Bagi kamu yang akan mengikuti ujian, namanya ujian tetaplah ujian dan ujian haruslah belajar. selamat bergeming ria dengan segumpelan diktat mu. Masa ujian adalah memang masa yang paling membosankan. Perasaan dimana ingin sekali mempercepat waktu untuk menyelesaikannya bahkan memindahkan waktu untuk menghindarinya.

Sebenarnya hal ini tidak jauh beda dengan yang kamu alami. Bahkan orang lainpun juga begitu. Terlebih bagi yang tidak termasuk orang yang tidak begitu “kinclong” dalam masalah otak. Ini dia tips yang dapat kamu simak untuk kesuksesan ujian kamu.

1. Do not SKS (Sistem Kejar Semalam)

Yah..untuk metode ini siapa sih yang tidak tahu. Banyak mahasiswa yang mengandalkan metode ini jika ada ujian. Mungkin udah membenak dan tercatat di DNA bangsa kita kali yah. Tipsnya gini. kita mungkin boleh SKS. Namun, SKS nya jangan sampai H-7-3 jam yah saat mau ujian. Paling nggak SKSnya dimajuin waktunya jadi h-3 sebelum ujian. Cukup membantu dengan bahan seabrek.

2. Create Algorithm!

Bagi kamu yang susah ngafal. Tapi secara analisa mungkin sedikit dapat diandalkan. Nah, bagi yang tipe seperti ini, silahkan untuk menyediakan kertas, pensil dan langsung buat algoritma atau kesimpulan dari yang dibaca. Biasanya bagi yang tipe nya menghafal, dia bisa menyimpulkan sesuai dengan pemahaman dia. So, bisa mengasah dari kemampuan analisiskan.

3. Lets Do your memory!

Bagi kamu yang bisa menghafal ayoo..silahkan hafal.

4. Manage your time.

Advertisement

Bagi kamu yang suka ketiduran. Bagi manusia itu, waktu rentannya antar jam 10 – 11, bagi kamu yang suka penidur, usahakan agar jam 10 – 11 malam itu agar beraktifitas dengan menggunakan gerakan motorik kamu. Bukan aktifitas yang menambah kontraksi dan mata kamu. Baik untuk peregangan badan dan mata sekaligus bisa terhindar dari tidur. Jika udah kelewat “jam maut” itu. insyallah bisa bergadang kok.

5. Create your conclusion.

Pastikan membuat rangkuman dari yang kita baca

6. Your Prediction, guess?

Membuat prediksi, bahan yang akan keluar. Jangan dibaca semuanya!

7. Do not Sleep Lately!

Jangan tidur terlalu larut. Istirahatkan badan. Walaupun mata berubah menjadi mata PANDA!!

8. Do not get your snack.

Jangan ngemil atau makan dalam mengalihkan ngantukmu. No no no..!!

9. Turn Off Your TV.

Jangan nonton dalam mengalihkan ngantukmu..

10. Lets Pray.

Bersegeralah sholat pada waktunya dan luruskan niatmu untuk medapatkan ilmu dan nilai yang baik.