Wonosobo, “Negeri Sejuta Pesona Dan Budaya“.

Sajian panorama alam yang indah nan menawan

Bicara tentang Wonosobo tidak terlepas dari gambaran dataran tinggi Dieng. Sejauh mata memandang tersaji panorama keindahan alam Sang Pencipta. Kota yang menyimpan beribu pesona keindahan. Letak Wonosobo yang di apit oleh dua pegunungan yang masih aktif yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Keindahan panorama dan hawa udara yang sejuk menjadikannya layak menjadi destinasi yang wajib dikunjungi serta sajian kuliner yang khas menjadikan Wonosobo sebagai wahana wisata yang komplit dan sayang untuk dilewati. Bagi anda pecinta wisata maupun pecinta kuliner, nampaknya akan kurang lengkap tanpa berkunjung ke “Negeri Sejuta Pesona Dan Budaya" ini.

Berikut kita intip beberapa tempat wisata yang bisa kamu nikmati bersama sanak saudara maupun teman pecinta rekreasi sekitar area Wonosobo yang begitu apik dan ciamik :

1. Dieng

Advertisement

Dataran tinggi dieng adalah kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah yang terletak di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Di kawasan Dieng ini pula juga sering dibuat ajang festival ruwatan rambut gimbal atau yang lebih sering di namakan Dieng Culture Festival. Dengan adanya Dieng Culture Festival semakin tambah memeriahkan suasana yang tentunya menjadi daya tarik yang utama bagi turis domestik maupun turis mancanegara yang ingin menyaksikan fenomena langka yang hanya ada di daerah dataran tinggi Dieng ini.

2. Danau / Telaga Warna Dieng

Salah satu destinasi maskot wisata selain Dieng adalah Telaga warna Dieng yang konon memiliki warna yang unik yang mampu berubah–ubah warna, kenampakan yang sering terjadi warna hijau, warna kuning ataupun warna seperti pelangi. Telaga warna berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut serta dikelilingi oleh bukit–bukit yang tinggi sehingga menambah harmonisasi yang indah dan menarik disajikan musik anak jalannan yang menambah suasana yang begitu syahdu dan ciamik.

Harmonisasi alam dengan udara yang sejuk dan bersih membuat suasana Telaga Warna Dieng begitu memikat. Suasana yang begitu hening dan mistis disempurnakan kabut putih dan pepohonan yang rindang.

3. Gua Semar , Gua sumur Eyang Kumalasari , Gua Jaran Resi Kendaliseto , Batu Tulis Eyang Waseso

Di sekitar Telaga Warna terdapat gua yang patut untuk dikunjung.

Gua Semar yang di depan gua terdapat arca wanita yang membawa kendi. Di dalam gua ini terdaapat aliran air kecil yang konon air ini bisa menyembuhkan penyakit dan menambah kecantikan. Pada umumnya gua–gua ini digunakan untuk sarana semedi.

4. Kawah Sikidang Dieng, kawasan wisata unggulan Dieng – Wonosobo

Kawah Sikidang merupakan cekungan yang berisi kawah yang timbul akibat aktivitas gunung berapi di kawasan dataran tinggi Dieng. Kawasan ini berada di lokasi yang cukup datar sehingga pengunjung dapat melihat gumpalan asap yang keluar dari kawah Sikidang. Fenomena inilah yang menarik para pengunjung karena fenomina aneh yang tidak akan mungkin terlihat di daerah lain .

5. Alun – Alun Wonosobo Tempat Rekreasi Yang Nyaman Dan Murah

Alun–alun Wonosobo yang terletak di jantung Kota Wonosobo, merupakan salah satu tempat rekreasi yang ada di Wonosobo. Tempat yang aman dan nyaman untuk sekedar berjalan santai sambil menikmati aneka jajanan yang dijual oleh para pedagang kaki lima. Alun–alun yang memiliki luas lebih dari dua kali lapangan sepak bola ini menjadikan salah satu tempat yang cocok untuk warga Wonosobo menyelenggarakan event–event tertentu, konser band–band tanah air ternama, band lokal ataupun untuk sekedar rekreasi olahraga.

Di tempat ini aneka makanan ataupun jualan lainnya tumpah ruah di lokasi ini.

Setelah melancong ria, saatnya istirahat sejenak sambil menikmati sajian panorama keindahan alam yang begitu mempesona, tak akan lengkap tanpa mencicipi makanan khas kota Wonosobo. Yuk, kita intip sajian menu khas yang ada di Wonosobo yang begitu menggugah selera yang tidak bisa ditemukan di daerah lain, berikut daftar makanan khas yang wajib untuk dicicipi :

1. Manisan Carica Dieng Produk unggulan Kota Wonosobo

Buah pepaya yang khas daratan tinggi Dieng ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan pepaya pada umumnya . Buah Carica yang manis ini sering disajian dalam bentuk olahan manisan ataupun campuran Sirup Carica.

“ Carica “ buah para dewa dataran tinggi Dieng, memiliki rasa yang cukup asam dan segar untuk dikonsumsi. Buah carica itu sendiri memiliki aneka manfaat kesehatan bagi tubuh. Dapat melancarkan buang air besar, menghalukan kulit sampai mencegah rabun senja karena kandungan yang banyak mengandung vitamin A yang baik untuk tubuh terutama mata.

2. Mie Ongklok Wonosobo

Belibur ke Wonosobo tidak lengkap tanpa menikmati semangkok hidangan khas Wonosobo. Mie ongklok, mie dengan bahan campuran kol, kucai, ebi dengan pelengkap sate sapi, tempe kemul yang disajikan dengan kaldu daging yang kental bercampur dengan tepung kanji yang diracik sedemikian nikmatnya. Menjadikan mie ongklok menjadi salah satu menu favourite kota Wonosobo ini.

Hidangan khas Wonosobo ini banyak diminati berbagai kalangan, baik kalangan muda, anak–anak maupun orang tua. Sajian yang kental tak biasa menjadikan ciri khas tersendiri di dalam hidangan masakan ini.

Destinasi tempat wisata yang lengkap dengan pesona alam yang indah nan menawan, serta kenikmatan kuliner yang begitu memanjakan lidah salah satunya terdapat di pesona Wonosobo. Plesiranmu tak akan lengkap sebelum menginjakkan kaki di daratan tinggi kota Wonosobo.