Setiap dari kita wajib punya tujuan hidup yang harus dicapai. Entah yang akan dicapai dalam waktu dekat atau dalam jangka panjang. Life goals nggak harus selalu identik dengan hidup mapan atau nikah muda. Kadang hal-hal yang seringnya kita anggap remeh justru bisa membawa dampak yang besar bagi diri kita di masa depan. Setidaknya sebelum punya life goals yang lebih besar, ada life goals receh ini yang bisa kamu wujudkan dulu.

Mumpung sudah masuk di penghujung tahun, coba jadikan 9 life goals receh ini sebagai target yang harus kamu capai. Demi masa depan yang lebih baik.

1. Tampak sederhana tapi sulit dilakukan: menabung! Tapi hal ini jelas berguna di masa depan

mulai harus bisa nabung via weheartit.com

Udah jadi pemahaman kita semua, bahwa menabung itu nggak mudah. Buat kamu yang memang sudah pandai mengatur pengeluaran, nabung memang bukan lagi masalah. Tapi jika uang berada di tangan orang-orang yang paling nggak bisa liat diskonan di mall, nabung seakan menjadi hal paling mustahil untuk dilakukan.

Tapi sampai kapan kita terus mengeluh kehabisan uang di akhir bulan? Untuk itulah life goals menabung jadi langkah nyata agar kamu tak lagi kelimpungan setiap akhir bulan.

2. Tantang dirimu sendiri untuk baca minimal satu buku dalam sebulan

Advertisement

banyakin baca buku via kaliningrad-room.ru

Yuk, kita biasakan buat membaca buku. Selain nambah wawasan, baca buku juga bisa jadi hiburan kala otak nggak lagi bisa bekerja secara maksimal. Saat ide sedang mampet, hal paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah menepi dan menyibak lembaran buku.

Kamu yang selama ini lebih sering baca chat ataupun berita-berita di sosial media, tantang dirimu sendiri buat baca minimal satu buku dalam satu bulan. Nggak harus baca buku yang setebal bantal, kamu bisa memulai dengan buku-buku yang berkaitan dengan hobi dan kesukaanmu. Nggak cuma ilmu yang akan bertambah, tapi juga pintu masa depan yang kian terarah.

3. Kunjungi tempat baru yang bisa bikin kamu lebih maju

jangan takut ke tempat baru via www.pinterest.com

Semakin hari makin banyak anak muda yang mengunjungi suatu tempat hanya karena tempat itu tampak apik dalam foto, bukan lagi terfokus pada alam atau keindahan apa yang sejatinya ditawarkan. Kalau begini, cuma eksistensi semu yang kamu dapatkan. Karena bukan kamu satu-satunya yang berada di tempat itu. Ratusan atau bahkan ribuan orang lainnya melakukan hal yang sama.

Kamu bisa mencoba bertandang ke tempat-tempat baru yang bisa membuat wawasanmu lebih luas lagi. Nggak harus ke perpustakaan atau museum, kamu bisa mendatangi komunitas-komunitas yang menurutmu baru dan menyenangkan. Setidaknya yakinkan diri untuk mendapatkan ilmu baru di tempat baru, bukan cuma posting-an baru.

4. Jangan cuma berani coret-coret di buku diary, asah kemampuan menulismu lebih dalam lagi

belajar nulis via rebloggy.com

Mulai sekarang biarkan orang-orang mengetahui apa yang ada di balik pikiranmu. Biarkan gagasanmu diketahui oleh banyak orang. Caranya mudah, yakni biasakan dirimu dengan menulis. Kalau selama ini kamu hanya berani menulis di diari pribadi, sekarang waktu yang tepat menyebarkan tulisanmu ke banyak orang. Asal kamu bisa bertanggung jawab dengan apa yang kamu tuliskan. Dan setidaknya, dengan menulis kamu bisa membuat otakmu tetap bekerja.

5. Tahun ini harus bisa buang malu dan ragu saat bicara di depan umum

jangan malu lagi via favim.com

Ini saatnya kamu harus mulai berani speak up! Jangan jadi generasi yang cuma nurut-nurut aja. Kalau kamu punya pendapat, jangan ragu untuk disuarakan!

6. Keluar dari zona nyaman, saatnya berkenalan dan berteman dengan lebih banyak orang

perbanyak teman baru via rebloggy.com

Kamu masih berkutat dengan hal yang sama dan teman yang sama setiap hari? Iya, memang nggak salah. Tapi kamu pasti akan lebih beruntung lagi kalau kamu berani ambil gebrakan dan keluar dari tempat kamu yang begitu-gitu aja dan nggak bisa bikin kamu maju.

Kalau kamu mau dan berani berkelana untuk memperluas dan memperbanyak teman, bukan mustahil masa depan yang kamu harapkan akan jauh lebih mudah didapatkan. Banyak teman nggak cuma bisa nambah ilmu serta pengalaman aja, banyak teman berarti akan banyak orang yang bersedia pasang badan saat kamu butuh bahu serta dukungan selalu.

7. Lepas dari gadget? Siapa takut

Tinggalkan gadget via unsplash.com

Mungkin ini yang akan terasa paling sukar untuk kamu capai. Ya, mulai mengurangi pemakaian gadget di kehidupan sehari-hari. Kenapa sih kita harus mengurangi pemakaian gadget, bukannya gadget banyak membantu? Bukannya dengan gadget kita bisa lebih dekat dengan mereka yang selama ini jauh?

Nyatanya, justru dengan adanya gadget dan segala kecanggihannya, kita makin jauh dengan dunia kita yang sebenarnya. Kita jadi jarang bersosialisasi dengan sekitar karena terlalu terpaku dengan gadget. Kita jadi lupa dengan mereka yang sebenarnya selalu ada untuk kita, hanya karena gadget yang menawarkan hal-hal baru.

8. Nah, lihai memasak bisa jadi goals para cewek nih!

belajar masak yuk via rebloggy.com

Makan adalah kebutuhan pokok kita. Jangan sampai kita, para cewek, cuma bisa makan tanpa tahu cara mengolahnya. Setidaknya, resep-resep masakan yang mudah harus kita kuasai. Belajar masak pun sebenarnya akan menguntungkanmu. Biar kalau di tengah malam kamu kelaparan dan semua restoran sudah tutup, kamu nggak akan makan cuma dengan mi instan.

9. Kembangkan hobimu, biar nggak berakhir sebatas hobi biasa

Kembangin hobi via www.flickr.com

Punya hobi menari? Jangan mau kalau hobimu sampai disitu saja. Suka dengan segala sesuatu yang berbau fotografi? Jangan ragu untuk mengembangkannya. Semua hal yang jadi hobimu, bisa jadi itu adalah jalan kesuksesanmu. Nggak sedikit orang sukses dengan cara mengembangkan apa yang jadi hobi dan kesenangannya saja.

Nggak usah bingung bagaimana caranya menjadikan hobi sebagai salah satu hal yang membanggakan. Datangi saja komunitas atau ikuti workshop yang ada kaitannya dengan hobi dan kegemaranmu.

Saat ini mungkin kita terlalu terpaku pada hal-hal besar yang ingin kita raih di hari mendatang, sampai melupakan segala hal yang kerap dianggap remeh. Padahal, tanpa adanya perwujudan dari hal-hal remeh tersebut, tujuan terbesar dalam hidupmu, mustahil tercapai.

Mulai sekarang, lakukanlah sesuatu yang akan membuatmu berterimakasih pada dirimu sendiri di masa depan

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya