Skill atau kemampuan basic yang didapat sewaktu di bangku sekolah dan perkuliahan memang menjadi hal yang penting dalam memantapkan menuju karir yang kita ingin capai di masa depan.

Namun yang tidak dapat dipungkiri adalah selepas kita dari bangku perkuliahan or even bangku sekolah, ternyata ada banyak sekali faktor yang menentukan kesuksesan karir kita dan tak hanya sekedar IPK atau nilai tinggi.

Faktor-faktor itu adalah bagaimana anda "menjual" diri kepada perusahaan impian atau klien anda, seberapa menarik penampilan anda, seberapa unik anda dimata perusahaan dan klien, serta siapa "koneksi" anda di perusahaan impian anda tersebut.

Skill atau Keterampilan : sesuatu yang didapat melalui pendidikan jalur formal amupun informal. kemampuan tersebut diasah dan di uji sehingga makin berkualitas dan menambah nilai anda di mata perusahaan atau klien.

"Menjual" diri : apa yang bisa anda banggakan dari diri anda? apa kelebihan anda? diusahakan sebisa mungkin harus realistis dan tidak berkesan sesumbar didepan khalayak.

Advertisement

Penampilan menarik : cantik atau tampan itu menjadi keharusan tapi yang penting adalah rapi dan wangi. Berpenampilan menarik bukan berarti harus dandan menor dan pakai kemeja ketat biar otot keliatan ya. Sewajarnya saja.

Keunikan anda : unik bisa dari skill, wajah, nama, tingkah laku dan segala sesuatu yang tidak dimiliki oleh orang kebanyakan dan mudah diingat oleh perusahaan & klien. Tapi bukan berarti kenukikan ini sengaja dibuat-buat. Kebanyakan kalau sengaja dibuat-buat orang akan cepat bosan dan anda akan dengan mudah terlupakan.

Last but not least, "Connections" : ini merupakan faktor yang sangat penting di era millenium ini. Bukan faktor utama tapi menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan karir anda. Dengan adanya "connections" atau "internal connections" jalan anda dalam meniti karir ibaratnya seperti masuk jalur tol, lancar tentunya akan sangat bagus bila didasari dengan skill yang pas dan sesuai.

Tanpa disadari, secara tidak langsung perusahaan atau klien pasti akan memilih seseorang yang "lebih dikenalnya". Untuk point ini ada beberapa orang yang sudah punya "connections" sedari lahir atau ada yang memang mampu mengumpulkannya selagi meniti karir dengan jalan ber-attitude yang baik dan positif.

Jadi bagi teman-teman sekalian yang masih dibangku sekolah point pentingnya adalah nilai tinggi tak semata-mata menjamin namun kita harus mulai melatih soft skill kita dalam mengolah kata.