Sempat aku percaya dengan ungkapan yang kau ucapkan, "Biarlah waktu yang menghapus diriku dari ingatanmu", saat aku harus rela melepaskan dirimu yang aku cintai karena kau lebih memilih untuk mengikuti perkataan orangtuamu daripada memperjuangkan apa yang telah menjadi mimpi kita berdua selama ini,duduk berdua dalam kursi pelaminan yang sama dan membangun kisah hidup kita selanjutnya.

Di awal, aku percaya dengan berjalannya waktu, kisah yang pernah kita jalani akan menjadi masa lalu yang tak akan lagi menggangguku saat ini. Tapi kenyataannya,setelah sekian tahun lamanya. Waktu ternyata tak pernah bisa menghapuskan jejak kisah yang pernah kita jalani berdua. Kisah yang telah kau lukis dalam ingatanku ini. Kisah yang sangat mempengaruhi kejiwaanku ini.

Saat aku terdiam bersama waktu, justru waktu tak pernah mendukungku untuk menghilangkan dirimu dari ingatanku. Waktu selalu mendukungmu untuk tetap berada dalam pikiranku. Bahkan aku bertanya tanya kepada waktu, kenapa waktu yang terus berjalan ini tak pernah bisa menghapusmu dalam hidupku? Tapi sungguh waktu tak pernah menjawabnya. Malah,semakin hari,semakin waktu berjalan ke masa depan. Ingatan itu, ingatan akan dirimu, semakin terkuak dalam pikiranku. Mulai dari yang halal,bahkan yang terlarangpun semakin terang benderang mengsisi otakku ini.

Mengapa hanya aku yang seperti ini, di saat orang lain bisa terbebas dari masa lalunya seiring berjalannya waktu. Tapi justru diriku makin terkurung oleh ingatan kisah yang pernah aku lalui bersamamu. Waktu tak pernah memihakku seperti memihak mereka yang move on dari masa lalunya. Apakah ini salahku yang terlalu mencintaimu? Ataukah ini hanya masalah waktu? Atau apa?

Aku tak pernah mengerti dengan semua ini. Susah payah aku melalui waktu yang ada ini hanya untuk menghapus ingatan akan dirimu. Tapi ternyata tak pernah ada hasil sedikitpun. Bahkan ,saat orang lain berkata, "Sudahlah, jangan pernah mencoba menghapus masa lalumu, biarkan saja mengalir dengan berjalannya waktu, dijamin masa lalu akan terhapuskan".

Advertisement

Namun, kenyataannya tak semudah orang lain katakan. Waktu tak pernah bisa menghapus masa laluku, waktu tak bisa mengalirkan masa laluku ke tempat yang tersembunyi sekalipun. Bahkan jika memang waktu bisa menyembunyikan masa laluku dari setan dan malaikatpun, tapi waktu tak pernah bisa menyembunyikan kenangan itu dari hatiku yang terus membekas dalam pikiranku.