan semangat serta mengembalikan kepercayaan dirimu dengan berbagi cara. Tawa yang terukir di wajahmu saat berkumpul bersama mereka juga tidak bisa ditukar dengan sejumlah angka. Kamu tidak akan pernah menjadi miskin dengan banyak teman yang menyayangi. Keberadaan mereka justru makin membuatmu merasa menjadi pribadi yang kaya.

Memiliki kebijaksanaan tentu lebih berguna daripada harta. Ini juga merupakan unsur penting untuk membuat hidupmu makin ada maknanya

memiliki kebijaksanaan via cuteboysreadingbooks.tumblr.com

Memiliki banyak harta tanpa punya kebijaksanaan sebagai seorang pribadi tentulah sia-sia. Kamu bisa saja bergelimang harta namun akan ludes begitu saja karena tidak bijaksana dalam menggunakannya. Oleh karena itu, memiliki kebijaksanaan lebih punya arti yang dalam. Manusia memang tidak dilahirkan dengan kebijaksaan yang melekat. Namun, kebijaksanaan bisa kamu dapatkan dari hasil menempa diri dan berproses dalam jangka waktu yang lama.

Berproses diri demi kebijaksanaan merupakan pilihan yang lebih utama dibandingkan dengan mengumpulkan harta. Percayalah, hidupmu akan lebih bernilai ketika diisi dengan kebijaksanaan di dalamnya.

Bisa melihat dunia akan membuka matamu sekaligus membuatmu makin kaya sebagai manusia

melihat dunia akan membuatmu merasa kaya via www.mtv.com.au

Memang untuk menikmati kekayaan dunia kita memerlukan sejumlah dana. Kamu butuh uang untuk membeli tiket kereta demi menggenapi perjalanan. Pun biaya hotel serta akomodasi lainnya yang harus dikucurkan. Namun, sebenarnya kamu tak harus terpaku pada kesediaan dana saja. Kamu bisa mulai menjelajah tempat-tempat yang menyimpan keindahan alam yang dekat dari tempatmu walau dengan budget seadanya.

Jangan biarkan kesibukanmu bekerja jadi alasan utama untuk tak menikmati kekayaan alam yang sudah dilukiskan oleh Sang Pencipta. Jangan juga biarkan usia mudamu ini terbuang percuma dan hanya dihabiskan di depan layar saja. Tak memiliki uang sekalipun, hidupmu akan terasa jauh lebih kaya saat menikmati pemandangan dari puncak gunung, maupun momen duduk di bibir pantai demi melihat tenggelamnya sang surya.

Sungguh, pengalamanmu melihat keindahan Sang Pencipta tidak akan bisa terbayar dengan apapun. Kamu bisa merasakan kebahagiaan yang dalam di sana.

Tidak ada harta yang bisa membeli sejuta perasaan bahagia saat kamu sedang jatuh cinta

rasa senang saat jatuh cinta tak akan terbeli via pixshark.com

Ketika kamu jatuh cinta, kamu akan merasa gembira luar biasa. Debar jantung yang tak beraturan, hati yang meremang, hingga kamu merasa bahwa dunia ini sedang indah-indahnya. Tidak hanya jatuh cinta pada sosok kekasih hati, kamu bisa mencintai apa saja. Kamu bisa jatuh hati pada orang di sekitaranmu hingga benda mati yang ada di sekelilingmu.

Jatuh cintalah pada pekerjaanmu, cintailah motor bututmu, sayangilah keadaanmu saat ini. Ya, dengan jatuh cinta, kamu tidak akan memiliki alasan untuk merapal keluhan dan bermuram diri. Kamu akan tetap memiliki hati yang senang dalam melakoni kegiatanmu sehari-hari. Kamu bisa menikmati tiap detik yang kamu habiskan di kantor, karena kamu mencintai gawaimu. Pun ketika motormu mogok, kamu tak akan mudah memaki. Kamu sadar bahwa dia perlu dirawat dengan sepenuh hati supaya keadaannya bisa segera pulih kembali.

Dengan jatuh cinta setiap hari pada hal yang ada di sekelilingmu akan membuatmu makin kaya. Karena kamu tidak bisa menukarkan rasa bahagianya saat jatuh hati dengan sejumlah materi.

Hidupmu terasa jauh lebih bermakna ke depannya jika gigih mengejar renjana

bekerja sesuai renjana akan membuat hidup lebih ada maknanya via pixgood.com

Kamu bisa saja memiliki harta yang berlimpah ruah namun selalu bermuram durja karena tak benar-benar bisa menikmati hidup yang kamu punya. Selalu bekerja siang malam hingga akhir pekan. Menghabiskan keseluruhan waktu di depan layar hingga berkutat dengan laporan. Memang kamu akan memiliki sejumlah uang untuk dikumpulkan. Bisa membeli apa saja demi memenuhi keinginan serta kebutuhan. Tapi, apakah kebahagiaan hanya sebatas itu saja?

Semua harta yang kamu miliki tidak akan berarti jika kamu tidak menikmati setiap hal yang kamu lakukan dalam hidup. Bekerja di tempat yang sesuai renjana dimana kamu bisa bekerja dengan hati senang tanpa beban tentulah membuat hidupmu jauh lebih ada artinya. Tidak melulu gaji tinggi untuk merasa kaya, menikmati setiap jengkal yang kamu kerjakan juga akan membuatmu merasa berharta.

Tanpa memori yang selalu bisa dikenang, tentulah hidupmu tidak ada artinya

tanpa ada memori di kepala, tentulah hidupmu tak ada artinya via imgkid.com

Apalah arti menjadi manusia tanpa sejumlah memori yang masih tersimpan rapi di dalam lingkar kepala? Tanpa kamu sadari, memori yang kamu miliki merupakan harta yang menjadikanmu sosok seperti sekarang ini. Kamu memiliki ragam memori mulai dari bahagia, sedih, bangga, kecewa yang bisa diramu menjadi satu menjadi sebuah jalan cerita yang menjadikanmu manusia.

Pengalaman yang tersimpan di memori lah yang membuatmu kaya. Tanpa ada memori yang bisa kamu putar ulang dan dikenang, kamu akan merasa hampa. Barisan memori itu bisa mengingatkanmu akan kekurangan atau kesalahan yang telah lalu sekaligus menjadi alarm penanda apa yang harus kamu perbaiki demi masa depan. Bukankah itu semua merupakan kekayaan diri yang tak bisa terbeli?

Punya orang-orang di sekitaran yang selalu bisa diajak berbagi merupakan makna dari hidup sebagai manusia yang sebenar-benarnya.

tanpa ada orang yang bisa diajak berbagi, tentulah hidupmu terasa kurang berarti via favim.com

Manusia diciptakan tidak sendirian. Ada banyak manusia lainnya yang diciptakan untuk memenuhi bumi. Oleh karena itu, kita hidup di dunia haruslah selalu berbagi dengan sesama. Jika kamu memiliki banyak harta namun tanpa ada orang yang bisa diajak berbagi, tentulah hidup tak ada artinya.

Namun, berbeda jika kamu berbagi dengan sesama, hidupmu akan terasa lebih memiliki maknanya walaupun berbagi ala kadarnya. Memberi sedekah kepada mereka yang membutuhkan hingga memberi makan hewan di jalanan sungguh bisa membuat hatimu tenang, lega, serta merasa berguna. Membuat orang lain bahagia juga akan membuatmu merasa lebih berhasil sebagai manusia. Karena kamu tidak hanya sekedar menumpang hidup di dunia, namun juga bisa berbagi tawa dengan apa yang kamu punya.

Jangan hanya terpusat pada uang saja ya, buka matamu bahwa ada banyak kebahagiaan yang ditawarkan oleh dunia dalam bentuk yang berbeda.

Artikel kali ini diadaptasi dari laman Elitedaily. Laman aslinya bisa kamu lihat di sini.