Kawan, banyak di antara kita yang masih belum sadar akan arti pentingnya seseorang di sisi kita. Sama halnya dengan cinta, kita terlalu dini untuk mengartikan semua perasaan itu sebagai cinta, tapi kita juga terlalu lemah untuk menerima kenyataan bahwa rasa itu adalah cinta yang telah terlambat. Pasti bermunculan di benak kita mengapa kita tidak menyadarinya? Mengapa kita terlambat?

1. Takut Jatuh

Jatuh memang sering menghantui pikiran kita masing-masing. Terlebih untuk hal ini adalah urusan hati. Kita sangat berhati-hati dengan yang namanya jatuh cinta, karena ketika kita sudah terjatuh cukup dalam akan sulit untuk menata hati kembali.

2. Berusaha Menguji Kadar Cinta Seseorang

Kebanyakan dari kita sering menceritakan keistimewaan orang lain di depannya dan berusaha cuek habis-habisan ketika membahas masalah hati. Secara tidak langsung kita turut menguji kadar cinta seseorang itu. Apakah dia masih mengejar kita atau tidak.

Advertisement

3. Hanya Membuat Pelarian dari yang Sebelumnya

Banyak dari kita yang masih berasumsi bahwa kita masih belum bisa move on dari orang terdahulu dan menganggap bahwa orang yang sekarang masih belum terlalu tepat untuk mengisi kekosongan hati kita.

Kawan, semua itu ada batasnya. Entah apa yang menjadikan alasan seseorang untuk tiba-tiba menghilang dari kehidupan kita. Mungkin dia lelah dengan ketiga sikap kita tersebut, mungkin juga dia sadar bahwa memang belum saatnya memikirkan perkara cinta.

Namun, apa yang kita lakukan ketika dia perlahan pergi dan mulai mengabaikan kita? Sadar atau tidak, kita melakukan hal berikut ini.

1. Kita Mulai Mengejar Dia

Kita mencoba menghubungi dia, menelfon, sms, bbm, whatsapp dan semua media sosial lainnya. Mencoba mengklarifikasi kenapa dia menghilang tiba-tiba.

2. Menulis Status Minta Maaf

Media sosial kita penuh dengan kata minta maaf yang ditujukan untuk seseorang tersebut, karena kita menganggap hilangnya seseorang tersebut adalah karena sikap kita.

Entah dia mengetahui atau tidak, yang ada dalam pikiran kita saat itu adalah berusaha untuk mengembalikan keadaan seperti semula.

3. Mengkode-Kode Tidak Jelas

Minta maaf masih belum mempan. Kita berusaha untuk menegaskan secara tidak langsung bahwa kita mencintainya melalui perumpamaan-perumpamaan. Berharap dia membaca status kita.

4. Pemalsuan Identitas

Cara ketiga masih belum ditanggapi? Kita beralih ke cara lain. Kita berusaha menghubunginya tapi malu jika menggunakan akun sendiri. Maka, jalan satu-satunya adalah menggunakan akun teman untuk mengorek informasi tentangnya.

Kita berusaha mengkait-kaitkan pertanyaan tentang diri kita sendiri kepada dia dan mencari informasi bagaimana tanggapan dia tentang diri kita.

5. Melepaskan

Inilah cara paling mujarab untuk seseorang yang terlambat menyadari kehadiran cinta. Ada tiga kemungkinan ketika kita menggunakan keempat cara sebelumnya.

Yang pertama si dia prihatin dan berusaha memperbaiki keadaan kembali dan tujuan kita berhasil.

Kedua, si dia kemungkinan tidak ingin jatuh ke lubang yang sama dan lebih memilih untuk berhenti mencintai kita.

Yang ketiga, si dia sudah mengganti sosok kita dengan orang lain. Maka, obat yang mujarab adalah melepaskan.

Jika cinta bisa datang terlambat, yakinlah tidak ada jodoh yang datang terlambat. Jika dia harus pergi dan kita merasa kehilangan, sejatinya bukan karena kesalahan kita yang terlambat menyadari cinta, tapi karena mungkin ada cinta lain yang sedang menunggu kita di ujung sana.