Bahagia, ya semua orang pasti ingin bahagia. Sebenarnya apa itu bahagia? Hingga dapat dipastikan setiap orang menginginkan kebahagian. Namun dari sekian banyak jiwa, pasti punya cara atau hal yang berbeda agar dapat berbahagia.

Seringkali kita mendengar perkataan seseorang bahwa dia akan bahagia bila sudah sukses dan kaya. Ada pula yang bila dia akan bahagia bila menikah.Terus ada lagi yang bilang bahwa dia akan bahagia jika ia dapat mengukir prestasi, jadi bintang kelas, tercapai cita-citanya, dan banyak lagi keinginan-keinginan lainnya.

Setiap orang memang berbeda. hingga hal-hal dapat membuatnya merasa bahagia pun berbeda. Ya, itu sangat wajar.

Tetapi di sini saya menganggap bahwa bahagia adalah sederhana. Tanpa harus ada tujuan-tujuan besar sebenarnya kita tetap bisa bahagia. Saya hanya tidak ingin menggantungkan kebahagian kepada hal-hal yang terlalu besar. Ketika kita putuskan bahwa bahagia itu sederhana dan tanpa syarat, di situlah kita mampu melihat dan merasa kebahagiaan sebenarnya selalu mengiringi langkah kita.

Memiliki mimpi ataupun cita-cita yang besar tentu tidak salah. Tetapi jangan jadikan itu syarat bahagiamu.

Advertisement

Jika kita sering merasa tidak bahagia, jangan-jangan sebenarnya kita saja yang tak mampu merasa dan melihat kebahagiaan yang hadir menyelimuti hari-hari kita.

Bahagia itu bisa jadi kita rasakan ketika kita melihat hujan turun. Bahagia itu bisa jadi kita rasakan ketika kita makan bersama keluarga. Bahagia itu bisa jadi kita rasakan ketika melihat kupu-kupu yang terbang berkejaran. Bahagia itu bisa jadi kita rasakan ketika kita dapat membantu orang lain.

Sungguh banyak cara Tuhan menghadirkan bahagia di hati kita. Belajarlah untuk mulai melihat dan menghargai hal-hal kecil di sekitar kita. Agar hati kita selalu diliputi rasa syukur yang membuahkan kebahagiaan.